Mandira Dian Semesta
4 Manfaat yang Diperoleh Anak dari Buku Pop Up Kisah Binantang
4 Manfaat yang Diperoleh Anak dari Buku Pop Up Kisah Binantang By admin / 18 September 2018

Pop up kisah binatang ini adalah jenis buku yang sedikit langka. Padahal, dampak positif buku pop up kisah binatang ini bukan main bagusnya untuk proses tumbuh kembang anak.


Buku pop up sendiri sebetulnya sudah ada sejak lama. Buku pop up adalah buku yang menghadirkan ilustrasi tiga dimensi. Dibuatnya itu dengan cara khusus menyusun dan menempel, dan membuat formasi sehingga semuanya sempurna.


Jika Ayah Bunda belum pernah lihat, buku pop up itu, ketika halamannya dibuka, maka akan terbangun ilustrasinya naik ke atas. Kemudian pas ditutup halamannya, ilustrasi yang tadi bangkit itu akan ikut tertutup dengan rapi.


Dulu, biasanya, buku pop up ini dibuat untuk kepentingan arsitektur. Jadi, begitu halaman buku dibuka, bangunannya benar-benar nyata, muncul, tiga dimensi. Seiring perkembangan zaman, model pop up begitu pun diaplikasikan pada buku berbagai genre, tidak terkecuali buku anak-anak. Salah satunya adalah buku pop up isah binatang yang tengah kita bicarakan ini.


Sekarang mari kita telaah, pelajaran apa yang diperoleh anak dari buku pop up kisah binatang. Sekurang-kurangnya, Mandira telah merangkum ada 5 hal yang bisa dipetik anak, yaitu;



  1. Merangsang kreativitas


Di luar dari tema bukunya, pop up nya sendiri pun memancing anak untuk berpikir, bagaimana kreasi tersebut bisa dibuat. Pada siapapun, saat pertama melihat pop up pada buku, mereka pasti akan dibuat kagum. Bagaimana tidak, perlu ketelatenan untuk membuatnya. Bagaimana dari yang semula terlipat lembaran buku. Begitu dibuka lembarannya, pop up-upnya naik, menjadi bangun ruang, nyata timbul 3 dimensi.


Apalagi anak-anak yang melihatnya. Tidak bisa tidak bagi si kecil untuk menyentuhnya. Bersamaan dengan itu, kepalanya merekam apa yang dilihatnya seraya memikirkan bagaimana itu bisa terjadi. Kreativtas itu menciptakan sesuatu yang tak biasa. Semakin kreatif, semakin out of the box lah ia. Buku pop up kisah binatang sangat bagus untuk merangsangnya.



  1. Menumbuhkan jiwa seni


Pop up adalah merupakan salah satu bentuk seni yang menawan. Buku adalah satu hal. Tetapi buku dengan pop up di dalamnya, itu hal lain. Di luar umumnya buku hingga memberi nilai artistik pada bukunya. Seni itu sederhananya bisa dipahami sebagai upaya menelaah sekitar sekaligus berkreasi, memproduksi keindahan. Kedalaman seseorang dalam dalam mengahayati keindahan itu tergantung dari referensi dan pegalaman tentang keindahan itu sendiri.


Nah, jika sejak kecil saja anak sudah disuguhkan pada suatu keindahan yang disebut pop up ini, lalu mengingat bahwa buku pop up kisah binatang adalah buku yang tak biasa, betapa besarnya jiwa seni yang akan tumbuh di dalam diri si kecil.



  1. Memperkenalkannya pada ketelitian


Buku pop up kisah binatang itu dibuat dengan cermat dan teliti. Pop up itu pada dasarnya adalah memperhatikan hal-hal detail, hal-hal kecil. pop up dibuat dengan sangat presisi. Tidak bisa asal-asalan. Untuk anak-anak, pada tahap tertentu, bisa saja mereka tak sampai memikirkan ini. Namun, secara tidak langsung, otaknya akan merekam semua yang dilihatnya hingga di kemudian hari, mungkin si anak akan menyadarinya.


Ketelitian dan sistimatis pada hal-hal detail ini sangat berguna untuk kehidupan mendatang si anak. jadi, tak ada alasan untuk tidak mencoba menghadirkan buku pop up, khususnya buku pop up kisah binatang pada anak.



  1. Memudahkan si anak untuk memahami dunia binatang


Ya, di judul tertulis buku pop up kisah binatang. Tapi, sedari tadi, yang dibicarakan hanya dari sisi pop up-nya saja. Sekaranglah waktunya. Jadi, menghadirkan kisah binatang pada anak dengan format pop up tentu akan memudahkan mereka memahami isi cerita, isi penjelasan, atau materi tentang binatangnya itu seniri. Bagaimana sebetulnya ikan bernfas. Nah, ketika proses itu dibuat dengan pop up, barangkali anak akan lebih mudah memahaminya. Sebab semuanya akan tampak nyata. Si anak bisa melihat dan merabanya langsung.


Ngomong-ngomong soal binatang, ada satu buku kisha binatang yang sangat kreatif, tidak biasa, dan berbedar dari buku-buku kisah binatang lainnya. Namanya adalah paket buku Wow, Amazing Discovery Books. Jadi, di dalam paket buu ini salah satunya berisi board book kisah-kisah binatang. Uniknya, binatang yang dikisahkan itu adalah binatang-binatang yang terdapat ceritanya di dalam al Quran seperti semut, gajah, unta dan lainnya. Sangat bagus untuk mengenalkan binatang pada si kecil sekaligus mendalami isi al Quran. Di dalam paket buku ini juga terdapat pop up book yang keren. Pop up booknya bertemakan tiga hal, yakni alam semesta, samudera dan bumi.


Itulah 4 manfaat yang akan diperoleh anak dari buku pop up kisah binatang. Ayo, beri anak kesempatan untuk merasakan pengalaman menyentuh dan melihat pop up pada buku. Dia pasti excited, Bund!