Mandira Dian Semesta
Cara Menemukan Buku Online Murah Tapi Cetakan Asli, Bukan Bajakan
Cara Menemukan Buku Online Murah Tapi Cetakan Asli, Bukan Bajakan By admin / 12 November 2018

Buku online murah itu ibarat pasir di pantai, banyak banget. Tapi, menemukan buku online murah yang cetakan asli, itu seperti mencari jarum dalam jerami. Sulitnya minta ampun.


Masih untung beli buku online murah, yang biarpun bajakan, buku yang dipesannya sampai ke rumah. Bayangkan jika beli buku online murah yang ternyata bajakan itu, sesudah transfer, eh bukunya tak kunjung datang. Kan sakitnya double.


Hal-hal semacam itu lumrah di dunia transaksi online. Tak enak sih bilang lumrah. Soalnya itu mengindikasikan bahwa penipuan online sudah jadi hal biasa. Tapi, faktanya memang demikian.


Nah, diluar fenomena memprihatinkan di atas, kita semua masih bisa kok menemukan buku online murah yang cetakan asli, bukan bajakan. Berikut adalah beberapa caranya.


Pertama, bergabunglah dengan grup jual beli buku bekas di Facebook. Di situ akan banyak buku bekas yang notabenenya buku asli dan dijual dengan harga yang dibanting. Buku bekas adalah pilihan terbaik untuk mendapat buku online murah tapi asli. Daripada buku baru murah tapi sebetulnya bajakan. Ini sangat masuk logika.


Kendati demikian, bertransaksi secara personal, maksudnya langsung ke penjual, keamanannya masih bisa dipertanyakan. Pastikan saja bahwa track record si penjual itu tidak meragukan. Pastikan semuanya, jangan sungkan untuk bertanya detail.


Namun, ada cara yang lebih aman. Coba carilah buku bekas di situs-situs e-commerce besar yang proses pembayarannya melibatkan pihak ketiga, yakni dari situs itu sendiri. Dalam proses pembayarannya, situs tersebut menjadi perantara. Ini jauh lebih aman. Jika, barang yang dipesan tidak diterima, uang bisa ditarik kembali karena berada di tangan ketiga itu.


Tak jauh beda dengan cara mencari buku bekas di Facebook. Di situs-situs e-commerce pun banyak penjual yang menjual buku-buku bekas dengan harga jauh lebih murah dibanding harga normalnya.


Kemudian, dengan cara serupa, di Kaskus juga banyak yang membuka thread atau obrolan mengenai buku bekas ini. Tapi sama dengan di Facebook, pada akhirnya transaksinya personal. Jadi sejauh ini, belanja di situs e-commerce besar yang memberikan layanan ATM bersama atau perantara dalam transaksinya jauh lebih meyakinkan. Setidaknya untuk yang baru-baru melakukan pembelian buku secara online.


Selanjutnya, cara menemukan buku online murah tapi asli itu ya beli langsung di penerbitnya. Hanya, kalau ingin murah, minimal di bawah harga normal di pasaran, ya harus menunggu diskon. Jika tidak, manfaatkan juga layanan diskon lebih besar untuk member. Nah, daftarkan diri saja jadi member. Nantinya akan dapat potongan jauh lebih besar. Tapi ya, tak sampai setengah dari harga normalnya. Pilihan terbaik, jika ingin dapat buku asli tapi harganya jauh lebih murah adalah dengan mencari bekas. Sebekas-bekasnya buku, asalkan tak ada halaman yang sobek atau rusak parah, pasti memuaskan lah.


Cara lainnya adalah coba lihat situs-situs penerbit sekaligus store indie. Kalaupun tidak, coba kunjungi akun Instagram mereka. Di situ biasanya mereka sangat up date dan engage dengan publik, atau konsumen. Penerbit atau store indie ini kerap membuat paket murah. Jadi misalnya, paket yang berisi 4 buku, dijual dengan harga 2 buku saja. Dan tentu, mereka hanya menjual buku-buku asli. Tidak ada buku bajakan.


Selanjutnya, jika yang dicari buku online murah anak-anak, di situs inilah tempatnya. Ya, mandira.id. Perlu diketahui saja bahwa buku-buku Mandira tidak bisa didapatkan di toko-toko konvensional besar maupun di store online-nya. Buku-buku Mandira hanya bisa diperoleh di mandira.id dan di book advisor atau resellernya.