Mandira Dian Semesta
5 Makanan yang Dijamin Bisa Bikin Anak Cerdas
5 Makanan yang Dijamin Bisa Bikin Anak Cerdas By admin / 23 August 2019

Tingkat kecerdasan anak sering kali dikaitkan dengan faktor genetik. Bahwa jika orang tuanya pintar maka anaknya juga bisa terlahir pintar. Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Faktor yang menentukan kecerdasan anak ada bermacam-macam. Salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Nah, berikut ini yuk simak 5 makanan yang bisa bikin anak cerdas.



  1. Telur


Telur mengandung kolin yang bisa merangsang perkembangan otak, khususnya fungsi daya ingat. Selain murah, telur juga mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tentunya menarik hati si kecil. Namun terlalu banyak telur juga tidak baik karena mengandung kolesterol.



  1. Ikan


Semua jenis ikan khususnya Salmon telah terbukti bagus untuk kecerdasan otak si buah hati. Suatu penelitian menyatakan bahwa anak yang makan ikan memiliki kemampuan nalar dan daya ingat yang luar biasa daripada yang tidak makan ikan.



  1. Sayuran berwarna


Tomat, wortel dan bayam adalah makanan dengan segudang nutrisi dan memiliki antioksidan yang tinggi. Semakin segar dan cerah warna sayuran, semakin tinggi antioksidan yang dimiliki. Kandungan ini bisa mendorong sel-sel otak berkembang lebih sehat dan kuat, yang pada akhirnya tentu membuat anak-anak lebih cerdas. Sayangnya, anak-anak sangat sulit makan sayur. Jadi, Bunda bisa berkreasi dalam menyajikannya misal dengan cara dibentuk unik dan lucu.



  1. Susu


Susu formula maupun ASI kaya akan protein, kalium, kalsium, vitamin D dan B yang berfungsi dalam pertumbuhan jaringan otak. Susu bisa pula disajikan dalam bentuk lain misalnya keju dan yogurt. Bayi hingga remaja masih membutuhkan manfaat dari susu karena mereka dalam tahap pertumbuhan.



  1. Kacang


Ini bisa jadi cemilan sehat untuk si kecil. Karena kacang baik untuk mengasah kemampuan berpikir, selain itu juga menjadi sumber energi yang baik. Kaya dengan vitamin E serta antioksidan menjadi kacang berfungsi untuk melindungi sel-sel otak.


Itu tadi 5 makanan yang dipercaya bisa membuat anak cerdas. Makanan memang menjadi faktor yang penting agar anak-anak tetap sehat dan bisa beraktifitas dengan baik. Untuk itu, perhatikan selalu makanan yang dikonsumsi si kecil ya, Bund!