Mandira Dian Semesta
Beli Buku Online atau Offline? Perhatikan Plus Minusnya!
Beli Buku Online atau Offline? Perhatikan Plus Minusnya! By admin / 24 September 2018

Beli buku online itu banyak untungnya, tak perlu cape-cape, pesanan datang sendiri. Tapi, beli buku offline di toko buku itu lebih aman, bisa dilihat dan dicek langsung barangnya sebelum dibayar. Jadi sebenarnya, belanja buku itu lebih baik online atau offline?


Sekarang, mari kita lihat plus minus antara beli buku online dan beli buku offline di toko.


Kelebihan Beli buku online


Jumlah toko buku online itu sudah tak bisa dihitung lagi. Teknologi internet telah memberi peluang usaha bagi banyak orang. Oleh sebab itu, tak heran jika jumlah toko buku online terus meningkat. Nah, berikut kelebihan beli buku online.



  1. Harga lebih murah


Toko online biasanya memasang harga lebih ‘berani’ dibanding dengan buku-buku yang dijual secara offline di toko buku. Hal ini bisa dengan mudah dipahami, toko buku online tak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, misal. Jadi harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah. Persaingan antara toko buku online ketika mereka berlomba memberikan harga paling murah tentu memberi keuntungan bagi Ayah Bunda sebagai konsumen.



  1. Fleksibel


Beli buku online membuat Ayah Bunda bisa kapanpun membeli buku. Kemudian, waktu yang digunakan untuk belanja itu pun bisa lebih ringkas dibanding ketika Ayah Bunda beli buku offline di toko. Dari segi waktu, beli buku online memang tampak lebih menguntungka.



  1. Lebih banyak pilihan


Beli buku online itu berarti membeli buku di banyak toko buku tanpa harus mengunjungi satu persatu toko buku tersebut. Semua dialkukan sambil duduk. Ayah Bunda bisa betull-betul mencari buku yang diinginkan. Kalau di satu toko buku online tak tersedia, bisa lari ke toko buku online lainnya. Semua itu dilakukan hanya dengan jempol. Jadi, beli buku online, pilihannya seolah ta terbatas.


Kekurangan beli buku online


Ya, belanja buku secara online masih meninggalkan cacat atau minus. Hal ini penting untuk diketahui supaya Ayah Bunda bisa mewaspadainya. Berikut kekurangan beli buku online selengkapnya.



  1. Butuh waktu


Setelah membayar, buku yang dibeli tak bisa langsung diterima. Ayah Bunda mesti menunggu buku dikirim. Jadi, ada jeda waktu pembayaran dan pengiriman barnagnya. Hal ini juga rentang dengan masalah di bagian jasa pengiriman. Apalagi ketika mereka sudah overload. Dijamin, waktu menunggu Ayah Bunda akan lebih lama lagi.



  1. Biaya pengiriman


Ini dia kekurangan yang paling masif dirasakan oleh para penikmat belanja online, termasuk pembeli buku online. Ayah Bunda harus merogoh kocek lebih untuk biaya antarnya. Nominal harganya bisa belasan ribu hingga lebih dari dua puluh ribu. Tak hanya itu, di beberapa toko online, pembeli dibebankan untuk membayar pajak tambahan.



  1. Ketidak sesuaian barang


Beli buku online berarti hanya melihat foto-foto bukunya saja kan. Oleh sebab itu, buku yang nantinya diterima dengan yang dilihat di gambar bisa jadi berbeda. Dari segi kualitasnya bisa saja lebih buruk, tidak sesuai dengan yang dilihat. Atau bahkan sangat mngkin terjadi kesalahan pengiriman di mana Ayah Bunda akan menerima buku berbeda dari yang dipesannya.


Di luar dari pembahasan di atas, direkomendasikan bagi Ayah Bunda untuk beli buku online di mandira.id. minus-minus beli buku online tak akan terjadi di mandira.id. Di sana, biaya pengiriman tidak dibebankan pada pembeli, alias gratis ongkir. Jeda waktu antara pembayaran dan penerimaan barang pun bisa lebih cepat dan  minim kendala. Dan dengan admin profesionalnya, tak mungkin bisa terjadi ketidaksesuaian barang.


Kelebihan beli buku offline di toko


Sederhananya, apa yang tak bisa dilakukan ketika beli buku online itu adalah kelebihan membeli buku secara offline. Contohnya, tidak akan ada penipuan, dan bisa mengecek barangnya secara langsung sebelum membayar. Kita simak selengkapanya.



  1. Langsung cek barang


Seperti sudah disinggung, beli buku secara offline di toko buku itu membuat Ayah Bunda bisa lebih dulu cek fisik bukunya. Semuanya bisa dipastikan terlebih dahulu. Jadi tak mungkin ada cerita kecewa karena ternyata buku yang dibeli tak sesuai dengan keinginan.



  1. In hand


Dengan membeli buku secara offline, Ayah Bunda tak perlu waktu menunggu buku yang dibeli tiba. Setelah kontan membayar, buku sudah langsung bisa dibawa pulang. Berbeda dengan beli buku online yang harus menunggu waktu pengiriman barang.



  1. Aman


Mayoritas pembeli buku offline tidak membeli buku di toko buku online itu karena alasan keamanan. Belanja online rentan penipuan. Bisa tertipu karena barang tidak sesuai, tertipu dengan estimasi waktu pengiriman buku, bahkan bisa benar-benar tertipu karena setelah membayar, buku yang dipesan tak pernah datang.


Kekuranan beli buku offline di toko



  1. Memakan waktu


Berbeda dengan beli buku online yang bisa dilakukan dalam hitugan menit, beli uku secara offline memakan waktu lebih panjang. Mulai dari waktu perjalanan ke toko, hingga waktu yang dibutuhkan ketika mencari produk yang diinginkan.



  1. Pilihan terbatas


Pilihannya terbatas hanya pada apa yang tersedia di toko buku tersebut. Jika tak ada di satu toko buku, Ayah Bunda harus beranjak menuju toko buku lainnya. Berbeda dengan beli buku online. Tinggal ketik judul buku, toko buku yang menjual buku tersebut akan datang menghampiri.



  1. Waktu terbatas


Tidak mungkin Ayah Bunda belanja buku jam 12 malam. Tokonya pasti sudah tutup, bukan. Jadi, waktu beli bukunya terbatas hanya selama toko bukunya buka saja. Kalau beli buku online, mau jam berapapun ok.


Nah, itulah plus minus beli buku online dan offline. Paparan di atas hanya sebagai bahan referensi saja. Semua kembali pada selera. Oh ya, kalau Ayah Bunda ingin berbagi pengalaman belanja buku online atau offline, silakan tuliskan di dalam kolom komentar. Siapa tahu jadi bahan referensi tambahan untuk Ayah Bunda lainnya.