Mandira Dian Semesta
Panduan Aman Beli Buku Online
Panduan Aman Beli Buku Online By admin / 09 November 2018

Beli buku online atau barang lainnya terkesan masih dihindari sebagian orang. Satu kekhawatiran umum yang tak yakin bertransaksi secara online adalah faktor keamanan. Ini mungkin terjadi kebanyakan di kelompok usia yang tak muda lagi, golongan 80-an ke bawah, mungkin. Tapi tentu tidak semua.


Sebaliknya, generasi 80-an ke atas justru tampak lebih nyaman berbelanja secara online. Bahkan bisa dibilang, hampir setiap hari tak bisa dilepaskan dari transaksi online. Mau makan, tinggal pesan lewat smartphone, mau pepergian, pakai angkutan online. Bahkan, mau sedekah pun dengan cara online.


Tak terkecuali untuk urusan jual beli buku, semuanya beralih ke dunia maya. Tampak di situs-situs e-commerce besar pelapak-pelapak buku. Selain itu, ada juga situs e-commerce yang khusus memperjual belikan buku. Dan tak kalah ketinggalan, penerbit-penerbit atau toko-toko konvensional besar pun tak mau ketinggalan turut membuka laman belanja onlinenya.


Nah, kembali pada soal keamanan, sebetulnya ketika membeli di situs-situs kredibel, rasa aman itu sedikitnya terjamin. Sebab, di sana ada customer service yang bisa dimintai pertolongan jika ada masalah yang kita hadapi. Selain itu, sistem rekening bersama juga turut membuktikan bahwa soal kemanan itu tidak perlu diragukan lagi.


Fenomena digitalisai ini tentunya memiliki dampak positif yang besar. Pertama, dunia online membuka lebar peluang usaha bagi siapa saja. Kini, toko buku bukan hanya toko-toko buku besar saja, banyak bermunculan toko buku rintisan, bahkan juga sampai penerbit indi. Dan di mereka tentu sangat mensyukuri terbukanya dunia maya ini.


Namun, di sisi lain, kita tak bisa menutup mata bahwa dalam hal jual beli buku online, hal-hal negatif pun masih ada di dalamnya. Salah satu yang masif adalah penipuan. Penipuan ini sifatnya beragam. Mulai dari menipu, menjual buku asli padahal buku bajakan, sampai yang betul-betul menipu, menarik uang dari pembeli, tapi si pembeli tak mendapat pesanan buku yang dibelinya.


Selain dengan cara berbelanja di situs toko buku online terpercaya, beberapa hal berikut bisa jadi panduan aman cara beli buku online :



  1. Teliti terlebih dahulu situs toko buku online-nya


Bisa dibilang kiat nomor satu ini adalah kunci jual beli aman. Termasuk ketika beli buku online. Periksalah situs atau toko online yang produknya hendak dibeli. Lihat nomor kontaknya. Lebih bagus lagi kalau ada chat bot customer service-nya. Lihat juga alamat tokonya. Hal ini akan lebih memudahkan jika di depan nanti terjadi apa-apa.


Coba cari juga di google, bagaimana review orang-orang terhadap situs tersebut.Apakah lebih banyak respon positifnya atau negatifnya. Hal ini juga sangat perlu dipertimbangkan.



  1. Lihat kebijakan situs tersebut terhadap data pribadi Ayah Bunda


Ketika beli buku online, atau belanja apapun secara online, otomatis Ayah Bunda bakal memasukkan data pribadi, log in membuat akun. Kalaupun tidak membuat akun, kan ada nomor telepon dan alamat yang dimasukkan ketika mengisi pesanan. Nah, pastikan Ayah Bunda membaca detail kebijakan situs tersebut dalam hal penggunaan data pelanggan.


Jangan sampai ada poin yang menyatakan bahwa data pelanggan situs tersebut bisa diberikan kepada pihak lain. Pastikan juga Ayah Bunda membuat aturan bagaimana jika Ayah Bunda mendapat barang yang ternyata cacat, misal. Atau tidak sesuai.



  1. Periksa buku yang dibeli


Cara memeriksa buku yang dibeli yaitu dengan menelaah deskripsi barang. Apakah bukunya baru, tidak ada kondisi minus kah. Kalu bisa, lihat pula foto bukunya. Di zaman ini, banyak sekali buku-buku bajakan. Pokoknya berhati-hatilah dan periksa semuanya. Jangan ragu juga untuk menanyakan tentang apapun yang tidak termuat dalam informasi produknya.



  1. Jangan mudah tergoda barang murah


Kasus yang ini agak unik. Biasanya, ada toko yang menawarkan harga murah. Tapi, mengarahkan konsumen untuk menyerahkan alamat emailnya. Nah, yang begini itu kerjaannya spammer. Sarannya, ya kunjungi saja situs toko online yang resmi, yang besar, kredibel, dan sudah jelas track record-nya. Contohnya seperti mandira.id. Jika mencari buku anak premium atau perangkat edukasi lain, kunjungilah situs yang sudah jelas seperti mandira.id tersebut.


Begitulah sedikit tips panduan aman beli buku online. Happy, shopping!