Mandira Dian Semesta
Mendidik Karakter Islami dengan Buku Anak Kisah Nabi
Mendidik Karakter Islami dengan Buku Anak Kisah Nabi By admin / 13 September 2018

Buku anak kisah Nabi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menanamkan karakter islami pada anak. Pasalnya, dengan mengenali kisah para manusia pilihan Allah tersebut, anak-anak bisa belajar islam dengan mencontoh lngsung pada perjalanan hidup para Nabi.


Hal tersebut menjadi efektif karena beberpa hal. Pertama karena disajikan dengan bentuk cerita yang terbukti efektif sebagai model pembelajaran. Yang kedua karena anak cenderung belajar mengenai apapun dengan cara ‘melihat’ langsung, bukan dengan disodorkan definisi-defini.


Sederhananya begini, menanamkan karakter islami menggunakan buku anak kisah Nabi membuat Ayah Bunda berkata, “lihat, nabi Muhammad Saw itu manusia yang paling penyayang. Nanti adek di sekolah, sama teman-temannya harus penyeyang seperti nabi Muhammad, ya. Kan bagus…” Sementara menanamkan karakter islam dengan definisi itu jatohnya Ayah Bunda bilang begini, “rahmah adalah sifat di mana adek mesti…. Dan seterusnya.” 


Tidak ada yang salah dengan kedua cara di atas. Namun, melihat dari sisi psikologis anak, terbukti bahwa cara pertama, yakni menanamkan karakteris Islami dengan metode cerita, tepatnya dengan buku anak kisah Nabi, hasilnya akan lebih efektif.


Jadi, jelas bagaimana buku anak kisah Nabi terbukti insyaAllah ampuh mendidik anak untuk meneladani sifat-sifat mulia manusia pilihan itu. Nah, sekarang, di mana Ayah Bunda bisa menemukan buku anak kisah Nabi dan dengan cara bagaimana kisah Nabi-Nabi tersebut dihadirkan pada anak?


Buku Nabiku Idolaku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hal ini. Satu hal yang tak bisa dibicarakan ketika kita mengulas buku Nabiku Idolaku, yaitu alur dan gaya bertuturnya. Sebab, hanya Nabiku Idolaku yang menggunakan metode seperti ini.



Buku Nabiku Idolaku menceritakan kisah Nabi-Nabi dengan sangat dekat pada anak. Membuat seolah anak berinteraksi langsung dengan kisah Nabi-Nabi. Sangat nyata dan terasa sangat intim.


Dari keseluruhan proses tersebut, tentu bisa masuk di logika Ayah Bunda sekalian bagaimana kisah Nabi-nabi yang ada pada buku Nabiku Idolaku tersampaikan dengan baik pada anak dengan pesan-pesannya yang mengendap di benak mereka sehingga bukan tidak mungkin tertanam di alam bawah sadarnya dan mengkristal menjadi karakternya. Selain itu banyak juga hikmah yang dapat diambil dari kisah-kisah para Nabi tersebut


Mendidik anak itu banyak yang bilang sulit, tapi ada yang bilang juga mudah. Semua tergantung kepada kita semua selaku orangtuanya. Berpikir kreatif sudah seperti hal wajib yang harus dilakukan oleh Ayah Bunda semua. Tidak terkecuali ketika mendidik anak meneladani perilaku mulia para Nabi. Sebagai ikhtiar untuk mencapai itu semua, sejumlah orangtua telah mengakui bagaimana buku anak kisah nabi semacam Nabiku Idolaku sangat membantu. Bagaimana dengan Ayah Bunda?