Mandira Dian Semesta
Aplikasi di HP Ini Harus Ada Jika Ingin Anaknya Jago Science!
Aplikasi di HP Ini Harus Ada Jika Ingin Anaknya Jago Science! By admin / 26 October 2018

Jago science – Ayah Bunda kesal dengan anaknya yang main handphone (HP) terus? Tidak bisa mengontrol berapa lama anaknya main HP? Jangan khawatir, salah satu solusinya, mending Ayah Bunda segera download sejumlah aplikasi yang bakal kita bahas di sini. Aplikasi-aplikasi ini bisa bikin anak jadi jago science!  


Begini, tidak sedikit orangtua dan guru yang merasa kesulitan dalam mengajarkan sains kepada anak. Pasalnya, sains ini cakupannya sangat luas. Kemudian, tak jarang juga kesulitan itu timbul karena anak tidak suka dengan hitung-hitungan misal, atau karena anak tidak punya cara berpikir yang tepat yang bisa memandang bahwa sains itu sangat menarik.


Beruntungnya, kini banyak pihak yang ikut serta untuk membuat anak menyukai dan memahami sains supaya mereka jadi jago science. Penerbitan adalah salah satunya. Mereka turut membantu orangtua dan guru mencari cara bagaimana agar anak punya cara berpikir saintifik dan setidaknya bisa melihat sains dari kacamata yang lebih menyenangkan.


Penerbit Pelangi Mizan sangat konsisten dalam melakukan hal ini. Penerbit satu ini sangat aktif berinovasi menciptakan produk-produk, baik itu buku atau perangkat edukasi lainnya, yang bisa membuat anak jatuh hati pada sains. Satu dari sekian banyak produk tersebut adalah Confidence in Science. ini merupakan paket buku yang, aduh, asik banget.


Ayah Bunda pernah lihat sains dibawakan dalam bentuk komik. Nah, Confidence in Science punya itu. Dan secara gari besar, buku yang bikin anak jadi jago science ini dikemas dalam bentuk cerita, penuh dengan ilustrasi, bahasa yang ringan, serta yang paling penting, buku ini Menanamkan prinsip-prinsip dasar sains pada anak hingga mereka betul-betul meresapinya.


Jadi, ketika mereka beranjak pada pembahasan yang lebih kompleks, cukup bisa dipastikan mereka tidak akan kesulitan karena fondasi pemahaman mereka sudah matang. Hal ini sangat berbeda dengan  pola pengajaran sains pada umumnya yang menekankan pada penghafalan, bukan pemahaman, yang membuat anak sulit untuk memahami secara sistimatis cara kerja sains itu sendiri. Sebab, sains itu seperti anak tangga, satu materi dengan materi lainnya saling keterkaitan.


Beruntungnya lagi, Ayah Bunda, sekarang developer aplikasi smartphone pun kini turut ikut serta dalam mendukung anak untuk menjadi seorang yang jago science. caranya adalah dengan membuat aplikasi yang bisa menguatkan pemahaman anak terkait bidang science tertentu atau setidaknya menarik minat anak untuk menggeluti sains.


Nah, berikut adalah beberapa aplikasi untuk ponsel Android juga I-Phone yang rasanya harus Ayah Bunda download untuk mendukung proses belajar sains si kecil. Dari pada anaknya nonton YouTube terus, kan ini bisa lebih bermanfaat. Itu pun jika Ayah Bunda di rumahnya memang memberi toleransi bagi anak untuk menggunakan HP. Ok, langsung saja deh, berikut beberapa aplikasinya.



  1. Solar Walk


Aplikasi ini keren banget, Bund. Solar Walk itu membuat anak bermain mengeksplorasi solar system, membaca dengan detail tentang planet-planet di alam semesta ini, menjelajah ruang angkasa, berkelana ke berbagai planet dan waktu, dan melihat galaxy dari sudut pandang burung. Gambarnya pun sangat realistik. Cocok banget untuk menarik minat anak untuk belajar tentang tata surya, ilmu astronomi.



  1. Leo’s Pad


Nah, aplikasi satu ini diperuntukkan tepatnya bagi anak TK. Ini adalah aplikasi yang didesain dengan sangat serius oleh peneliti pendidikan anak di Stanford University. Aplikasi ini formatnya berupa informatif game yang disajikan dalam bentuk storyline tentang sains.


Uniknya, aplikasi ini memberikan pengalaman pada anak untuk belajar sains dengan cara yang dilakukan oleh saintis terkenal seperti Leonardo da Vinci, Galileo, dan Marie Curie yang belajar sains sejak kecil dengan pertualangan yang tak biasa. Salah satu kontennya, anak akan belajar membangun sebuah teleskop dan roket serta belajar tentang graviti. Seru banget deh kayaknya. Aplikasi ini tuh bikin anak jadi jago science, padahal kelihatannya anak cuman main doang. Hihi.



  1. Happy Little Farmer


Aplikasi jago science yang ketiga ini lebih condong di biologi. Kasarnya begitu lah. Happy Little Farmer membuat anak dengan asyik belajar tentang tumbuhan, tanpa lumpur dan kotor-kotoran tentunya. Aplikasi ini menawarkan tiga skenario untuk mengajarkan bagaimana tumbuhan tumbuh, yakni bagaimana tumbuh di ladang, di dalam pot, dan di tanah tapi yang tak seluas ladang. Anak akan belajar juga bagaimana cara memupuk, menyiram, hingga merawat berbagai macam tumbuhan. Tapi, lebih dari ada itu, anak akan belajar tentang kehidupan tumbuhan, mulai dari apa saja yang dibutuhkan, proses kimia seperti apa yang dialami tumbuhan, dan lain sebagainya. Asyik juga ini untuk Ayah Bundanya. Coba deh!



  1. Alchemy


Nah yang keempat ini bikin anak serasa jadi ilmuwan sungguhan. Dengan aplikasi Alchemy ini, anak bakal belajar tentang genetics, gen, dan sifat bawaan manusia. Kerennya lagi, aplikasi ini punya fitur yang membuat penggunanya, khususnya anak, untuk melakukan percobaan ilmiah menciptakan spesies baru dengan cara mengawinkan dua jenis gen berbeda. Betulan, seru bangeett!!



  1. Kid Weather


Aplikasi ini mengajak anak belajar tentang elemen basic cuaca. Salah satunya adalah bermain bagaimana anak menentukan kondisi perubahan cuaca, menghitung fahrenheit dan celcius, juga belajar tentang awan, kilat, musim, simbol cuaca, dan masih banyak lagi. Intinya, Kid Weather ini membuat anak belajar bagaimana cuaca terbentuk, kenapa bisa terjadi hujan, kenapa bisa terjadi kemarau. Begitulah.


Ayah Bunda yang juga jago science, itulah 5 aplikasi keren untuk android atau I-Phone yang sebaiknya didownload. Supaya kalau anaknya mainin HP Ayah Bunda, apa yang dilakukannya bisa lebih berfaedah. Hihi.