Mandira Dian Semesta
5 Rekomendasi Permainan Edukasi untuk Balita
5 Rekomendasi Permainan Edukasi untuk Balita By admin / 26 August 2019

Memilih mainan untuk balita merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kita tidak tahu bagaimana baiknya mengajari balita karena masih sulitnya berkomunikasi. Tidak semua mainan aman untuk dimainkan balita. Namun, permainan edukasi bisa jadi merupakan solusi dari kebingungan Bunda tersebut. Nah, berikut ini ada 5 permainan edukasi yang cocok untuk balita. Yuk simak!



  1.  Melipat kertas


Seni melipat kertas atau biasa disebut dengan origami. Pilih lah warna kertas yang mencolok atau bercorak supaya lebih menarik perhatian si kecil. Ajarkan mulai dari bentuk yang sederhana yaitu pesawat terbang. Permainan origami ini akan melatih fokus dan konsentrasinya.



  1.  Bricks


Bermain Bricks akan membuat Bunda dan si kecil bekerjasama dengan baik sebagai satu tim. Bunda akan membacakan instruksi kemudian si kecil yang menyusunnya, tentu saja dengan bantuan Bunda. Jika susunan sudah jadi, pasti si kecil akan sangat senang. Jangan lupa untuk mengapresiasi si kecil ya Bund.



  1.  Mainan alat musik


Anak akan berlatih menggunakan panca inderanya. Mereka belajar memukul, menekan atau meniup, yang akan melatih motorik halus dan kasar si kecil. Biarkan si kecil menciptakan musiknya sendiri. Selain melatih kreatifitas, permainan ini juga bisa memperlihatkan bila anak memiliki bakat musik atau tidak. Jika memang ada bakat musik, maka jangan ragu untuk mengembangkannya ya Bund.



  1.  Finger painting


Permainan melukis dengan jari ini akan mengajarkan si kecil berani berkreasi dan bermain warna. Selain tentu saja untuk ajang berimajinasi dalam menggambar. Bunda bisa siapkan kertas gambar dan cat air. Sebagai saran, sebaiknya gunakan cat air dari bahan pewarna makanan. Sehingga kalau tidak sengaja tertelan, si kecil tetap aman ya Bund.



  1.  Pasir kinetik


Dengan permainan ini kemampuan motorik kasarnya akan semakin baik, karena anak akan meremas, mencetak dan menekan. Pasir kinetik dijual dalam berbagai pilihan warna sehingga anak juga bisa belajar mengenal warna.


Itu tadi ya Bund 5 permainan edukasi yang bisa Bunda berikan pada balita. Di samping memberikan mainan, jangan lupa untuk selalu memiliki quality time bersama sang buah hati ya Bund. Semoga artikel ini bermanfaat.