Mandira Dian Semesta
10 Toko Buku Terindah di Dunia
10 Toko Buku Terindah di Dunia By admin / 27 August 2018

Toko buku tradisional tak begitu saja ditinggalkan berkenaan dengan hadirnya toko buku online. Display buku yang memenuhi seisi ruangan, kenyamanan atmosfir yang disajikan, dan aritektur bangunan menjadi salah sekian alasan para pecinta buku sesekali waktu atau secara rutin mengunjungi toko buku konvensional.


Bagaimana dengan Ayah Bunda? Punya toko buku favorit? Atau sudah sama sekali tak pernah mengajak putra putrinya mampir ke sana? Tak apa. Semua itu pilihan masing-masing. Yang penting itu baca bukunya, bukan toko bukunya. Hihi.


Tapi, tak ada salahnya juga kalau kita menjelajah dunia, melihat mana saja toko buku yang memanjakan pengunjungnya. Mana saja toko buku yang segala rupanya, mulai dari susunan raknya, buku-bukunya, hingga ke arsitektur bangunannya, tampak mengesankan.


Nah, Ayah Bunda, di bawah ini adalah 10 toko buku paling indah di dunia versinya Mandira.



  1. Libreria El Pendulo, Mexico



Toko buku ini cozy banget, Bund! Seisi dinding dipenuhi dengan buku. Di tengah ruangan, rak-rak buku ditata dengan artistik. Jika datang ke sini, Ayah Bunda juga bisa sambil makan atau menikmati teh. Live musik yang disedikan siap menambah hangat suasana yang ada. Di Indonesia, yang seperti ini, ada tidak ya?



  1. Polare, Belanda



Pernah lihat film Harry Potter? Tahu interior Hogwarts seperti apa? Toko buku Polare di Belanda ini kurang lebih terlihat serupa indahnya dengan film itu. Sebelum jadi toko buku, bangunan ini mulanya adalah gereja yang usinya sudah mencapai ratusan tahun. Kalau Bunda ke sini, yang pertama kali dilakukan apa ya? Cari buku dulu atau foto-foto dulu? Hihi.



  1. Liberia El Ateneo Grand Splendid, Argentina



Toko buku ini semula adalah teater. Di film-film Inggris lama, pasti Ayah Bunda pernah lihat. Ornamen khas klasik pada tiap temboknya bahkan masih ada. Yang berbeda, tentu rak buku yang mengitari sisi-sisi ruangan, dan di tengah, di lantai dasar. Usia bangunannya tak kalah tua dari toko buku sebelumnya. Belanja buku di tempat seperti ini pasti sensasinya beda dengan belanja buku di toko-toko buku umum di Indonesia.



  1. Kid’s Republic, China



Toko buku ini satu ini, yakin deh, pasti Bunda baru lihat. Kalau ajak anak ke sini, kayaknya mereka bakal betah. Rak-rak bukunya itu unik. Paduan warna ruangannya pun betul-beul diperhatikan bagaimana anak bisa suka. Toko buku Kid’s Republic ini didesain tak ubahnya tempat bermain. Sepertinya, ini adalah kontribusi toko buku yang sangat baik dalam meningkatkan minat baca anak. Semoga segera hadir di kota-kota kita ya, Ayah Bunda!



  1. Shakespeare and Company, Prancis



Siapa yang tak kenal Sakespeare coba. Toko buku ini adalah salah satu toko buku paling iconic di dunia. Para pecinta buku, khususnya sasra, di seluruh dunia pasti ingin sekali saja mampir ke toko buku ini. Shakespeare and Company dibangun pada tahun 1951 oleh George Whitman. Pembangunannya terinspirasi dan disamakan dengan slaah satu scene dalam film Woody Allen, Midnight in Paris.



  1. Bart’s Bookstore, California



Pernah menemukan toko buku outdoor? Bart’s Bookstore ini ialah salah satu toko buku outdoor paling terkenal, paling besar dan paling cantik di dunia. Sejarahnya,Richard Bartinsdale suatu hari kebingungan dengan banyaknya buku yang ia miliki. Lalu, tahun 1964, dia buat rak buku di pinggir trotoar di California. Dan sampai saat ini, toko buku ini masih berdiri memanjakan para pejalan kaki.



  1. Ler Devagar, Portugal



Tepatnya di kota Lisbon. Yang menjadi unik dari toko buku ini adalah sebuah karya seni berupa orang bersepeda dengan sayap yang terkepak di atas ruangan. Selain itu, sejarahnya, toko buku ini adalah toko buku yang didirikan di bangunan-bangunan pabrik. Usianya yang cukup tua pun membuat toko buku ini memiliki cerita yang disebar dari mulut ke mulut di seluruh dunia.



  1. Plural Bookshop, Slovakia



Toko buku ini bisa jadi salah satu yang paling kecil di dunia. namuan, karena dibangun dengan cerdas dan inovasi desain yang memukai, toko buku ini masuk ke dalah salah satu toko buku paling indah di dunia. Plural Bookshop hanya berupa ruangan persegi dengan dinding rak di sisi-sisinya, serta dekorasi tangga yang hangat dengan motif kayu di antara rak-raknya.



  1. Atlantis Book, Greece



Yunanai terkenal dengan filsufnya, bukan? Ya, banyak buku-buku hebat yang dilahirkan ole orang-orang sana seperti buku Republic karya Plato. Untuk urusan toko buku pun, ternyata ada satu toko buku indah nan unik di sana. Tepatnya di kota Santorini. Berbeda dari kebanyakan toko buku, Atlantis Books dibangun di sebuah rumah tua yang sudah tak terurus. Tempatnya sangat sederhana, kalem. Kayaknya, adem banget kalau belanja buku di sini.



  1. Librairie Ptyx, Belgia



Letaknya di kota Brussels. Toko buku ini tak terlalu besar. Tetapi unik dan cantik. La Libraire Ptyx terkenal dengan kolesi kamus dan gambar-gambar dinding tentang penulis yang bukunya tersedia di toko buku ini, lengkap dengan biodatanya. Libraire Ptyx ini menawarkan buku-buku sastra dari penulis-penulis terkemuka dengan latar belakang ideologi yang berbeda-beda.


Ayah Bunda, itulah toko-toko buku paling indah versi Mandira yang ada di dunia. Yang mana favoritmu, Bund? Tadi, toko buku anaknya cuman ada satu ya. Tapi itu bagus baget. Mungkin bisa jadi inspirasi buat siapa saja yang ingin bangun toko buku anak di sini. Bicara soal buku anak, di Indonesia sendiri, ada toko buku reomended. Namanya mandira Dian Semesta. Tapi jangan dicari alamat toko bukunya ya. Mandira ini toko buku online. Nah, yang bikin keren itu adalah buku-buku yang ditawarkannya.


Dari fisiknya, buku-buku Mandira ini buku yang inovatif, tersedia dengan berbagai bentuk yang bisa mendorong proses belajar anak. Sementara dari materinya itu disesuaikan dengan nilai-nilai kemanusian dan keIslaman Indonesia serta kurikulum pendididikan yang ada. Uniknya, semua itu disajikan sesuai dengan usia anak.


Sekali lagi, ingat, Bund! Yang penting adalah membacanya.