Mandira Dian Semesta
Ingin Anaknya Bisa Cepat Lancar Bicara? Coba Berikan Boneka Unta Ini
Ingin Anaknya Bisa Cepat Lancar Bicara? Coba Berikan Boneka Unta Ini By admin / 12 September 2018

Boneka unta yang lucu dan edukatif ini bisa bikin anak Bunda jadi cepat lancar bicaranya lho. Enggak percaya? Yuk simak penjelasannya.


Sebelum bicara soal boneka untanya, ada beberapa hal yang sebaiknya Ayah Bunda pahami terlebih dahulu. Begini, melatih anak untuk berbicara itu sangat penting. Sebab, tidak sedikit anak yang terlambat berbicara karena ketidaktahuan orangtuanya dalam melatihnya.


Umumnya, bayi usia 4 – 6 bulan itu sudah mulai berceloteh. Bilang ma-ma ma-ma atau pa-pa begitu lah. Memang, usia sekian, anak baru bisa mengucap satu kata saja. Nah, sering bertambahnya usia, kosakata yang mereka rekam pun terus bertambah.


Hingga usia 7 – 10 bulan, anak mulai bicara sedikit lebih panjang. Baru kemudian di usia 1 – 3 tahun, anak ini sudah akan lebih fasih dalam berbicara. Mereka juga sudah pandai mengikuti apa yang diucapkan orang lain.  


Pada dasarnya, kemampuan berbicara setiap bayi itu berbeda-beda, Bund. Tapi, jika hingga usia 2 tahun si anak belum bisa mengatkan satu kata pun, maka Ayah Bunda perlu waspada. Bisa jadi ada yang kurang baik dari anak atau dari cara membesarkan Ayah Bundanya sendiri. Jika kasus ini terjadi pada anak Ayah Bunda, ih amit-amit, naudzubillah ya. Segeralah bawa anaknya ke dokter.


Sekarang, mari kita bicara soal si boneka unta yang bisa rangsang anak Ayah Bunda agar cepat bicara lancar. Boneka unta ini bukan bonek biasa. Jadi, sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh gabungan antara psikolog, ahli perkembangan anak, dan sejumlah akademisi, boneka unta mempercepat kemampuan anak untuk lancar berbicara melalui tiga hal, yaitu dari audionya, visualisasi di dalam bukunya, dan sentuhan pada perangkat bonekanya.


Memang, boneka unta ini adalah gabungan dari boneka, buku, dan audio. Ketiga aspek tersebut merupakan strategi yang dirancang untuk merangsang potensi anak, dalam hal ini adalah kelancaran bicaranya.


Sementara itu, secara teori diketahui bahwa kemampuan berbicara anak itu terbangun dari pengalamannya mendengarkan, merekam kata-kata serta suara dari sekitarnya dan juga seberapa sering ia melatihnya.


Berlandaskan pada riset ilmiah tersebut, boneka unta ini dibuat bagaimana anak bisa merasa nyaman dengan perangkat bonekanya yang kemudian ‘menjebaknya’ untuk menikmati ilustrasi serta pembendaharaan kata yang disajikan dengan interaktif hingga anak terangsang juga untuk melatih kemampuan bicaranya.


Kendati demikian, boneka unta ini tentu tidak mengganti peran Ayah Bunda sebagai orangtuanya. Sebaliknya, boneka unta justru menjadi sarana yang selain mengasah dan mempercepat kemampuan bicara anak, juga mempererat bonding atau ikatan antara Ayah Bunda dengan si kecil.



Lantas, jika ditelaah lebih dalam, apa yang dilakukan boneka unta ini tidak sekadar mempercepat kelancaran bicara anak, tetapi juga merangsang kecerdasan-kecerdasan lainnya. Kita belum bicara soal muatan kata-kata (cerita) yang terkandung di dalam buku dan audio bonek unta ini lho, Bund. Hihi.


Nah, begitulah alur atau metode bagaimana cara kerja boneka unta mempercepat kemampuan bicara anak.


Oh ya, bagi yang belum kenal, yuk kita kenalan dengan si boneka unta ini. Jadi, boneka unta ini adalah bagian dari produk puppet book yang diluncurkan oleh Pelangi Mizan. Puppet book adalah boneka buku pintar yang lengkapnya ada enam boneka. Pertama, boneka unta, kemudian boneka paus, domba, keledai, sapi, dan gajah. Binatang-binatang tersebut adalah binatang istimewa yang terkisahkan di dalam Al-Quran. Jadi, ini sangat bagus untuk balita guna menambah wawasan mereka. Sudah asyik, mendidik pula. Yuk miliki Puppet Book sekarang juga, Bund.