Mandira Dian Semesta
Ini 5 Jenis Vitamin B yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak yang Masih Balita
Ini 5 Jenis Vitamin B yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak yang Masih Balita By admin / 29 January 2020

Dalam masa tumbuh kembang anak, tentu Bunda ingin memberikan semua yang terbaik. Apalagi masalah asupan gizinya. Ternyata salah satu vitamin yang cukup penting adalah vitamin B. Berikut ini 5 vitamin B yang wajib untuk dikonsumsi dalam masa tumbuh kembang anak usia balita.


1. Vitamin B1 (thiamine) yang dapat memproduksi energi anak balita


Vitamin ini berperan memproduksi energi serta melindungi sistem sarat dari segala kerusakan yang bisa terjadi pada anak usia dini. Bunda bisa memberikan makanan seperti biji bunga matahari, jagung, kacang polong, ikan, roti gandum dan kacang hijau. Sementara daging merah dan ikan bisa dengan direbus, dikukus atau dipanggang.


2. Vitamin B12 (cobalamin) berfungsi untuk menjaga sistem saraf anak


Manfaatnya ialah mampu mengubah makanan jadi energi dan menjaga sistem saraf tubuh sehingga tetap sehat. Bahkan vitamin B12 bisa melawan asma pada anak usia dini. Bunda bisa memberikan makanan berupa ikan salmon, susu, telur dan daging untuk memperoleh manfaatnya.


3. Vitamin B9 (folic acid) yang berperan untuk memproduksi sel darah merah pada tubuh anak


Vitamin ini berperan memproduksi sel darah merah. Dikenal pula dengan nama asam folat, dapat membantu memelihara sistem saraf dan fungsi otak. Vitamin B9 bisa didapat dari kacang polong, brokoli, bayam, dan asparagus.


4. Vitamin B6 (pyridoxine) berperan penting untuk masa pertumbuhan anak balita secara maksimal


Vitamin ini membentuk hemoglobin guna mengedarkan oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh kita. Vitamin ini membantu organ dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Bunda bisa memberikan makanan berupa hati sapi, daging, ikan tuna, pisang maupun bayam.


5. Vitamin B2 (riboflavin) yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak


Vitamin ini memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga kesehatan mata, kulit, lapisan usus dan sel-sel darah sehingga tetap sehat. Vitamin ini memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.


Itu tadi ya Bunda 5 vitamin B yang baik untuk tumbuh kembang anak dalam usia balita. Semoga bermanfaat ya Bunda.


Sumber : https://www.popmama.com