Mandira Dian Semesta
Ini 5 Cara Menyenangkan Supaya Si Kecil Belajar Menghafal Huruf Dengan Mudah
Ini 5 Cara Menyenangkan Supaya Si Kecil Belajar Menghafal Huruf Dengan Mudah By admin / 24 July 2019

Di fase belajar berbahasa, salah satu hal yang jadi kesulitan paling umum buat si kecil adalah mempelajari huruf. Maka dari itu, kita bisa memperkenalkan huruf ini sejak dini pada tahapan pra sekolah. Jika si kecil sudah fasih mengingat huruf, hal ini akan mempermudahnya belajar membaca.


Nah, sebelum ia memasuki sekolah, Bunda bisa menstimulasinya untuk mengenal huruf lebih dulu. Berikut ini beberapa cara menyenangkan bagi si kecil menghafal huruf. Yuk, cari tahu!


Memperkenalkan namanya sendiri


Cara pertama, Bunda bisa mencoba mengajarinya dengan memperkenalkan nama. Bunda juga bisa sering memperdengarkan namanya disebut berulang kali. Tulislah huruf di atas kertas sembari menarik perhatiannya untuk melihat cara kita menulis.


Menyanyi tentang alfabet


Mengenalkan huruf padanya bisa dengan mediasai lagu dari berbagai huruf, lho, Bund. Misalnya menyanyikan huruf A, B,C, hingga Z dilengkapi dengan keterangan A adalah Apel dan seterusnya. Hal ini agar si kecil jadi lebih mudah menghafal dan mengenalnya. Nyanyian ini juga bisa membantunya mengembangkan imajinasi, lho!


Berikan makanan warna-warni


Bunda bisa nih mencoba memberikannya makanan warna-warni, sambil mengajarinya menghafal warna yang ada. Hal menyenangkan ini bisa membantunya menghafal lebih cepat. Tapi Bunda juga harus memerhatikan kandungan di dalamnya, ya.


Membuat permainan seru


Bunda juga bisa nih mengajarkan huruf dengan menjadikannya permainan seru yang menantang. Bunda bisa membuat kartu yang masing-masing bertuliskan huruf. Kemudian tantang dia untuk menyusun nama sebuah benda dari kartu yang ada.


Menonton video edukasi alfabet


Terakhir, Bunda bisa mencoba mengajarkannya dengan cara menonton TV atau Youtube bersama. Pilih tayangan yang berisi edukasi tentang alfabet di dalamnya, kemudian Bunda bisa mendorongnya buat menghafalkan huruf tersebut. Cara ini tentu lebih menarik baginya untuk menghafal huruf.