Mandira Dian Semesta
5 Permainan yang Dianjurkan untuk Anak ADHD
5 Permainan yang Dianjurkan untuk Anak ADHD By admin / 17 September 2019

ADHD atau yang dikenal dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah suatu kondisi di mana anak sulit berkonsentrasi. Tapi jangan salah ya Bunda. Bukan berarti anak-anak Bunda ini bodoh. Justru mereka memiliki banyak potensi yang tersembunyi. Mereka berbeda dengan anak kebanyakan. Anak-anak ini biasanya memiliki energi yang sangat besar. Nah, berikut ini yuk simak 5 permainan dan aktifitas yang dianjurkan untuk anak dengan ADHD.



  1.  Berenang


Di saat berenang, anak-anak akan cukup banyak terkuras energinya di samping meningkatkan fokus dan kepercayaan diri. Pertimbangkan mereka untuk mengikuti kursus berenang.



  1.  Olahraga tim


Olahraga tim bagus untuk membangun keterampilan sosial anak-anak. Olahraga tim yang cocok untuk anak ADHD misalnya basket atau sepak bola.



  1.  Berlari


Ini merupakan salah satu kegiatan terbaik untuk anak ADHD. Ajak mereka berlari di sekitar taman atau kompleks. Kegiatan ini bisa membuat pikiran anak tenang dan ada rasa berprestasi.



  1.  Bersepeda


Sudah terbukti bahwa bersepeda berpengaruh positif bagi anak ADHD. Manfaat bersepeda di antaranya :



  • Meningkatkan mood anak

  • Meningkatkan pemrosesan informasi

  • Mengurangi impulsif serta meningkatkan perhatian

  • Anak-anak bisa lebih paham dengan perasaan mereka

  • Meningkatkan kinerja kognitif

  • Menjaga Body Mass Index yang sehat dengan mengurangi lingkar pinggang


Banyak sekali manfaat dari bersepeda kan Bunda? Jadi jangan ragu untuk mengajaknya bersepeda di sore hari.



  1.  Kelas seni dan musik


Kegiatan seni seperti drama, musik atau gambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa, konsentrasi anak dan keterampilan sosialnya. Selain itu juga mengurangi stres, membangun percaya diri dan meningkatkan fokus. Arahkan mereka pada seni yang mereka minati. Jika anak menunjukkan bakat dengan bernyanyi, jangan ragu untuk memasukkan mereka ke les khusus vokal.


Nah, itu tadi 5 permainan yang cocok dilakukan untuk anak-anak dengan ADHD. Semoga Bunda tidak bingung lagi ya. Jika mereka mulai tidak bisa diam, ajak saja melakukan salah satu dari 5 permainan di atas. Dijamin selain hati jadi gembira, mereka juga belajar banyak hal dari kegiatan itu.