Mandira Dian Semesta
Game Anak TK  VS Game Konsol Kesukaan Anaknya Ayah Bunda
Game Anak TK VS Game Konsol Kesukaan Anaknya Ayah Bunda By admin / 17 October 2018

Game anak TK yang bakal kita bandingkan dengan game konsol adalah FUNtastic Learning with Nabil & Naura. Ayah Bunda harus tahu tentang ini supaya nanti bisa menentukan, game seperti apa yang sebaiknya diberikan pada anak guna mengoptimalkan perkembangan fisik dan kecerdasannya.


Mari kita mulai dari game anak TK FUNtastic Learning with Nabil & Naura. Ini merupakan permainan yang membantu anak untuk mengeksplorasi dunianya. Game ini juga pada prinsipnya menumbuhkan rasa cinta belajar sejak usia dini.


FUNtastic Learning with Nabil & Naura memiliki banyak tema. Semuanya itu dirancang khusus, melibatkan pakar, untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak. Tak hanya itu, game anak TK satu ini juga bisa dimainkan bersama orangtua atau siapa saja. Tak heran jika kemudian permainan ini berdampak juga pada upaya bonding atau hubungan yang semakin erat antara si kecil dengan Ayah Bunda,


Di dalam satu paket FUNtastic Learning with Nabil & Naura ini terdapat 10 jilid buku bermain, board game, kotak pas, dan augmented reality. Beragamnya jenis permainan yang disajikan ini pun membuat game anak TK satu ini tak membosankan. Sebaliknya, keseruan yang ditimbulkan membuat anak mudah terpikat hingga dampak-dampak positif yang coba diberikan pun tersampaikan dengan baik.


Selanjutnya, kita beranjak ke game konsol. Ayah Bunda pasti tahu apa itu game konsol. Kalaupun tidak, Ayah Bunda sebenarnya pernah melihat jenis game ini, hanya saja tidak tahu kalu itu namanya game konsol. Play Satation (PS) itu game konseol terbaru. Game ini nih yang digemari banyak anak. Jangankan anak-anak, orang dewasa juga masih banyak yang main. Kalau ingin tahu betapa digandrunginya play station oleh anak-anak, coba saja lihat di rental-rental PS, fiuh, setiap jamnya itu pasti ada yang main. Selalu penuh.


Sekilas saja, Bund, game konsol itu mesin yang punya sistem komputer hasil penyesuaian yang bisa menghasilkan gambar berupa sinyal, lalu diterjemahkan menjadi video game. Perangkatnya dilengkapi juga dengan joystick atau kontroler lainnya. Nah, konsol game ini sudah bergenarasi-generasi lah. Mulai dari gembot yang paling sederhana hingga sekarang PS 4 atau Xbox One terbaru yang paling canggih. Dan tak bisa dipungkiri, konsol game ini sangat digandrungi anak-anak. Mungkin, termasuk juga oleh putra putrinya Ayah Bunda.


Sekarang, mari kita bertanya, game mana sih yang paling bagus buat anak, khususnya anak TK. FUNtastic Learning with Nabil & Naura atau konsol game semisal PS? Jawabannya bisa dilihat dari beberapa aspek berikut.



  1. Kecerdasan sosial


Di dalam konsol game, sangat kecil (kalau tidak sama sekali) kecerdasan sosial bisa dirangsang. Pasalnya, meski bisa dimainkan berdua, umumnya permainan yang ada pada konsol game tidak dirancang untuk meningkatkan aspek sosial ini. Bahkan, jenis game konsol seperti GTA justru sangat kontradiktif dengan perkembangan sisi sosial anak.


180 derajat berbeda dari konsol game, FUNtastic Learning with Nabil & Naura justru dibuat dengan visi yang salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan sosial anak. Misal, ada board game yang dengan terang-terangan mensitumuli anak supaya berinteraksi, berkomunikasi, dan menjalin kerjasama dengan kawan bermainnya.



  1. Kemampuan kognitif


Ada beberapa jenis permainan tertentu di dalam konsol game yang berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif anak. Sayangnya, yang jadi pertanyaan, apakah banyak anak meminati jenis permainan ini? Atau lebih menyukai permainan yang lebih populer yang hanya memberi aspek kesenangan saja tanpa memberi kontribusi  yang baik pada kognitif anak.


Sedangkan di FUNtastic Learning with Nabil & Naura, semua jenis permainannya memberi dampak positif pada sisi kognitif anak. Sebab, sejak awal game untuk TK satu ini memang sudah dirancang demikian. Bahkan, aspek kognitif ini adalah aspek yang paling dikedepankan.



  1. Motorik


Nah, ini yang paling kentara. Hanya FUNtastic Learning with Nabil & Naura yang merangsang aktivitas motorik anak. Dan ini tidak dimiliki oleh konsol game yang hanya membuat anak menggerakkan jari-jarinya saja. Padahal, untuk usia anak TK, aspek motorik adalah salah satu aspek paling penting di dalam pertumbuhan dan perkembangannya.


Itulah tiga perbedaan antara game anak TK FUNtastic Learning dengan game konsol. Sebetulnya, masih ada aspek lain yang bisa dipertarungkan seperti dari segi keterampilan hingga sportivitas. Namun aspek-aspek tersebut tidak begitu menampakkan perbedaan yang mencolok. Mungkin hanya tiga aspek di atas lah yang menunjukkan dengan jelas siapa yang paling baik dan siapa yang tidak. Oleh sebab itu, kiranya sekarang Ayah dan Bunda sudah bisa menentukan, game mana yang paling tepat untuk anaknya, terlebih di usia mereka yang masih dalam masa tumbuh kembang. Jangan salah ya, Bund!