Mandira Dian Semesta
Ensiklopedi Bocah Muslim, Didik Anak Berbakti Kepada Orangtua, Berguna Bagi Negara dan Agama
Ensiklopedi Bocah Muslim, Didik Anak Berbakti Kepada Orangtua, Berguna Bagi Negara dan Agama By admin / 09 October 2018

Ensiklopedi Bocah Muslim tak ubahnya jawaban atas pertanyaan yang paling sering dipikirkan orangtua. Tentu, semua Ayah Bunda ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang berbakti, bukan? Ingin putra putrinya bermanfaat untuk yang lainnya, berguna bagi Negara dan agama. Tak heran, banyak Ayah Bunda yang bertanya, bagaimana caranya mendidik anak supaya bisa seperti itu.


Di atas sudah disebut, Ensiklopedi Bocah Muslim bisa jadi jawaban atas pertanyaan tersebut. Tapi, sebelum kita bedah bagaimana buku yang akrab disapa EBM itu bisa menjadi jawaban, ada baiknya Ayah Bunda menyimak beberapa hal berikut.


Mendidik anak agar berbakti pada orangtunya adalah satu hal terpenting sekaligus menjadi tantangan terbesar bagi untuk orangtua itu sendiri. Pasalnya, bagaimanapun juga, ridha Allah terletak pada keridhaan orangtua. Dan berbakti adalah salah satu jalan atau wasilah bagi seorang anak mendapat ridha orangtuanya. Oleh karena itu, penting bagi anak untuk belajar sekaligus membiasakan diri berbakti sejak dini.


Kemudian, sebagai muslim, tentu kita semua berkeyakinan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Dan mengajarkan hal ini, untuk jadi pribadi yang bermanfaat, pada anak sejatinya mudah saja. Semuanya tinggal dimulai dari Ayah Bunda sendiri. Si kecil akan mengikuti. Sebab, sebaik-baik pendidikan adalah yang dicontohkan. Pada gilirannya, jelas, tak ada orangtua yang tidak ingin anaknya berguna bagi Negara dan agamanya.


Keempat poin yang barusan dipaparkan sebetulnya adalah suatu kesatuan. Tidak bisa dipisah-pisahkan. Ketika anak berbakti pada orangtuanya, dalam porsi tertentu, berarti dia sudah berguna untuk agamanya. Ketika seorang anak bermanfaat untuk yang lainnya, berarti dia sudah berguna bagi Negaranya.


Pendidikan keempat hal di atas itu dilakukan secara bertahap. Dimulai dari diri sendiri dengan berbakti pada Ayah Bunda. Kemudian dilanjutkan dari yang terdekat, berguna bagi lainnya yang ada di sekitar. Hingga akhirnya, mereka akan sampai pada pemahaman atau kesadaran akan makna berguna bagi Negara dan agamanya.


Nah, sekarang kita sampai pada bagian yang sudah ditunggu-tunggu. Ensiklopedi Bocah Muslim ini sebuah paket buku anak yang berisi beragam topik penting. Tepatnya berisi jilid Islam Agamaku, Tubuhku, Indonesiaku, Masyarakat & Bangsa, Tokoh Idolaku, Sejarah, Seni, Mamalia, Burung & Serangga, Reftil & Amfibi, Tumbuhan, Bumi Kita, Alam Semesta, Sains, dan Teknologi. Tema-tema tersebut merupakan bangunan dasar bagi pengetahuan seseorang.


Ayah dan Bunda, pembentukkan karakter itu dimulai dari informasi yang dimiliki. Seseorang menjadi baik karena mereka tahu apa itu baik, bagaimana itu baik, seperti apa yang disebut baik dan tidak. Pengetahuan atau referensi yang diresapi hingga kemudian dengan sendirinya dapat terlihat dalam perilaku spontannya, maka itu disebut sebagai karakteristik.


Begitupun ketika Ayah Bunda ingin mendidik anaknya berbakti pada orangtua, bermanfaat bagi orang lain, dan berguna bagi Negara serta agama, maka, yang pertama harus dilakukan adalah memberi wawasan tentang semua hal tersebut kepada anak. Tahap ini sangat krusial. Ayah Bunda harus bisa memastikan bahwa wawasan yang coba diberikan disampaikan dengan baik. Artinya, mereka mudah menerima dan termotivasi. Sederhananya, anak mesti menerima pesan-pesan itu dengan kesan yang positif.


Di sinilah terlihat jelas bagaimana Ensiklopedi Bocah Muslim menjawab tantangan tersebut. Sebagaimana sudah diketahui, materi-materi EBM ini di antaraya meliputi tentang kepribadian, keIslaman, Indonesia, masyarakat, dan bangsa. Menariknya lagi, EBM ini disajikan dengan penuturan yang sangat mudah dicerna dengan lebih dari 8.000 ilustrasi. Kesimpulannya, EBM ini jadi sarana yang tepat untuk menyampaikan nilai-nilai yang disasat itu pada anak.


Setelahnya, pengetahuan tentang masyarakat, Negara, dan keIslaman tersebut akan tersimpan di dalam memori anak hingga pada gilirannya diharapkan berbuah menjadi karakteristiknya. Begitualah sekilas gambaran bagaimana karakter anak terbentuk, lebih tepatnya bagaimana paket buku Ensiklopedi Bocah Muslim mendidik anak berbakti pada orangtuanya, bermanfaat bagi sesama, berguna bagi Negara dan agama.