Mandira Dian Semesta
6 Produk yang Harus Dimiliki Anak, Temasuk Board Book Islami. Sudah Punya, Bund?
6 Produk yang Harus Dimiliki Anak, Temasuk Board Book Islami. Sudah Punya, Bund? By admin / 17 September 2018

Board book Islami tentunya termasuk barang yang wajib dimiliki anak. Sebab, ini adalah sarana belajar linguistik anak, baik itu membaca maupun bicara, sekaligus sarana menanamkan sifat baik pada diri anak. Apalagi kalau board book Islami yang dibacanya Nabiku Idolaku Balita. Waw, Enggak salah deh, Bund!


Nah, sekarang kita simak lengkapnya 10 produk yang wajib dimiliki anak.



  1. Peralatan makan


Ayah Bunda, mari katakan, ‘bye bye dot!’ Ya, alat makan yang harus dimiliki anak adalah cup, sendok, garpu, piring, dan gelas. Selain berfungsi untuk makan, perlengkapan makan seperti ini sangat baik untuk melatih kemampuan kinestetik si kecil.


Peralatan makan ini melatih anak banyak hal. Semula mereka belajar untuk menggenggam. Kemudian, makan dengan garpu atau sendok melatih kemampuan otaknya juga. Bagaimana mereka dengan tepat menyiuk makanan ke sendok sampai menyuapnya ke mulut, lalu dengan tepat menusukkan garpu ke makanannya. Saat minum, bagaimana mereka belajar berkonsentrasi, menyingkronkan antara tangan, pandangan, dan otak agar minuman di dalam gelasnya tidak tumpah.


Semua ini terlihat sepele. Tapi, seandainya Ayah Bunda lebih dalam melihatnya, semua itu sangat membantu terhadap proses perkembangannya. Jadi, jangan takut berantakan, jangan takut acak-acakan, jangan takut kotor, biasakan anak makan sendiri. Percayalah, ini sangat bermanfaat baginya.



  1. Poop pot


Menggunakan diapers atau popok tentu bagus. Orangtua pun biasanya berbeda-beda dalam menentukan, sampai kapan anak menggunakan popok tersebut. Popok memang lebih aman dan tidak ribet. Tapi, melatih anak untuk belajar buang air besar di pot ini pun harus dilakukan sedini mungkin. Lakukan saa bersamaan. Maksudnya, tidak usah karena belajar buang kotoran di pot, jadi tidak menggunakan popok lagi.


Ayah Bunda tinggal atur saja. Misal, waktu dirumah, lihat waktu kebiasaannya buang air besar. Beritahu anaknya. Pokoknya, kegiatan melatih anak buang air besar di dalam pot ini memberi banyak manfaat. Sayang jika dilewatkan. Dan lebih baik lagi jika latihan ini dilakukan sedini mungkin.



  1. Mainan karet


Ayah Bunda mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan bebek karet. Tapi banyak kok mainan karet, bukan hanya bebek karet saja. Ada paus, ada kodok, banyak deh. Intinya, ini adalah mainan yang dibawa ke kolam, bak, atau ember mandi. Jangan salah, maianan ini juga bisa jadi sarana belajar untuk anak. Ayah Bunda bahkan bisa bercerita dengan mainan ini. Intinya, kreatif lah!



  1. Wadah sabun lucu


Anak itu aktifnya bukan main. Sementara kuman itu ada di mana-mana. Maka, pastikan, sebelum makan, sebelum tidur, biasakan anak untuk cuci tangan terlebih dahulu. Karena itu, wadah sabun lucu menjadi perangkat yang sepertinya wajib deh untuk dimiliki. Sekadar untuk menarik saja. Sebab poinnya adalah menanamkan kesadaran pada anak untuk menjaga kebersihan dan membiasakannya cuci tangan.



  1. Board book Islami


Nah, soal board book Islami ini sudah kita bicarakan di atas. Sekarang kita ulas sedikit lebih dalam ya. Kenapa board book dan kenapa mesti board book Islami?


Pertama, kenapa board book? Sebab, sejak kecil, anak sudah harus didekatkan dengan buku. Selain melatih kemampuan bicara, buku juga melatihnya membaca, merangsang imajinasi dan kreativitasnya, serta berbagai dampak positif lainnya. Oleh sebab itu pula board book menjadi model buku yang tepat. Karakterisitk board book sangat tepat untuk anak yang sedang berkembang. Board book kan ukurannya kecil, pas digenggaman anak, bahannya padat, bukan kertas biasa, serta tampilan visualnya yang penuh dengan warna dan ilustrasi.



Kedua, kenapa mesti board book Islami? Nah, ini tak kalah pentingnya. Ayah Bunda yang budiman, buku juga berpengaruh terhadap dalaman anak, terhadap sisi psikologisnya, terhadap karakter dan sifatnya. Maka, sebagai keluarga muslim, tidak ada yang lebih baik selain menanamkan karakter islami yang rahmah ini. Nah, di awal juga sudah disinggung contoh board book Islami yang kece buat si kecil, ya, Nabiku Idolaku Balita.



  1. Mainan edukatif


Pada dasarnya, semua mainan itu edukatif. Anak-anak itu pembelajar ulung. Mereka bisa mendapat pelajaran dari hal apapun. Ayah Bund harus mencontohnya. Hihi. Nah, soal mainan edukatif ini banyak sekali. Contohnya bisa puzzle, lego, balok kayu, boneka, dan lainnya. Saudaranya board book Islami Nabiku Idolaku Balita di Mandira seperti SabaQu juga bisa jadi pilihan.


Catatannya paling, jangan beri anak mainan yang memakai dadu. Prinsipnya agak kurang mendidik. Kalau untuk seru-seruan saja sih oke. Dan tentu untuk anak yang sudah agak besar.  Mainan yang menggunakan dadu itu kan seperti menggantungkan langkah kita pada dadu. Gambling. Kurang kece.


Ayah Bunda, itulah 6 barang yang mesti dimiliki si kecil versi Mandira. Bagaimana, sudah punya semua di rumahnya?