Mandira Dian Semesta
5 Ide Permainan Anak Saat Musim Hujan Ini Bisa Menstimulasi Kecerdasan
5 Ide Permainan Anak Saat Musim Hujan Ini Bisa Menstimulasi Kecerdasan By admin / 02 September 2019

Ketika memasuki musim hujan, biasanya Bunda mulai cemas nih karena di samping anak rentan sakit, frekuensi untuk bisa jalan-jalan atau bermain di luar juga jadi berkuranng. Tapi jangan khawatir ya Bunda, berikut ini ada 5 permainan yang bisa anak-anak lakukan di dalam rumah bersama orang tua. Seru tuh pastinya. Yuk simak aja langsung penjelasannya di bawah ini ya.



  1.  Boneka tangan


Permainan yang pertama, boneka tangan. Bunda bisa bikin macam-macam cerita yang sesuai dengan karakter-karakter boneka yang menggemaskan itu. Ajak si kecil untuk memegang salah satu tokoh boneka tangan. Biarkan ia hanyut dengan imajinasinya sendiri. Permainan ini akan menstimulasi kecerdasan si kecil. Bunda bisa tambahkan backsound musik yang bisa didapatkan di Youtube.



  1.  Membuat kerajinan scrapbook


Membuat scrapbook akan mengasah kemampuan motorik halus si kecil. Bunda bisa bersama-sama bikin scrapbook foto keluarga dengan alat kerajinan sederhana serta tutorial dari Youtube. Bersama si kecil, Bunda bisa bercerita mengenai setiap moment dalam foto tersebut. Lebih menarik lagi, jika foto-foto yang digunakan adalah foto-foto tumbuh kembang si kecil sendiri ya Bund.



  1.  Bermain peran


Coba untuk bermain peran. Misalnya bertukar peran jadi orang tua dan anak. Di sini, Bunda bisa mengetahui harapan anak terhadap orang tua, dan Bunda juga bisa menyampaikan harapan pada anak dengan cara yang menyenangkan. Seru ya.



  1.  Membuat dessert


Bunda bisa membuat dessert sederhana seperti cupcakes, puding dan camilan lainnya. Bisa dapatkan resep dari buku maupun tutorial di Youtube. Tentunya memasak bersama jadi moment yang menyenangkan bersama si kecil.



  1.  Eksperimen sains


Si kecil tentunya sering kali memiliki banyak pertanyaan tentang suatu hal. Nah, coba Bunda ajak bikin eksperimen sederhana. Misalnya pencampuran warna, ilmu sains dan fisika, juga hal-hal menakjubkan lainnya. Bisa dapat contohnya dari Youtube.


Nah, gimana Bund? 5 permainan di atas tentu jadi solusi ya. Jadi, tidak perlu memaksakan bermain di luar saat hari hujan, cukup lakukan kegiatan di atas!