Mandira Dian Semesta
Bermain Sambil Belajar, Lakukan 4 Permainan Memori Ini Di Rumah Bareng Si Kecil!
Bermain Sambil Belajar, Lakukan 4 Permainan Memori Ini Di Rumah Bareng Si Kecil! By admin / 22 July 2019

Bunda tahu gak sih, ternyata ada jenis permainan anak yang bisa meningkatkan kemampuan memori si kecil? Hal ini bisa didapatkan dari jenis permainan asah otak yang menyenangkan. Selain itu jenis permainan ini juga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan otak anak. Berguna banget nih buat si kecil yang sedang dalam masa perkembangan!


Asiknya, permainan memori ini bisa divariasikan dengan banyak pilihan media. Bunda misalnya, bisa mengajak si kecil menghafal abjad sembari bermain permainan memori ini. Jadi, si kecil bisa belajar sembari bermain. Nah, penasaran gak Bund permainan apa aja yang bisa mengoptimalkan perkembangan memori si kecil? Yuk simak di bawah ini!


Gunakan Kartu Remi


Bunda bisa nih menggunakan kartu remi untuk memainkan permainan memori sama si kecil. Caranya gampang, cukup siapkan satu set kartu remi, kemudian kocok seperti biasa. Bentangkan satu persatu kartu di atas meja. Minta si kecil memasangkan masing-masing kartu hingga seluruh kartu habis terbuka. Sebelum bermain dengannya, contohkan terlebih dahulu ya supaya dia gak bingung.


Gunakan barang-barang sekitar


Asiknya, Bunda bisa kok pakai benda-benda di sekita buat permainan memori ini. Asal jangan memilih benda tajam dan berbahaya, ya! Bunda bisa memilih lima benda yang ada di sekitar, dan meletakannya di atas nampan. Minta si kecil menghafal benda apa aja yang ada di atas nampan tersebut. Setelah beberapa detik sembunyikan nama tersebut, kemudian minta dia menyebutkan benda apa saja yang ada di nampan barusan. Jika ia berhasil menyebutkannya dengan benar, beri ia apresiasi.


 Berhitung perkalian


Permainan ini bisa juga jadi sarana belajar sambil bermain yang menyenangkan. Bunda bisa memintanya buat menghitung jumlah kelipatan dari sebuah angka, misal kelipatan dua. Ia harus menyebutkan jumlah kelipatannya. Permainan memori ini dapat membantunya belajar perkalian. Oh iya, permainan ini bisa dilakukan untuk anak berusia 4 sampai 5 tahun, ya, Bund.


Permainan Mencocokkan Bentuk dan Gambar


Selain di dalam rumah, permainan memori ini bisa juga Bunda lakukan di luar, misal di taman atau beranda. Belilah stiker berbagai bentuk dan gambar. Pastikan juga setiap stiker memiliki pasangan. Ajak si kecil ke taman lalu minta ia mengambil beberapa batu pipih.


Kemudian, bersama dengannya tempelkan stiker tersebut pada batu. Atur batu di hadapan si kecil dengan stiker menghadap ke bawah, minta ia membalikan satu batu dan mencari pasangannya. Jika ia gak menemukan pasangannya, ia harus membalik batu tersebut dan mengulanginya.


Gimana, seru kan bermain permainan memori sama si kecil? Selain bermain, ia juga bisa sambil belajar, lho. Cobain deh Bund!