Mandira Dian Semesta
Augmented Reality Halo Balita
Augmented Reality Halo Balita By admin / 27 July 2016

Augmented Reality adalah teknologi yang bisa memproyeksikan obyek dua dimensi menjadi obyek 3D yang lebih hidup dan interaktif. Augmented Reality Halo Balita ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi Android yang diinstall ke tablet/smartphone kita.

Jadi dengan Augmented Reality Halo Balita, Kita bisa melihat secara langsung karakter animasi Sali, Saliha, Kumi dan tokoh lainnya dalam Halo Balita. Lewat Augmented Reality ini juga kita bisa mengikuti cerita dalam Halo Balita lebih hidup dan interaktif. Aplikasi Augmented Reality Halo Balita ini terdiri dari 25 judul seperti seri judul dalam buku Halo Balita. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Google Play Store dan harus digunakan dengan Buku Halo Balita.

Sebelum menikmati pengalaman baru membaca Halo Balita menggunakan Augmented Reality (AR) ini, pastikan Anda membaca penjelasan dan berikut.

Petunjuk Penggunaan dan Bagaimana Cara Mendapatkan Buku Halo Balita

Produk AR ini sangat cocok digunakan sebagai pendamping buku Halo Balita dan dianjurkan untuk digunakan anak mulai usia 7 tahun ke atas, atau usia yang dirasa siap untuk menggunakan tablet tanpa pendampingan orang tua. Tentunya dalam penggunaan produk AR ini harus didampingi dengan orangtua.

Produk AR ini hanya bisa digunakan dengan buku Halo Balita. Jika sudah mempunyai buku Halo Balita, Anda tinggal membutuhkan kode voucher (staterpack) AR Halo Balita yang bisa Anda dapatkan di tempat/agen/marketing/Book Advisor di mana Anda mendapatkan Buku Halo Balita ini.

Nilai dan Konsep Besar Augmented Reality

Mizan selalu menggunakan teknologi untuk menambah nilai positif produk buku, dan tidak menghilangkan prinsip kecintaan pada buku dan membaca yang telah dibangun selama ini oleh Mizan. Point-pointnya adalah sebagai berikut:

Mizan selalu terdepan dalam teknologi

AR adalah produk MIZAN yg memberikan pengalaman baru dalam membaca
AR teknologi yang murah karena tidak ada tambahan untuk membeli produk pendamping diluar buku (seperti e pen), hanya memanfaatkan Tab/Smart phone yang telah dimiliki
Menjangkau user yang sudah lebih dulu akrab dengan Gadget untuk diarahkan menyukai buku, sambil tetap memanfaatkan teknologi mobile, seperti yang telah dia kenali dan berikan pada keluarga nya. ‘Berdakwah’ untuk yang belum suka buku – konsep tablet sehat

Saran dalam Penggunaan Augmented Reality

Disarankan digunakan untuk anak Usia 7 tahun ke atas, tetapi jika anak – anak sudah terlanjur mengenal gadget, maka AR ini adalah media yang tepat agar anak suka membaca

Disarankan untuk mengenalkan (mentamatkan) buku-nya terlebih dahulu pada anak (Balita) sampai selesai tamat seluruh jilid, karena semua game yang ada dalam aplikasi ini berdasarkan cerita dalam buku Halo Balita.
Teknologi AR Halo Balita ini sarat dengan fitur-fitur edukasi, bukan aplikasi games seperti yang banyak digunakan anak-anak pada umumnya
AR bukanlah game yang bersifat addict dan membuat kecanduan, di dalamnya terdapat pembelajaran praktis yang berguna untuk anak
AR melatih kinestetis anak dan melatih daya tangkap anak terhadap isi cerita dalam AR dan buku Halo Balita
AR disarankan tetap menjadi media interaksi dengan orang tua dan bimbingan orang tua dalam penggunaannya.

Manfaat dan Fitur AR Halo Balita

Karakter animasi Sali, Saliha dan Kumi yang lebih hidup dan aktif.
Kita bisa belajar hal-hal positif dalam Halo Balita dengan cara yang lebih menyenangkan.
Mengarahkan kepada anak untuk menggunakan perkembangan teknologi ke arah yang positif
Terdapat fitur ‘Baca’ yang bisa membacakan isi cerita dalam buku Halo Balita, layaknya e-pen
Tersedia berbagai permainan yang menarik pada setiap halaman seri Halo Balita.
Kita dapat berfoto dengan Sali dan kawan-kawan dengan berbagai pose yang kita inginkan,

Tablet dan Smartphone Seperti Apa yang Digunakan? Berapa Kapasitas Internal & SD Card yang Diperlukan?
Untuk menjalankan AR Halo Balita ini, diperlukan tablet/smartphone untuk menjalankannya. Agar AR-Halo Balita bekerja secara maksimal, kami merekomendasikan tablet/smartphone dengan spesifikasi berikut ini



Tidak terbatas pada layar, namun disarankan digunakan di tablet/smartphone yang memiliki ukuran layar yang besar
Android Ice Cream Sandwich
Kamera belakang dengan resolusi minimal 5 MP
Kamera dilengkapi dengan autofocus
Kapasitas memory internal minimal 1 GB
Memiliki kapasitas penyimpanan eksternal (SD Card) yang besar, total space yang dibutuhkan untuk menginstal seluruh aplikasi ini 2,8 GB, untuk itu disarankan menggunakan Memory Eksternal SD card.

