Mandira Dian Semesta
Musik Ternyata Punya Andil Besar Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil, Kenapa Ya?
Musik Ternyata Punya Andil Besar Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil, Kenapa Ya? By admin / 22 July 2019

Bunda tahu gak sih kalau musik ternyata punya andil dan manfaat besar dalam tumbuh kembang anak? Hal ini diperkuat dengan keterangan dari psikolog Hoshael E yang menjelaskan bahwa musik sebaiknya jadi hal pertama yang dipelajari anak-anak. Kira-kira kenapa ya?


Jawabannya, masa kanak-kanak merupakan masa si kecil belajar tumbuh dan berkembang, usia ini jadi masa paling kritis bagi anak membangun fondasi intelektual, fisik, mental, dan emosional yang bakal mendukung setiap aktivitasnya di masa depan.


Bunda bisa memfasilitasi tumbuh kembang ini dengan maksimal, salah satu caranya mengajarkan musik sejak dini. Otak anak akan sangat siap untuk menerima stimulus agar berkembang. Musik berpotensial dalam hal ini, karena merupakan salah satu variabel yang bisa mengaktifkan beberap bagian otak sekaligus.


Selain itu, musik juga dapat membantu si kecil membangun kreativitas untuk mempermudah proses belajar di masa depan. Hal ini karena musik dapat membuat komponen-kompnen dalam otak selalu aktif. Adapun manfaat lain musik bagi perkembangan otak si kecil. Simak yuk, Bund!


Meningkatkan daya otak dan fungsi memori


Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa musik memiliki manfaat bagi kesehatan anak, salah satunya untuk membantu meningkatkan daya otak dan fungsi memori. Musik dapat membantu merangsang bagian otak yang bertanggung jawab dalam membaca, berhitung, dan perkembangan emosional.


Mengembangkan keterampilan sosial


Bunda tahu gak kalau keterampialn sosial ada kaitannya dengan musik? Hal ini berlaku kalau si kecil mempelajari musik di tempat les dan jadi bagian dari sana. Sejak dini si kecil pun bakal belajar bagaimana caranya berhubungan dengan orang, bekerja dalam tim, kepemimpinan, dan disiplin.


Membangun kepercayaan diri


Saat si kecil memainkan alat musik, kepercayaan diri mereka pun akan berkembang. Mereka dapat belajar meyakini diri dan meningkatkannya sesuai kebutuhan. Hal ini karena bermain musik membutuhkan sebuah kepercayaan diri pada kemampuan diri sendiri.


Mengajarkan rasa sabar


Koordinasi dalam permainan grup musik menuntut kesabaran si kecil. Formasi tersebut akan membutuhkan kerja sama tiap anggota untuk mendapatkan giliran bermain masing-masing. Hal ini juga bakal melatih kesabaran si kecil saat menanti gilirannya bermain.


Mengajarkan disiplin


Tentunya, bermain musik atau bernyanyi membutuhkan sebuah disiplin tersendiri. Si kecil akan memerlukan banyak latihan berkala. Mereka akan tahu bahwa menjadi lebih baik perlu waktu. Hal ini diharapkan memupuk disiplin mereka sejak kecil.