Mandira Dian Semesta
Mau Tahu Cara Mudah Belajar Al-Quran Untuk Anak? Pakai Buku Bahasa Arab Ini, Bunda!
Mau Tahu Cara Mudah Belajar Al-Quran Untuk Anak? Pakai Buku Bahasa Arab Ini, Bunda! By admin / 19 November 2018

Buku bahasa Arab yang bakal kita bahas ini istimewa, Bund. Pasalnya, buku bahasa arab satu ini bisa bikin anak pintar mengaji, bikin mereka belajar memahami sekaligus menghafal Al-Quran. Masya Allah banget deh pokoknya.


Nama bukunya adalah LAQU. Kepanjangannya, Learning Arabic for Quranic Understanding. Nah, sederhananya, LAQU ini buku untuk mempelajari bahasa Arab. Tapi, materi yang digunakannya, semuanya persis diambil dari Al-Quran.


Kata-katanya, kalimat-kalimatnya, semua diambil dari Al-Quran. Lalu, dengan skema yang dirancang khusus, ketika anak belajar bahasa arab dengan LAQU ini, maka disaat yang bersamaan, mereka juga telah sedikit-sedikit menghafal dan memahami Al-Quran.


Misal begini, salah satu komponen dari paket LAQU adalah 1 set cocok kata. Anak lantas memainkan itu, yang artinya mereka tengah sedikit-sedikit menghafal sejumlah kosa kata di dalam Al-Quran. Lantas, ketika mereka tuntas memainkannya, tak terasa bahwa mereka sudah menghafal sejumlah ayat dalam Al-Quran. Hal itu akan disadari ketika mereka membuka mushaf Al-Quran yang juga terdapat pada paket LAQU ini.


Mungkin si anak bakal bilang, “Eh aku ternyata hafal ayat ini. Tadi aku main kartu cocok kata LAQU, dan kata-katanya itu sama dengan ayat ini. Aku juga sedikit-sedikit hafal artinya.” Ya, entengnya begitu, Bund! Cara seperti ini cerdik kan, Bund. Bikin anak menghafal dan memahami Al-Quran, padahal mereka cuman mainin LAQU.


Bukan hanya kartu cocok kata, dalam satu paketnya, LAQU terdiri dari tray permainan gerbong kereta, lembar modul permainan, satu set kartu sempurna, 100 kartu kosakata, 1 set board game, mushaf 1 juz, dan 7 buku utama. Kesemua item tersebut dirancang secara sistematis supaya dalam penggunaannya, anak akan merasa senang, tertantang, ketagihan, dan mampu menyerap semua goal dari LAQU, yakni mangenal dasar-dasar bahasa Arab, membaca, memahami, dan menghafal Al-Quran.


Tak sampai disitu, selain dari benda atau semua perangkat LAQU tersebut, pencipta buku bahasa Arab satu ini pun memikirkan bagaimana cara atau metode terbaik supaya anak betul-betul bisa mencapai apa yang dicita-citakan buku ini.


Maka, lahirlah metode AMALI, singkatan dari Alami, Mainkan, Aplikasikan, Lagukan, dan Imajinasikan. Nah semua item yang ada dalam paket LAQU, ketika dimainkan, secara otomatis membuat anak mengalami, memainkan, mengaplikasikan, melagukan, dan mengimajinasikan setiap materi bahasa Arab yang diambil dari Al-Quran.


Dengan demikian, interaksi anak dengan buku bahasa Arab bernama LAQU ini bukan sekedar interaksi visual semata, tetapi melibatkan semua aspek yang ada di dalam dirinya. Tak heran jika kemudian mereka lebih mudah menyerap, memahami, dan mengingat apa yang mereka peroleh dari masing-masing perangkat (mainan maupun buku) LAQU.


Ingat Bunda, bagi anak, belajar yang paling efektif adalah bermain. Oleh karenanya, mereka harus belajar dengan cara dan atmosfer seasyik bermain. Jadi gunakanlah media interaktif seperti LAQU. Ciptakan juga suasana belajar yang nyaman, bukan membosankan. Dan semua karakteristik tersebut terwakili oleh LAQU. Buku bahasa Arab satu ini mampu memberikan apa yang anak inginkan dan apa yang Ayah Bunda harapkan. Klik!   


Dengan adanya LAQU, sudah tidak ada alasan untuk menunda-nunda mengenalkan anak pada Al-Quran, mengajarkan mereka melafalkan kalimat-kalimat, memahami sedikit demi sedikit kandungannya, serta menghafalkannya. Semakin dini semakin baik.


Bukan hanya anak yang akan merasakan manfaat dari LAQU. Dengan niat yang lurus, mencari keridhaan Allah, menghadirkan LAQU pada anak akan tercatat sebagai amal kebaikan Ayah Bunda. Di dunia dan di akhirat, insyaAllah akan terasa manfaat besarnya.