Mandira Dian Semesta
Memahami Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi, Optimalkan Dengan Boneka Unta!
Memahami Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi, Optimalkan Dengan Boneka Unta! By admin / 22 October 2018

Boneka unta itu ternyata bisa membantu mengoptimalkan proses perkembangan penglihatan bayi lho, Bunda! Mau tahu bagaimana itu bisa terjadi dan boneka unta sepeti apa yang bisa begitu, simak sampai habis ya.


Penglihatan bayi itu secara konstan terus berkembang. Pertumbuhan kemampuan melihat bayi itu secara drastis dan rapid terjadi sejak mereka dilahirkan. Nah, memahami bagaimana tahap perkembangan itu berlangsung sekaligus mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya sangatlah penting.


Bahkan lebih baik lagi ketika Ayah Bunda bisa dengan detail mengetahui perubahan per minggunya, per bulannya, dan juga punya panduan yang tepat sepanjang proses itu berlangsung, maka bukan tidak mungkin apa yang terbaik yang bisa diperoleh anak itu akan didapatkannya.


Tapi tenang, di sini, sedikit banyak Ayah Bunda akan mengetahui secara garis besar proses perkembangan penglihatan pada bayi.


Blur. Pada minggu pertamanya, bayi hanya bisa melihat objek sekitar 8-12 inci di depan wajahnya. Mungkin, penglihatan ini hanya bisa si kecil rasakan ketika ia sedang menyusu. Di situ si kecil mungkin bisa melihat bagian tubuh Bunda.


Di periode ini, untuk mendukung perkembangan melihatnya, coba Bunda menyusuinya dengan sisi dada yang bergantian. Maka, perkembangan penglihatan anak akan sama antara mata kiri dan kanannya.


Hitam putih. Di minggu pertama ini juga apapaun yang bisa di lihat bayi itu hanya hitam putih. baru sebulan setelah lahir, ia akan secara perlahan melatih penglihatannya dalam menidentifikasi warna. Nah, di sini peran seperti boneka unta bisa terlihat. Coba stimulasi color vision anak dengan mainan yang berwarna.


Di minggu kedua, bayi mulai bisa menyadari wajah sosok di hadapannya, Bunda. Tapi tentu dengan cara yang agak sukar juga. Ia mesti fokus pada wajah di hadapanya selama beberapa detik sampai bisa melihat wajah di depannya. Tapi tetap, jarak pandang yang bisa dilihatnya masih sekitar 8-12 inci. Jadi untuk wajah yang berada lebih dari jarak tersebut, bayi masih belum bisa mengenalinya.


Di minggu-minggu berikutnya, bayi sudah mulai belajar untuk sedikit menggerakkan penglihatannya. Kendati demikian, jarak pandangnya masih hanya sekadar 8-12 inci. Di minggu-minggu awal, penting bagi Ayah Bunda untuk terus menstimulasi kemampuan melihatnya dengan mimik muka atau dengan mainan seperti boneka unta.


Sementara itu, perkembangan per bulannya bisa digambarkan seperti demikian.


Bulan pertama :



  • Melihat atau mengikuti sumber cahaya

  • Mengikuti gerak objek secara horisontal

  • Membuat eye contact dan fokus pada khususnya pengasuhnya


Di bulan pertama ini, mata anak tidak terlalu sensitif pada cahaya. Jadi jangan khawatir jika Ayah Bunda menyalakan lampu selagi si kecil tidur. Hal itu tidak akan berdampak buruk pada kualitas tidurnya atau penglihatannya.


Bulan kedua hingga ketiga :



  • Mengikuti objek yang bergerak baik horisontal maupun vertikal

  • Mengenali wajah

  • Bola matanya mulai bergerak sendiri, asalnya bergerak sesuai dengan kepalanya

  • Meningkatnya sensitifitas terhadap cahaya

  • Mulai bisa teralihkan fokusnya pada sesuatu yang terlintas

  • Melakukan eye contact dengan cukup lama


Di sini lah peran boneka unta akan semakin besar. Di periode ini, bayi sudah mulai suka bersandar pada punggungnya, belajar duduk. Ia juga sudah mulai suka menatap objek bergerak yang menarik. Mereka memperhatikan bibir Ayah Bundanya ketika bicara.


Bulan ketiga sampai keenam :



  • Mulai menyaksikan dan belajar dari tangan dan kakinya sendiri, sebagaimana ia belajar dengan mainan

  • ‘Mengobservasi’ boneka unta yang jatuh atau tergeletak, misalnya

  • Mulai bisa fokus pada hampir segala sesuatu di dalam ruangan

  • Suka melihat bayangan

  • Lebih aktif lagi


Di periode ini, anak semakin tertarik pada gambar warna, dan juga tentunya mainan. Boneka unta, sebagaimana dikatakan di judul, menjadi mainan yang tepat untuk mengoptimalkan masa perkembangan penglihatan anak, khususnya di masa ini.


Sebab, secara sentuhan, boneka unta adalah sebuah boneka yang berbahan lembut. Namun, dengan inovasi yang dimilikinya, boneka unta ini juga di dalamnya memiliki buku kecil yang memuat warna, ilustrasi yang menjadi kegemaran anak. Bahkan, dengan audio yang dimilikinya, boneka unta juga membantu perkembangan kecerdasan berbahasanya.


Nah itulah perkembangan penglihtan bayi dari waktu ke waktu secara garis besarnya. Telah dijelaskan pula gambaran bagaimana positifnya boneka unta yang tak lain adalah puppet book guna mengoptimalkan pertumbuhan daya lihatnya.