Mandira Dian Semesta
Mau Si Kecil Hobi Membaca? Coba Ikuti Tips Ini Deh, Bund!
Mau Si Kecil Hobi Membaca? Coba Ikuti Tips Ini Deh, Bund! By admin / 01 August 2019

Bunda, pastinya pengen dong si kecil hobi membaca terutama sejak dini? Kegemarannya membaca ini akan menjadi jalan mudah baginya belajar berbahasa nanti. Plus membaca juga mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Gak susah kok Bund menumbuhkan minat baca si kecil dari sekarang. Yuk, simak kaya gimana tips agar anak jadi senang baca di bawah ini!


Kenalkan sejak dini


Meski si keci masih bayi atau batita, Bunda sudah bisa mengenalkannya dengan buku, kok. Ada banyak buku yang cocok yang bisa Bunda kenalkan pada si kecil. Bunda bisa membelikannya buku cerita yang terbuat dari kain, buku yang memiliki tekstur, atau buku tahan air hingga buku ini bisa ia mainkan saat mandi. Dengan mengenalkan buku sedini itu, hal ini dapat menstimulasinya mencintai buku.


Contohkan padanya


Agar si kecil senang membaca, Bunda juga harus mencontohkan hal ini padanya. Bunda bisa sering-sering membaca di hadapannya. Jika si kecil sering melihat Bunda membaca, ia akan menirukannya. Dengan begitu, ia pun bakal terdorong membaca bersama dengan Bunda.


Membaca dengan beragam intonasi


Bunda bisa mengenalkan bahwa membaca buku merupakan kegiatan yang menyenangkan dengan mulai membacakan cerita baginya sebelum tidur. Pilihlah buku cerita yang menarik buat pengantar tidur si kecil. Saat membaca, jangan lupa perhatikan intonasi dan suara yang menarik perhatian. Hal ini pun bisa membuat kegiatan membaca buku jadi makin menarik.


Kelilingi ia dengan beragam buku


Bunda bisa membiasakan si kecil dikelilingi buku untuk menumbuhkan minat bacanya. Misalnya, ajak ia ke toko buku, simpan buku-buku di rumah agar mudah dijangkau olehnya. Dengan begitu ia bisa melihat dan meraih buku itu dengan mudah.


Berikan hadiah buku saat ia berulang tahun


Salah satu caranya lainnya adalah dengan menghadiahkan si kecil buku yang menarik untuk ulang tahunnya. Bunda juga bisa mendorong anggota keluarga lain memberikan hadiah yang sama.


Meskipun terdengar sepele, namun langkah-langkah di atas diharapkan dapat membuat minat baca si kecil sudah ada sejak dini.