Mandira Dian Semesta
5 Permainan Ini Akan Membantu Stimulasi Bayi Belajar Bicara
5 Permainan Ini Akan Membantu Stimulasi Bayi Belajar Bicara By admin / 16 January 2020

Bayi ternyata sudah bisa berkomunikasi sejak ia dilahirkan, lho! Misalnya mengekspresikan rasa laparnya. Setelah itu, usia 6 bulan ke atas, ia akan bisa menyampaikan isi pikirannya pada Bunda. Namun, belajar bicara pada anak merupakan proses yang nggak mudah, lho!


Ia akan membutuhkan proses yang panjang sampai lancar berbicara, karena itu dalam hal ini peran orang tua sangat penting. Nah, Bunda bisa lho menstimulasi si kecil berbicara lewat permainan seru. Apa aja, yuk, simak detailnya di bawah ini!


Bernyanyi


Selain mengajaknya mengobrol, Bunda bisa nih mengajarkannya bicara lewat musik dan nyanyian. Cobalah nyanyikan sebuah lagu anak dengan kalimat pendek, seperti “balonku ada lima”. nyanyikan lagu ini dihadapannya dengan perlahan dan jelas. Sering ulangi lagu ini di depannya, ya, Bund.


Membaca buku cerita


Bunda juga bisa mencoba mengenalkan kebiasaan membacakan buku cerita pada anak sejak kecil. Hal ini pastinya memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan bahasa anak, lho. Hal ini, karena si kecil akan merekam setiap kata yang Bunda ucapkan saat membaca cerita.


Menonton video edukatif


Bunda bisa memanfaatkan gadget, nih, dengan memutar video-video edukatif sebagai media belajar. Pilih video tentang suku kata, angka, warna, atau benda yang ada di sekitar. Penggabungan suara, gambar, dan animasi akan membuat si kecil tertarik.


Bermain Kartu Gambar


Pernah dengar soal flash card? Flash card merupakan kartu bergambar yang bisa jadi media efektif memperkaya kosakata bayi. Bunda bisa menyebutkan nama benda, huruf, atau angka yang ada pada kartu. Ajarkan ia mengenal nama-nama tersebut lewat kartu yang ada.


Bermain hand puppet


Alternatif menarik lainnya, Bunda bisa memainkan boneka tangan alias hand puppet di depan si kecil. Pilih boneka dengan bentuk dan warna yang mencolok. Gerakan tangan sambil memperkenalkan beragam kosakata baru pada bayi. Hal ini memudahkan ia merekam setiap kata yang Bunda ucapkan, lho!


Nah, itu dia sederet ide permainan yang bisa menstimulasi si kecil buat belajar bicara. Mana yang ingin Bunda coba lebih dulu, nih?