Mandira Dian Semesta
Ini Dia 7 Manfaat Bermain Balok Bagi Perkembangan Kecerdasan Si Kecil!
Ini Dia 7 Manfaat Bermain Balok Bagi Perkembangan Kecerdasan Si Kecil! By admin / 09 July 2019

Permainan apa sih yang biasanya Bunda berikan buat si kecil? Pastinya Bunda udah gak asing dong dengan permainan menyusun balok yang disukai oleh balita. Permainan ini memang terlihat sederhana karena hanya merangkai dan menyusun balok jadi suatu bentuk.


Tapi tahu gak Bund? Kalau permainan balok ini memiliki manfaat yang baik buat perkembangan kecerdasan anak? Salah satu aspek yang akan berkembang lewat permainan ini adalah kreativitas si kecil. Nah, simak 7 manfaat bermain balok di bawah ini untuk lebih jelasnya!


Melatih si kecil mengembangkan imajinasi


Meski nampak sederhana, namun pada kenyatannya memainkan balok membutuhkan imajinasi dan kreativitas anak untuk merangkai balok tersebut jadi sebuah bentuk. Dalam hal ini Bunda bisa lho, membantunya mengembangkan imajinasinya dengan mencontohkannya sebuah bentuk yang mudah ditiru seperti bentuk rumah, bentuk gedung, bentuk mobil, dll.


Hasilnya, setelah mendapatkan cukup referensi, imajinasi si kecil akan berkembang dengan sendirinya hingga ia bisa membuat bentuk baru sesuai dengan keinginannya.


 Si kecil mulai mengenal ‘konsep’


Manfaat lainnya, si kecil akan mulai mengenal soal ‘konsep’ yang ia pelajari saat bermain balok. Contohnya seperti perbedaan bentuk, ukuran, warna, serta keseimbangan. Di sini Bunda bisa berperan untuk mengenalkan lebih dalam soal ‘konsep’ ini, lho!


Mengajarkannya melatih kesabaran


Anak balita tentunya masih kesulitan memahami dan mengontrol emosinya. Gak heran deh biasanya balita bisa sering tantrum dan merengek terus menerus. Bunda bisa nih mengajarkannya soal kesabaran saat bermain balok. Permainan ini bakal membutuhkan ketelitian serta kesabaran saat menyusunnya jadi suatu bentuk. Bunda bisa memberi motivasi pada si kecil untuk senantiasa sabar dan semangat saat membangun ulang balok yang jatuh.


Melatih motorik halus


Permainan ini membantu perkembangan motorik halus si kecil karena membutuhkan kerjasama antara otot tangan dan mata. Motorik halus ini akan bekerja saat ia menyusun dan merangkau balok tersebut.


Mulai mengenal soal warna


Si kecil bakal belajar mengenal warna saat memainkan permainan ini. Bunda juga bisa memilihkan balok-balok dengan warna-warni yang mencolok dan beragam agar ia tertarik memainkannya. Sambil bermain, Bunda juga bisa mengajarkannya untuk menyebutkan nama warna balok yang sedang ia pegang. Kemudian menantangnya mencari balok dengan warna serupa. Metode ini bisa mengenalkan warna pada si kecil.


Merangsang memecahkan masalah


Beragam model balok kayu akan menawarkan tingkat kesulitan yang berbeda juga, nih. Bunda bisa membantu memilihkan jenis balok sederhana, agar ia terbiasa menyusunnya. Lalu setelahnya ganti dengan balok berlevel lebih rumit. Hal ini bisa merangsang kemampuan kognitif si kecil dalam memecahkan masalah yang ditemukan saat merangkai balok.


Melatihnya bersosialisasi


Bunda bisa juga melatih jiwa sosial si kecil dengan mengarahkannya agar selalu berbagi dan bekerjasama saat bermain dengan temannya.


Itu dia 7 manfaat penting dari bermain balok. Cepat atau lambat manfaat-manfaat tersebut akan dirasakan oleh si kecil.