Mandira Dian Semesta
Di Masa Tumbuh Kembang Anak, Ini 5 Hal Penting yang Perlu Bunda Tahu Tentang Gangguan Kecemasan
Di Masa Tumbuh Kembang Anak, Ini 5 Hal Penting yang Perlu Bunda Tahu Tentang Gangguan Kecemasan By admin / 07 October 2019

Kesehatan mental anak memang sangat sulit terdeteksi. Sering kali kita tidak tahu saat anak ternyata membutuhkan bantuan mental atau pun perhatian. Nah, berikut ini 5 hal penting yang perlu Bunda ketahui tentang gangguan kecemasan di masa tumbuh kembang anak.



  1.  Ragam jenis gangguan kecemasan


Ada 4 jenis gangguan kecemasan yang bisa terjadi pada anak:


a. OCD atau gangguan obsesif-kompulsif, yaitu adanya pikiran negatif sehingga anak merasa takut, cemas dan khawatir.


b. Stres pasca-trauma, bisa jadi anak baru saja mengalami kejadian menakutkan di lingkungannya.


c. Fobia sosial yang seharusnya tidak dialami anak-anak karena mereka masih perlu banyak bersosialisasi.


d. Selain itu, gangguan kecemasan lainnya tidak lebih berat dari yang sudah disebutkan di atas.



  1.  Perbedaan gangguan kecemasan dengan stres


Bunda perlu tahu bedanya gangguan kecemasan dengan stres. Jika stres, anak akan segera membaik. Sedangkan gangguan kecemasan akan terjadi terus-menerus. Bila stres, anak akan memiliki keinginan melakukan lebih baik dari sebelumnya. Sementara gangguan kecemasan membuat anak mudah lelah dan panik, lebih banyak menyerang kondisi fisiknya.



  1.  Reaksi tubuh dan perubahan perilaku anak


Anak dengan gangguan kecemasan akan memiliki tekanan darah yang tinggi dan detak jantungnya jadi lebih cepat. Mereka mudah lelah dan panik menghadapi banyak hal. Semua tekanan itu akan membuatnya sakit secara fisik. Selain itu, anak juga mengalami sesak napas.



  1.  Penyebab gangguan kecemasan pada anak


Sulit untuk mengetahui penyebabnya karena sering kali si anak juga tidak tahu apa yang mereka cemaskan. Cara terbaik adalah membawa mereka ke dokter spesialis atau psikolog. Bahkan membawa mereka pergi berlibur juga tidak membuat mereka lepas dari gangguan kecemasan yang mereka alami ini.



  1. Cara menangani anak dengan gangguan kecemasan


Bunda perlu membawa anak ke psikolog atau psikiater. Jangan sampai terlambat karena gangguan kecemasan bisa menghambat tumbuh kembang anak. Bahkan bisa menyebabkan depresi sehingga butuh penanganan yang lebih serius lagi.


Nah, itu tadi 5 hal penting tentang gangguan kecemasan di masa tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini membantu ya Bunda.