Mandira Dian Semesta
5 Cara Seru Menumbuhkan Imajinasi di Masa Tumbuh Kembang Anak
5 Cara Seru Menumbuhkan Imajinasi di Masa Tumbuh Kembang Anak By admin / 03 October 2019

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berprestasi. Salah satu prestasi yang bisa diraih adalah dalam bidang seni. Nah, ternyata penting banget lho Bunda bagi seorang anak di masa tumbuh kembang anak untuk memiliki imajinasi yang tinggi. Karena itu semua akan membuat anak bisa berbpikir lebih kritis. Nah, berikut ini 5 cara melatih menumbuhkan imajinasi si kecil di masa tumbuh kembang anak.



  1.  Asah melalui cerita


Cerita merupakan media yang bagus untuk mengembangkan imajinasi si kecil. Bisa melalui bacaan atau pun film. Saat sedang menikmati cerita, mereka seolah hidup dan merasakan apa yang dirasakan oleh si tokoh. Selain itu, Bunda juga bisa membuat cerita sendiri lho. Ajak si kecil ikut berimajinasi dengan cerita yang Bunda buat.



  1.  Mengajak berkreasi


Jika sedini mungkin anak sudah diperkenalkan pada dunia seni tentu tidak akan terlalu sulit membuatnya menyukai hal-hal yang berhubungan dengan seni. Bunda bisa mulai mengajaknya berkreasi bersama, entah di rumah atau tempat lain. Jika anak terbiasa denan seni tentu akan meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitasnya.



  1.  Bermain peran


Bermain drama akan membuat si kecil bisa bebas berekspresi dan mengeksplorasi setiap peran. Manfaat bermain drama adalah belajar bersosialisasi, memotivasi diri melakukan yang terbaik serta kemampuan mengingat dialog.



  1.  Menghargai setiap karya yang dibuat anak


Hal ini penting dilakukan supaya anak terus terbiasa untuk melakukan yang terbaik. Beri pujian seperti apa pun hasil karyanya. Pajang karyanya di dinding. Ini akan menumbuhkan perasaan bangga dan anak akan terus berusaha membuat karya-karya yang semakin lebih baik.



  1.  Mengunjungi fasilitas ruang seni untuk anak


Di akhir pekan, coba ajak si kecil berkunjung ke tempat yang memang memiliki ruang seni khusus untuk anak-anak. Misalnya Museum MACAN yang bekerja sama dengan seniman muda, Gatot Indrajati dalam Ruang Seni Anak. Ruang ini didedikasikan untuk pendidikan di museum dan menampilkan program yang berbeda setiap kali pameran.


Nah, itu tadi ya 5 cara melatih menumbuhkan imajinasi anak di masa tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.