Mandira Dian Semesta
Cari Buku Anak Online? Hati-Hati Tersesat! Kunjungi Situs Ini Saja
Cari Buku Anak Online? Hati-Hati Tersesat! Kunjungi Situs Ini Saja By admin / 25 September 2018

Buku anak online adalah salah satu kata yang sering diketikkan di halaman pencari google. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah orangtua yang mencari buku anak secara online itu sangat banyak.


Di satu sisi, itu tentu menggemberikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran orangtua akan pendidikan anak, melalui buku ini, sangat tinggi. Namun di sisi lain, ada sedikit yang mesti dikhawatirkan dari kondisi tersebut.


Dunia daring atau online ini merupakan lembah belantara. Semuanya ada. Dari yang paling positif hingga yang paling negatif. Oleh karenanya, literasi orangtua akan dunia daring, khususnya untuk urusan berbelanja buku anak online pun mesti terus ditingkatkan.


Setelah diketik buku anak online di google, hasilnya, situs yang keluar itu ada 120 juta. Dari jumlah sebanyak itu, isinya bisa beragam. Ada situs e-commerce yang menjual buku-buku. Ada situs pribadi yang mereview soal buku. Bukan tidak mungkin, ada juga situs penipuan. Di situlah urgensi mengapa literasi orangtua dalam berselancar di dunia maya mesti terus dilatih.


Ketika orangtua mencari buku anak secara online, ada beberapa hal yang mesti diwaspadai. Sebagaimana ditulis pada judul di atas, ‘hati-hati tersesat!’. Maksudnya apa? Ya, jangan sapai masuk ke laman toko buku abal-abal, misal.


Nantinya, buku yang dipesan tidak diantarkan padahal sudah bayar—yang artinya itu situs tersebut menipu. Atau membeli buku di situs tertetu, tetapi kondisi bukunya rusak, tidak sesuai dengan yang ditampilkan. Atau membeli buku yang kontennya ternyata tidak tepat dengan anak, bahkan dengan nilai moral dan kebudayaan kita. Pokoknya, jangan sampai tersesat seperti itu! Ingat, dunia maya itu lir ibarat hutan belantara.


Oleh karenanya, berikut ada beberapa tips bagi orangtua yang hendak cari buku anak online.



  1. Beli di situs terpercaya


Keterpercayaan sebuah situs toko buku online bisa didasarkan pada beberapa hal. Contohnya, situs toko buku yang sudah besar, ternama, dan sudah lama berdiri seperti Mizan, Gramedia, Togamas, dan lain sebagainya.


Keterpercayaan sebuah toko buku online juga bisa berdasarkan rekomendasi banyak orang, khususnya book advisor. Book advisor ini bisa dibilang seperti influencer di bidang literasi. Biasanya, mereka suka merekomendasikan toko buku yang tepat dan terpercaya.



  1. Perhatikan kelengkapan identita situs toko bukunya


Di sebuah situs toko buku online, yang wajib ada adalah alamat kantor, nomor customer service, data tentang toko buku tersebut (biasanya di kolom ‘about’). Hal seperti ini menjadi penting untuk menunjukkan kredibilitas toko buku anak online tersebut. Selain itu, jika terjadi sesuatu, orangtua bisa tahu kemana yang harus dituju karena sudah mengantongi identitasnya.



  1. Perhatikan review pembeli lain


Ketika membeli buku anak, usahakan untuk mengecek review pelanggan lain dari buku yang akan dibeli tersebut. Jangan sampai ada nada minor dari review tersebut. tanggapan miring menunjukkan bahwa ia tidak puas, baik dengan pelayanan toko buku online tersebut, maupun dengan produk yang dijualnya.


Terlebih ketika membeli buku di situs-situs e-commerce seperti bukalapak, tokopedia, shopee, dan lain-lain. Perhatikan dengan betul lapak per lapaknya. Apakah lapak tersebut memiliki rating tinggi yang enunjukkan bahwa mereka pelapak terpercaya, atau tidak. Perhatikan juga review per produknya sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.



  1. Pastikan beli buku yang tepat


Ini yang paling panting, buku yang tepat. Anak itu sedang dalam masa perkembangan. Interaksi antara buku dengannya tidak bisa hanya sebatas interaksi visual saja. Baginya, buku mesti mampu mengoptimalkan kecerdasan intelektual, sosial, dan emosionalnya. Betul, akan sangat sulit menemukan buku seperti itu di dunia maya. Ketika masuk ke situs toko buku online, bagaimana cara mengetahui bahwa buku itu bisa berfungsi seperti apa yang dipaparkan barusan. 


Oleh karenanya, sangat direkomendasikan, ketika mencari buku anak online, langsung saja kunjungi mandira.id. ini adalah situs resmi Mandira Dian Semesta, unit direct selling Penerbit Mizan yang menjual buku-buku premium anak.


Dari poin satu sampai poin tiga di atas, semuanya terpenuhi di mandira. Dan yang lebih pokoknya adalah poin nomor empat, yakni memastikan bahwa bukunya tepat bagi anak. Di mandira.id, di masing-masing produknya, selain dari pelanggan, siapapun bisa melihat juga review atau telaah sejumlah ahli mulai dari ahli perkembangan anak, psikologi, ilmu bumi, sains, dan lainnya. mereka secara ilmiah menjelaskan dan memaparkan telaah mereka terkai dengan sebuah buku atau perangkat edukatif tertentu.


Pada akhirnya, daripada tersesat, mungkin, yang bisa direkomendasikan hanya itu, mengajak semua orangtua yang mencari buku anak online untuk langsung menuju ke mandira.id. Semoga memabantu!