Mandira Dian Semesta
5 Cara Membuat Si Kecil Peduli Sesama di Masa Tumbuh Kembang Anak
5 Cara Membuat Si Kecil Peduli Sesama di Masa Tumbuh Kembang Anak By admin / 01 October 2019

Dalam masa tumbuh kembang anak, salah satu hal yang penting dan perlu diajarkan adalah bagaimana supaya anak memiliki kepedulian terhadap sesamanya. Banyak orang dewasa yang tidak peduli dengan sekitarnya. Tentu itu tidak lepas dari kebiasaan di masa kecilnya. Berikut ini 5 cara sederhana bagaimana mengajarkan si kecil peduli sesamanya sejak masa tumbuh kembang anak.



  1.  Meninggalkan meja dalam kondisi bersih


Jika sedang makan di luar, penting bagi Bunda untuk mengajarkan anak mengumpulkan piring bekas makan di tengah. Jika memakai alat makan sekali pakai, ajarkan ia membuang sisa makanan di tempat sampah. Kebiasaan ini adalah pelajaran untuk menghargai banyak orang. Pertama, orang yang memakai meja setelah kita, kedua petugas kebersihan, dan yang ketiga lingkungan sekitar.



  1.  Memberi senyuman dan sapaan kepada setidaknya 10 orang setiap hari


Menyapa dan tersenyum merupakan cara kita menghargai orang lain. Ajarkan anak bersikap ramah terhadap orang lain. Karena sering kali tanpa sadar senyuman yang kita berikan bisa mengubah hari seseorang saat itu.



  1.  Mengucapkan ‘terima kasih’ dan ‘tolong’


Ini juga cara kita menghargai orang lain. Dua kata ini sangat penting dalam berelasi dengan sesama manusia. Artinya kita menghargai usaha yang telah mereka lakukan untuk kita. Jangan sampai anak tumbuh menjadi orang yang enggan untuk mengatakan terima kasih dan tolong.



  1.  Mengelap dudukan toilet dan mengeringkan wastafel


Baik di rumah atau di tempat umum ajarkan anak membersihkan toilet sehabis dipakai. Biasanya budaya segan sehingga anak akan selalu memberikan yang terbaik untuk orang lain. Ajarkan bagaimana mereka ingin diperlakukan, maka seperti itulah mereka harus berperilaku.



  1.  Merapihkan ranjang segera setelah bangun tidur


Ini adalah hal sederhana yang bisa diajarkan sedini mungkin. Membersihkan tempat tidur mengajarkan si kecil untuk menghargai dirinya sendiri. Ketika anak bisa menghargai dirinya maka ia juga bisa merefleksikannya pada orang lain.


Nah, itu lah 5 cara mengajarkan si kecil peduli terhadap sesama sejak masa tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.