Mandira

Kebijakan Pengembalian


Syarat dan Ketentuan Retur Produk Partner mandira.id
Demi mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, Mandira menyediakan fasilitas Pengembalian Barang (Return) dan Penukaran Barang (Exchange). Pembeli bisa menggunakan fasilitas ini apabila:

I.1 Produk yang masuk ke dalam kategori dapat dikembalikan (Retur) adalah:

  • 1. Produk cacat cetak, cacat produksi, dan tidak lengkap set (PR1)
  • 2. Produk cacat dalam pengiriman (PR2)
  • 3. Produk tidak sesuai pesanan (PR3)
  • 4. Produk salah alamat pengiriman (PR4)


I.2 Mekanisme Retur

  • 1. Mengisi form retur yang tersedia di website www.mandira.id -> Menu Produk -> Retur

  • 2. Melaporkan dan menghubungi Customer Service mandira.id dengan melampirkan:

  • 1.1 Surat Pesanan
  • 2.1 Data Komplain, yaitu Nama Konsumen, Alamat, Keluhan (Form Retur)
  • 3.1 Melampirkan Foto/Video yang memperlihatkan kondisi produk saat pertama kali diterima.
  • 4.1 Melampirkan Foto/Video komplain.

  • 3. Permintaan retur produk maksimal 14 hari kerja (diluar hari sabtu dan minggu) setelah barang diterima konsumen sesuai alamat pesanan dan berdasarkan data partner ekspedisi mandira.id.

  • 4. Khusus retur kategori PR 3 dan PR 4, barang yang ingin dikembalikan harus dalam kondisi kelengkapan yang sama seperti pada saat diantarkan. Produk tidak boleh dalam keadaan rusak, kotor, atau telah diberi perlakuan apapun.

  • 5. Khusus retur kategori PR 2 produk diperbolehkan diretur setelah mendapat pemeriksaan langsung oleh partner logistik terkait.

  • 6. Bagi produk-produk yang menggunakan kemasan (kotak), harus dikembalikan beserta kotak kemasan aslinya.

  • 7. Tidak menerima permintaan retur dengan alasan konsumen tidak jadi order, konsumen tidak jadi bayar, dan penyebab lain selain kondisi yang termasuk ke dalam kategori produk dapat dikembalikan (PR 1 - PR 4).

  • 8. Proses retur baru dapat dilakukan setelah melaporkan dan menerima konfirmasi dari Customer Service mandira.id.

  • 9. Mandira.id akan memberikan kompensasi bagi produk retur yang termasuk ke dalam kategori PR 1 - PR 4 sesuai ketentuan perusahaan.

  • 10. Produk retur tidak dapat di refund selama persediaan (stok) produk yang sama masih ada, dan produk tidak dapat diganti dengan produk lain.
  • 11. Ongkos kirim produk retur yang termasuk kategori PR 1 - PR 4 menjadi tanggungan pihak pengirim melalui mandira.id.

  • 12. Konsumen yang tidak mematuhi aturan ini dan memaksakan kehendaknya tanpa alasan yang jelas akan diabaikan dan dianggap transaksi dan proses pengiriman selesai.

  • 13. Berikut List Alamat pengiriman produk retur:

Produk Retur Penerbit Alamat
PR 1 Pelangi Mizan, Mizan Publishing & Kaifa Jl. Cinambo No.135-137, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 40294
Noura Books Jl. Raya Jagakarsa No.40, RT.7/RW.4, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620
Bentang Jl. Palagan Tentara Pelajar No.101, RT.004/RW.035, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
PR 2 Partner Ekspedisi terkait Mizan Media Utama Bandung Jl. Cinambo No.146, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 40293
PR 3 Mizan Media Utama Mizan Media Utama Bandung Jl. Cinambo No.146, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 40293
PR 4 Mizan Media Utama Mizan Media Utama Bandung Jl. Cinambo No.146, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 40293