Mandira Dian Semesta
5 Mainan Ini Ternyata Berbahaya untuk Anak, Bund!
5 Mainan Ini Ternyata Berbahaya untuk Anak, Bund! By admin / 23 August 2019

Anak-anak tentu dalam kesehariannya sangat lekat dengan yang namanya mainan. Sebagai orang tua, kita pun pasti ingin memberikan mainan yang terbaik untuk anak-anak kita. Namun, nyatanya tidak semua mainan baik untuk anak. Berikut ini ada beberapa jenis mainan yang ternyata bisa jadi berbahaya untuk anak-anak, yuk simak penjelasannya!



  1.  Mainan dengan ujung yang runcing dan tajam


Di sini termasuk juga mainan yang terbuat dari plastik atau kaca, kayu serta logam dengan kualitas buruk. Karena benda-benda ini memiliki ujung runcing. Contohnya mainan dinosaurus memiliki jari dan ekor yang tajam, bisa jadi menusuk anak-anak.



  1.  Mainan dengan pita dan tali


Mainan dengan pita dan tali dalam menyebabkan anak-anak tersedak dan sesak napas. Jadi harus hati-hati ya. Teddy Bear yang lucu bisa menyebabkan anak kita tercekik jika pitanya longgar.



  1.  Mainan dengan bunyi yang keras


Mainan semacam ini bisa membahayakan pendengaran pada anak kita. Anak-anak yang masih dalam tumbuh kembang lebih sensitif dengan suara bising daripada orang dewasa. Suara pistol mainan yang terlalu keras saja bisa menyebabkan gendang telinga pecah. Jadi, sebaiknya pastikan dulu bahwa mainan-mainan itu memiliki bunyi yang aman untuk anak-anak.



  1.  Mainan bermagnet


Akan sangat berbahaya jika anak menelannya. Selain itu magnet bisa menarik magnet lain. Jika magnet tertelan, magnet bisa merobek dinding usus dan juga bisa menyebabkan usus tersumbat. Serem banget kan? Sebaiknya singkirkan magnet yang ada di dalam rumah yang memiliki potensi diraih anak. Ingatkan anak tentang bahaya magnet bila sampai tertelan.



  1.  Mainan yang bisa dinaiki anak


Mainan skuter atau motor-motoran sebaiknya tidak diberikan pada anak yang masih terlalu kecil karena mereka biasanya belum memiliki koordinasi gerak yang cukup baik, trampolin juga mainan yang berbahaya untuk anak, lho!


Nah, itu tadi 5 mainan yang bisa berbahaya untuk anak-anak. Semoga bermanfaat dan mulai dari sekarang Bunda harus lebih mengawasi dengan mainan apa saja mereka bermain. Supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.