Saat pertama mendownload aplikasi Halo Balita AR dari Google Play Store, periksa kembali letak aplikasi tersebut pada gadget Anda, apakah di Internal Memory apakah Eksternal Memory? Aplikasi Halo Balita AR ini sebaiknya berada pada Eksternal Memory. Kualitas tampilan animasi 3D Halo Balita bergantung pada kualitas dari tablet/smartphone itu sendiri. Untuk itu akan baik jika Anda menggunakan tablet dengan spesifikasi yang bagus.

Koneksi Internet dan Paket Data yang Diperlukan

Paket data internet atau WiFi diperlukan untuk menjalankan aplikasi AR Halo Balita. Koneksi internet ini diperlukan untuk:

Mendownload aplikasi Augmented Reality dari Google Play

Mengaktifkan kode voucher
Mendownload tiap judul aplikasi Halo Balita yang berjumlah 25 buah

Saat menjalankan aplikasi AR Halo Balita, kita tidak memerlukan koneksi internet sama sekali. Kami merekomendasikan agar Anda menggunaka WiFi atau paket data internet Full Services


Apa Saja yang Dibutuhkan

Untuk menggunakan AR-Halo Balita, beberapa hal yang perlu kita siapkan adalah sebagai berikut:

Tablet/smartphone
Koneksi Internet
Buku Halo Balita
Tempat atau ruangan dengan penerangan yang jelas

Cara Mendownload Aplikasi AR Halo Balita

Mudah lho untuk menggunakan Augmented Reality Halo Balita, Anda bisa mengunduhnya dari Google Play secara gratis. Yang perlu Anda ketahui, yang Anda download nantinya adalah aplikasi AR Halo Balita saja yang didalamnya terdapat 25 judul yang masing-masing juga harus Anda download lagi. Nah. caranya ikuti langkah-langkah berikut ini ya.



Buka Play Store dari tablet/smartphone Anda.
Search Halo Balita, dan temukan aplikasi Halo Balita dari Mizan Applications
Download aplikasi Augmented Reality Halo Balita hingga selesai
Jika sudah selesai, masukkan kode voucher dari staterpack untuk mengaktifkan aplikasi Augmented Reality Halo Balita. Untuk mengaktifkan kode voucher, Anda bisa scan langsung barcode atau dengan memasukkan kode angka dan huruf yang tertera pada staterpack tersebut, pastikan pula Anda memasukkan angka dan huruf sama persis seperti yang tertera pada staterpack. Ingat pada sesi ini, kita masih membutuhkan koneksi internet, lho!
Setelah aktif, barulah aplikasi AR Halo Balita ini siap digunakan.
Selanjutnya, kita tinggal mendownload seri judul Halo Balita yang kita inginkan, cukup klik download dan menunggu hingga selesai. Kita juga membutuhkan koneksi internet lho saat meng-unlock judul aplikasi AR Halo Balita ini
Setelah ter-unlock, kita tinggal klik tombol ‘Play’, lalu scan pada halaman di buku Halo Balita yang akan kita baca.

Kode Voucher Halo Balita dan Aktivasi

Dalam kemasan staterpack terdapat 1 kode voucher dengan 2 tampilan, yakni barcode dan angka-huruf. Anda bisa menggunakan Kode Voucher ini untuk 3 device. Penting bagi Anda, kami menghimbau agar menggunakan 1 kode voucher ini 2 kali untuk gadget yang berbeda, sehingga ada 1 kesempatan scan 1 kode voucher lagi sebagai cadangan jika tablet/smartphone Anda hilang atau rusak.

Kode Voucher AR Halo Balita ini bergaransi dan bisa diaktivasi kapan saja, tanpa ada periode kadaluwarsa. Untuk itu perlu bagi Anda untuk mendaftarkan produk Anda dengan melakukan registrasi di sini.
Manfaat Staterpack ‘Rumah AR Halo Balita’ dan Download Pion Karakter
Jangan buang staterpack AR Halo Balita, lho! Karena staterpack ini bisa kita bentuk menjadi rumah-rumahan. Jangan lupa lengkapi ‘Rumah AR Halo Balita’ tersebut dengan pion-pion karakter Halo Balita yang terdiri dari Sali, Saliha, Kumi, Ayah, Ibu dan lain-lainnya. Kita bisa mendapatkan pion karakter tersebut dengan mendownloadnya di sini.

Download Pion Karakter AR Halo Balita

Setelah terdownload jangan lupa print di kertas yang tebal ya, agar Sali, Saliha dan Kumi-nya bisa berdiri.
Tips Menjalankan AR Halo Balita

Tips untuk menjalankan Halo Balita adalah sebagai berikut:

Sama halnya dengan Paket Halo Balita yang terdiri dari 25 judul buku, pada aplikasi AR Halo Balita juga terdapat 25 judul AR Halo Balita yang masih terkunci. Jadi Anda harus download satu per satu sebelum memainkannya.
Ukuran 1 judul aplikasi AR Halo Balita adalah 20 MB, jadi gadget yang Anda gunakan harus memiliki ruangan kapasitas yang cukup besar (500 MB)
Sebelum mendownload (unlock judul AR Halo Balita), pastikan gadget Anda terhubung WiFi atau paket data dengan koneksi yang stabil.
Waktu yang diperlukan untuk mendownload 1 judul AR Halo Balita adalah 2 menit, sebaiknya Anda mengdownload per 3 judul.
Klik ‘download’ untuk meng-unlocknya dan tunggu hingga selesai didownload yang ditandai dengan hilangnya gembok kuning.