Mandira Dian Semesta
Buat Bumil, Begini Cara Meningkatkan IQ Anak Sejak Dalam Kandungan
Buat Bumil, Begini Cara Meningkatkan IQ Anak Sejak Dalam Kandungan By admin / 25 September 2018

Cara meningkatkan IQ anak itu sudah seperti pengetahuan wajib yang harus dimiliki orangtua. Wajar, siapa sih yang tak mau anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sekarang, bagaimana kalau hal itu bisa dilakukan sejak anaknya masih dalam kandungan.


Ketika mengandung, lalu menjaga pola makan, mengontrol nutrisi dan gizi asupan, serta berolah raga itu tak hanya baik untuk kondisi Bunda saja, tetapi juga mampu mengoptimalkan pembentukan otak dan mencerdaskan si jabang bayi di dalam perut.


Diane Ashton, M.D., M.P.H., wakil direktur medis the March of Dimes yang juga seorang pakar parenting, menegaskan bahwa pola hidup sehat Bunda ketika mengandung itu membentuk anak yang cerdas sejak masa pembentukan otaknya.


“Apa yang Bunda lakukan ketika mengandung berdampak sangat signifikan pada pembentukan dan perkembangan otak bayi serta menentukan tingkat kecerdasan si bayi di hari kemudian, setelah ia lahir,”katanya.


Jadi, tak diragukan bahwa langkah pertama untuk melahirkan anak yang cerdas adalah menjaga pola hidup Bunda selama masa mengandung.


Lebih lengkap, Diane memaparkan, berikut adalah cara meningkatkan IQ anak sejak mereka masih di dalam kandungan.



  1. Perhatikan suplemen yang masuk ke tubuh Bunda


Suplemen bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk menunjang kebugaran Bunda dan pembentukkan formasi otak si jabang bayi. Suplemen yang dimaksud di sini adalah nutrisi dari makanan alami. Tapi, dengan produk suplemen tertentu pun boleh, asal aman, teruji, dan terjamin.


Suplemen dengan vitamin B asam folic itu kandungan yang paling esensial yang harus ada dalam suplemen. Asam folic telah lama dikenal berperan penting bagi sel otak.


Bahkan, dijelaskan bahwa Bunda yang mengonsumsi asam folic sejak awal, sejak empat minggu hingga minggu ke delapan masa kandungan, 40 persen lebih rendah berisiko melahirkan anak dengan autisme.


Selain itu, Omega 3 asam lemak, khususnya DHA, juga berdampak besar pada produksi neurons, saraf di otak yang menjadi pemantik gerak elektrik dan mengirim pesan ke seluruh tubuh. Nutrisi ini bisa diperoleh secara alami dari makanan seperti ikan salmon, telur, dan lain sebaginya.


Selanjutnya, cara meningkatkan IQ anak sejak masih dalam kandungan adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi ini baik untuk produksi sel darah merah yang mana berperan untuk menyebarkan oksigen ke seluruh badan. Daging adalah makanan yang kaya akan zat besi.  



  1. Olahraga


Berdasarkan pada jurnal America College of Sports Medicine, hasil tes anak usia lima tahun yang Bundanya rutin berolah raga saat mengandung mendapat skor lebih tinggi di bidang bahasa dan kecerdasan umum dibandingkan dengan anak yang Bundanya ketika mengandung lebih banyak diam.


Penjelasannya begini. Kadar wajar kortisol (hormon stres yang dikeluarkan ketika berolah raga) berefek ada pertumbuhan dan perkembangan otak anak dan organ lainnya. Nah, pakar merekomendasikan bagi ibu hamil untuk berolah raga selama 30 menit setiap harinya, atau diusahakan sesering mungkin. Dengan catatan, olahraga wajar untuk ibu mengandung, ya!



  1. Jangan meroko dan minum alkohol!


Semakin lama otak si cabang bayi berkembang di dalam utero, semakin cerdas pula ia nantinya. Konsumsii alkohol dan rokok jelas akan merusak apa yang ada di dalam perut Bunda, termasuk juga tentunya bayi yang tengah dikandung. Untuk Bunda yang didera penyakit serius seperti diabetes atau stres, sebaiknya Bunda kontrol itu semua. Jaga pola makan dan jaga perasaan. Sikap seperti ini akan menguatkan kemampuan otak anak.



  1. Yang di dalam perut diajak bicara atuh, Bund!


Bukan mitos, bukan bercanda, apalagi bulan belaka. “Bicara pada anak yang masih di dalam perut itu mampu menciptakan hubungan intim sejak awal,” kata pakar parenting sekaligus presiden the Child Mind Institute, Harold Koplewicz, M.D.


Riset juga menyarankan bahwa sekitar separuh di masa kehamilan, bayi sudah bisa mendengar dan merespon suara, termasuk suara Bunda.


Dibacakan cerita pun jadi salah satu pilihan terbaik. Nah, produk-produk di Mandira banyak yang cocok untuk hal ini. mulai dari baha bacaan hingga audio, semua tersedia. Apik dan memudahkan!



  1. Memperdengarkan alunan Al-Qur'an


Memperdengarkan alunan Al-Qur'an sangat baik untuk perkembangan janin, lho! Dr. Van De Carr adalah ilwuman yang meneliti masalah mendidik anak sejak dalam kandungan.Dari penelitian itu dia mengetahui bahwa mendidik dan memupuk hubungan yang erat antara orang tua dan anak dapat dimulai sejak dalam kandungan. Cara meningkatkan IQ anak point ke 5 ini, dapat ditemukan di buku Ensiklopedi Bocah Muslim


Itulah 5 cara meningkatkan IQ anak sejak dalam kandungan. Semoga menginspirasi Bunda semua. Jangan lupa, sebarkan artikel ini juga melalui akun media sosial Bunda, supaya yang lebih banyak orangtua yang merasakan manfaatnya.