Mandira Dian Semesta
Jadi reseller Mandira? Begini Cara Membuat Toko Buku Online
Jadi reseller Mandira? Begini Cara Membuat Toko Buku Online By admin / 05 October 2018

Toko buku online hukumnya wajib buat reseller Mandira. Sebab, ini akan jadi etalase virtual untuknya. Selain itu, toko buku online juga bisa menjadi tempat untuk menjangkau calon pembeli lebih luas. Alhasil, dengan toko buku online, penghasilan reseller Mandira pun melonjak.


Sekarang kita akan berbicara soal teknis bagaimana cara membuat toko buku online. Membuat took buku online itu membuat website. Maka, pertama, ada dua hal yang harus diperhatikan. Apakah kita akan membuat website gratisan atau berbayar?


Website gratisan itu, kita bisa buat di blogspot atau wordpress. Tapi, nantinya, alamat website yang kita miliki akan dibubuhi nama platformnya. Misal, www.tokobukuonline.blogspot.com atau www.tokobukuonline.wordpress.com.


Membuat website gratisan itu tak jadi masalah. Hanya, kredibilitas dari alamat websitenya jadi terasa kurang. Tampak tidak profesional. Hal ini tentu bakal berpengaruh pada feeling para calon pembeli yang mengunjungi website-nya.


Berbeda ketika kita membuat website berbayar. Selain dari segi monetasinya lebih bebas, alamat website-nya pun akan tampak lebih profesional, seperti www.tokobukuonline.com atau www.tokobukuonline.id.


Ingat, profesionalisme itu sangat penting dan itu harus diperhatikan mulai dari alamat website. Bayangkan, jika websitenya tampak tak profesional, jangankan mau membeli, melihat alamat domainnya saja mungkin mereka sudah lari, menilai kita amatiran. Profesional itu berarti terpercaya.


Nah, jadi bagaimana cara membuat website profesional yang terpercaya.


Pertama, beli hosting dan domain. Kita bisa buka situs-situs penyedia jasa hosting dan domain. Misalnya Qwords.com, rumahweb.com, atau niagahoster.com. Di sana kita membeli hosting sekaligus nama domainnya. Hosting ini seperti rumah atau tempat penyimpanan segala macam apa yang ada di web kita. Sedangkan domain itu seperti .com .co .id dan lainnya.


Setelah memiliki hosting dan nama domain, kita tinggal setting website yang sudah dimiliki tersebut. Setelah membeli hosting dan domain itu akan ada pesan masuk ke email. Salah satu isi pesan itu biasnya adalah alamat cPanel, lengakap dengan nama dan pasword-nya. Kita tinggal masuk ke situ saja.


Kemudian log in. Setelah itu, di laman cPanel tersebut coba download wordpress. Setelah di download bakal muncul alaman untuk pengaturan wordpress (back-end).  Nah, di sinilah kita bisa mengatur mulai dari tampilan website, menginput tulisan-tulisan, mengatur konten yang ada, melakukan apapaun yang nantinya muncul di halaman website yang sudah dimiliki.


Setelah itu, kita tinggal rutin mengisi konten untuk halaman website kita. Lalu, bagaimana cara membuat konten yang bagus, yang membuat pengunjung website bisa sampai membeli produk-produk Mandira yang kita jual?


Pertama, tentu yang harus ada di websitenya adalah semua produk Mandira. Tuliskan secara detail dan lengkap tentang masing-masing produk. Mulai dari harga, keunggulan, fitur-fitur yang ada, hingga testimoni.


Selanjutnya, isilah sebanyak mungkin website kita dengan tulisan-tulisan tentang apapun yang berkaitan dengan produk yang kita jual.misalnya tentang parenting, tentang pendidikan dan lain sebagainya. Buat tulisan-tulisan tersebut sehalus mungkin hingga mempengaruhi pengunjung website untuk membeli produk yang tengah dijual. Istilahnya, soft marketing.


Perbanyak juga konten-konten yang menjawab pertanyaan banyak orang. Misal, di Facebook, kita lihat ada yang bertanya tentang cara melatih kecerdasan anak. Maka, buatlah artikel tentang itu. Lalu, di Facebook tersebut, kita bisa berkomentar seraya menyarankan orang yang bertanya tadi untuk membuka tulisan jawaban di website kita.


Oh ya, yang paling penting juga adalah membuat semudah mungkin cara membeli buku-buku Mandira yang ada di website kita. Sediakan nomor kontak. Pokoknya detail prosedur dan lain sebagainya.


Itulah cara sederhana membuat toko buku online. Sebagai reseller Mandira, ini menjadi salah satu jalan yang bisa kita eksplorasi untuk mendongkrak penjualan. Coba lihat dan pelajari toko buku online resi Mandira, itu bisa jadi acuan dalam membuat website.