Mandira Dian Semesta
Pahami Cara Otak Mengingat, Hafal al Quran 30 Juz Lebih Cepat!
Pahami Cara Otak Mengingat, Hafal al Quran 30 Juz Lebih Cepat! By admin / 27 June 2019

Al Quran 30 Juz tampak menyeramkan buat dihafal bagi sebagian orang. Eits, tapi tidak begitu!


Allah berfirman di dalam surat Al Qamar ayat 17 yang artinya, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”


Bahkan, kalimat tersebut disebutkan persis di ayat lain, yaitu ayat 17, 22, 32, dan 40.


Di dalam tafsir al Jalalayn, dijelaskan bahwa maksud dari ayat tersebut adalah begini:


“’Kami (Allah) telah memudahkan Al Quran untuk dihafal dan dijadikan pelajaran, maka siapakah yang mau mengambilnya sebagai pelajaran dan siapakah yang mau menghafalnya.’” Istifham (bentuk kalimat pertanyaan) pada ayat ini bermakna perintah. Maka, maknanya pun menjadi, ‘Hafalkanlah Al Quran dan jadikanlah ia sebagai peringatan, dan tiada satupun kitab Allah yang dapat dihafal di dada kecuali Al Quran.’”


Itu janji Allah! Tidak ada keraguannya. Masa kita ragu. Hemm. Gak boleh ya.


Bagaimana Cara Otak Mengingat dengan Cepat dan Kuat


Sekarang kita lihat bagaimana para Ilmuwan meneliti otak manusia. Dilansir dari the Science Explorer, berdasarkan sejumlah penelitian yang dikumpulkan, ada beberapa cara melatih otak supaya mampu mengingat lebih cepat dan lebih kuat.



  1. Olah Raga Rutin


Olah raga rutin itu bagus buat tubuh. Dan ternyata, otak kita pun mendapat banyak manfaat dari olah raga.


Dalam riset berjudul Exercise Holds Immediate Benefits for Affect and Cognition in Younger and Older Adults, dijelaskan bahwa responden yang diuji menunjukkan peningkatan daya ingat dan proses kognisi setelah mereka secara rutin olah raga, minimal 15 menit setiap harinya.



  1. Relaksasi


Relaksasi adalah cara termudah untuk meningkatkan brain’s gray matter (salah satu bagian/fungsi otak), yang mana melibatkan kontrol otot dan sensor persepsi seperti bicara, mengingat, melihat, serta mengambil keputusan.


Menariknya, riset berjudul The Acute Effects of Yoga on Executive Function yang dibuat oleh Edward McAuley menunjukkan bahwa 20 menit relaksasi bisa mendongkrak fungsi otak, mengarahkan pada kecepatan dan akurasi mengingat.



  1. Fokus


Dalam riset yang berjudul Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, sebetulnya dijelaskannya bukan 'Fokus', tapi ‘hindarilah multitasking’. Kendati demikian, poin utamanya adalah begini, ‘ketika menghafal sesuatu, tidak ada cara terbaik selain fokus. Multitasking merusak kefisienan.‘



  1. Sharing


Sharing skil terbaru atau ilmu yang baru dipelajari adalah cara efektif untuk memperkuat ingatan tentang ilmu atau informasi yang baru didapat tersebut. Proses menerjemahkan informasi baru ke dalam kata-kata—waktu sharing itu—membantu otak lebih memahami informasinya.


ILMA, Kawan Terbaik Hafalkan Al Quran


Sekarang, semuanya sudah sangat jelas. Tak ada lagi alasan tak bisa menghafal al Quran 30 juz karena sulit.


Allah sudah berjanji memudahkan mereka yang menghafal al Quran.


Kemudian, sesuai firman Allah yang menyuruh manusia untuk Iqra (membaca) ayat-ayat qauliyah maupun quniyah, para peneliti menunjukkan bagaimana otak bekerja, bagamana cara terbaik untuk mempercepat mengingat sesuatu, dalam hal ini hafalan Al Quran.


Nah, berangkat dari keyakinan janji Allah dan riset-riset mengenai bagaimana manusia bisa mengingat dengan kuat dan cepat, I Love My Al Quran hadir untuk membantu Ayah Bunda dan anak-anaknya lebih mudah dan lebih cepat menghafal Al Quran.


I Love My Al Quran atau ILMA ini menghadirkan Al Quran 30 juz yang tidak sekadar dicerna secara visual saja, tetapi seluruh panca Indra yang pada gilirannya memudahkan siapapun, terutama anak, mencerna, memahami, dan menghafal kalamullah tersebut.


Tak hanya itu, ILMA adalah Al Quran yang disajikan dengan sangat anak-anak. Baik tampilan fisik, penyampaian, hingga fitur-fitur interaktif lainnya. Tentu tanpa mengubah sedikitpun kandungannya. Ini semata soal ikhtiar maksimal bagaimana membuat anak jatuh hati, mengerti, memahami, hingga menghafal Al Quran.