Mandira Dian Semesta
Edukatif! 15 Game Anak TK Murah dan Seru
Edukatif! 15 Game Anak TK Murah dan Seru By admin / 06 September 2018

Game anak TK tentu menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembelajaran mereka. Nah, bagi ibu bapak guru yang sedang mencari mainan edukatif untuk di sekolahnya, barangkali 15 game anak TK ini bisa menjadi pilihan.


Atau, untuk Ayah Bunda yang sedang mencari permainan serupa untuk dimainkan di rumah, semoga 15 game anak TK berikut bisa menambah pilihannya.



  1. Balok kayu


Game anak TK satu ini sudah tidak asing bagi kita. Mainannya berupa bangun ruang yang beragam. Ada segitiga, tabung, kubus, dan lain sebagainya. Mainan ini mampu mengakomodir daya imajinasi dan daya cipta anak. Tak dibatasi oleh apapun. Anak bisa membangun apapun yang terbayang olehnya.



  1. Lego


Masih dalam tema bangun membangun, lego tak jauh beda dengan balok kayu. Mungkin Ayah Bunda belum tahu, ternyata, banyak ahli yang menyebut bahwa Lego adalah mianan yang dengan mengasyikkan mengajarka anak tentang entuk, pola, berhitung, dan mengukur.



  1. Puzzle


Siapa sih yan tak tahu puzzle. Ini merupakan permaianan semua generasi. Hal itu menunjukkan betapa puzzle sangat positif untuk perkembangan anak sehingga dari waktu ke waktu, maianan ini tak pernah punah.



  1. Board games


Di seluruh duni, board games ini jenisnya beragam. Di Indonesia sendiri contoh terbaik untuk game anak TK satu ini adalah Sabaqu. Terdiri dari papan main, kepingan magnet dan lembar soal, Sabaqu menjadi mainan on-hand yang komplit mengasah otak, skil motorik, dan kecakapan sosial jika dimainkan bareng bersama orang.



  1. Balok kayu berbentuk


Berbeda dengan maianan di nomor satu, balok kayu ini sifatnya lebih seperti dua dimensi. Hanya sekadar bentuk segitiga, persegi, lingkaran, jajar genjang, dan lainnya. Maianan ini mengharuskan anak memesaukkan baloknya ke dalam toples melalui lubang pada tutup sesuai dengan bentuknya.



  1. Trace-n-erase chalkfull


Permaianan sebetulnya tak asing bagi anak-anak TK. Jadi, anak hanya perlu menyambungkan titik-titik yang tersedia. Hanya bedanya, trace-n-erasce chalkfull ini dimainakan di papan tulis. Biasanya kan, di Indonesia, anak-anak menulis ini di buku tulisnya. Permainan ini sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.



  1. Puppet


Puppet adala boneka tangan. Bisa itu boneka yang memang tangannya di masukkan ke dalam bonek untuk menggerakkan. Bisa juga puppet dimaknai sebagai mainan wayang. Beruntungnya, di Indonesia ada namanya puppet book. Ini adalah inovasi mainan dari Pelangi Mizan. Ini adala perpaduan antara puppet, buku, dan audio. Sangat komplit sebagai media pembelajaran anak.



  1. Number stick


Game anak TK satu ini membantu anak untuk belajar menghitung. Sederhana saja, Ayah Bunda atau Ibu Bapak guru mengajarkannya berhitung dengan menggunakan stik. Misal, satu di tambah satu, tinggal perintahkan anak untuk mengambil stiknya, satu, ditambah satu. Lalu hitung. Persis seperti sempoa anak-anak zaman dulu. Kan mereka biasanya pakai lidi. Ayah Bunda mengalaminya? Hihi.



  1. Train set


Membuat jalur kereta api. Untuk maianan seperti ini, anak-anak harus menyambungkan lintasan kereta api yang terputus-putus. Mainan seperti ini sebetulnya bisa dibuat sendiri oleh ibu bapak guru, jika memang sulit menemukan maian seperti ini. Intinya, dari bahan apapun, coba saja buat lintasan yang terputus-utus, nanti anak-anak bermain dengan memasangkannya.



  1. Domino


Ya, ini sangat sare. Apalagi bagi anak TK. Pertama, anak-anak menyusun dominonanya. Ini tentu membutuhkan kerjasama, sebab yang main tentu tidak seorang. Setelah anak-anak menyusunnya (yakin, ini bukan ekerjaan mudah untuk ibu bapak guru), tinggal liat domino itu beruntui berjatuhan. Indah.


Itu dia 10 game anak TK yang pastinya, selain memberi dampak positif bagi perkembangannya, juga mempererat ikatan antara guru dan muridnya. Semoga menambah referensi ibu bapak guru dan Ayah Bunda sekalian, ya!