Mandira Dian Semesta
Komik Bisa Jadi Media Anak Belajar Bahasa, Ini 3 Tips Memilih Komik Anak yang Baik!
Komik Bisa Jadi Media Anak Belajar Bahasa, Ini 3 Tips Memilih Komik Anak yang Baik! By admin / 23 July 2019

Ada banyak jenis bacaan anak yang bisa Bunda kenalkan pada si kecil, lho! Mulai dari cerita bergambar hingga fabel, semuanya bisa jadi sarana edukasi berbahasa anak. Salah satu yang menarik buat mengajari si kecil bahasa adalah komik anak.


Jenis bacaan ini terdiri atas ilustrasi dan teks, kombinasi ini pasti bisa menarik minat baca si kecil. Plus, gambar-gambar yang ada bisa meningkatkan daya imajinasinya. Banyak orang tua kurang setuju jika anak mereka terlalu sering membaca komik. Padahal banyak manfaat yang bisa didapat, nih, Bund.


Tapi dengan catatan Bunda juga harus bisa memilah dan memilih komik yang baik dan sesuai dengan sesuai dengan usia si kecil. Cari juga tema komik yang menarik perhatiannya, misal cerita yang terdapat kereta api dan lainnya.


Nah, kalau Bunda tertarik buat memperkenalkan komik anak pada si kecil, terlebih dulu kenali karakter dan bahasa yang digunakan dalam ceritanya. Juga cari komik dengan kisah moral berharga yang bisa dipetik oleh anak. Pastikan gak ada unsur seks, kekerasan, dan hal-hal buruk lainnya.


Sebelum beranjak untuk membeli buku komik buat si kecil, yuk simak tiga hal ini Bund!



  1. Hal pertama yang harus Bunda perhatikan adalah lihat siapa penulsi atau komikusnya. Cari tahu juga apa dia memiliki latar belakang menulis yang baik dengan target pasar anak-anak.

  2. Cari buku komik dengan gambar dan grafis ringan dan gak ribet. Hal ini biar memudahkan si kecil membaca dan mencernanya.

  3. Sebagai referensi, Bunda juga bisa menanyakan pada staf toko bagian komik anak-anak yang bagus. Biasanya komik tersebut best seller, atau sedang digemari. Bisa juga Bunda membeli komik yang sedang populer asal memenuhi kriteria yang sudah disebutkan di atas.


Nah itu dia sederet tips bagi Bunda yang ingin mengenalkan komik sebagai wadah berbahasa si kecil. Semoga bermanfaat Bunda.