Mandira Dian Semesta
Pentingnya Mengenalkan Binatang pada Anak
Pentingnya Mengenalkan Binatang pada Anak By admin / 19 July 2018

Bagi anak-anak menyaksikan hewan adalah suatu kesenangan tersendiri, rasa penasaran mereka senantiasa akan menciptakan rasa ingin tahu & penasaran, tidak jarang beberapa anak merengek meminta pada orang tua untuk diantarkan ke Kebun Binantang hanya sekedar menyaksikan bahkan menyentuh & tidak sedikit dari mereka amat sangat mau mempunyai salah satu hewan yang menarik hatinya, karena binatang juga dapat menjadi kawan bermain yang mengasyikan. Untuk itu pentingnya mengenalkan binatang pada anak, agar anak bisa membedakan mana binatang peliharaan, mana binatang buas.


Tidak banyak anak yang tahu dengan berbagai macam jenis binatang yang ada di muka bumi ini. Untuk itu, disinilah pentingnya mengenalkan binatang pada anak. para orangtua bertugas untuk mengenalkan berbagai macam jenis binatang pada anaknya. Berdasarkan penelitian, anak dapat berlatih mengembangkan rasa empatinya melalui kedekatan dengan binatang, sehingga hal ini akan menumbuhkan empatinya juga pada manusia.


Sebagai orang tua, Ayah & Bunda harus menyadari betapa pentingnya mengenalkan binatang pada anak, karena mengenalkan berbagai macam binatang pada anak adalah salah satu tugas orang tua dalam meningkatkan pengetahuannya serta menumbuhkan rasa peduli, ketertarikan dan rasa kasih sayangnya terhadap sesama makhluk hidup. Mengenalkan bermacam-macam tipe binatang terhadap anak-anak adalah suatu proses yang benar-benar harus digaris bawahi, karena hal ini akan mempengaruhi kecerdasan naturalis pada anak dapat terasah dengan baik. Ini salah satu bukti bahwa pentingnya mengenalkan binatang pada anak.


Setelah Ayah & Bunda menyadari bahwa pentingnya mengenalkan binatang pada anak, berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan saat akan mengenalkan binatang pada anak:



  1. Ceritakan kisah binatang kepada anak. Ceritakanlah hal-hal yang menyangkut habitat binatang tertentu, sifatnya, pola hidupnya, makanannya, pesan moral di dalamnya, sehingga dengan begitu orang tua akan memberikan wawasan pada anak menyangkut kehidupan binatang. Sampaikanlah dengan situasi kondisi yang menyenangkan maka anak akan merasa terhibur & makin tertarik memelihara binatang.

  2. Langkah kedua yang dapat Ayah & Bunda terapkan dalam pentingnya mengenalkan binatang pada anak, yaitu kenalkan anak terhadap binatang. Ajaklah anak menyaksikan sendiri beragam tipe binatang. Dapat melalui buku wawasan, buku dongeng binatang, buku seri yang lengkap dalam mengenalkan anak pada berbagai macam binatang yang ada di Nusantara, binatang dari berbagai belahan dunia, juga binatang purba. dan dilanjutkan bersama dengan game interaktif yang berhubungan dengan binatang, hal ini bermanfaat sebagai penambah kekayaan pengetahuan mengenai kehidupan dunia binatang untuk anak-anak

  3. Beli buku yang membuat anak mengenal lebih dekat dengan binatang peliharaan, yang berisikan berbagai informasi mengenal binatang-binatang yang akrab dengan kehidupan manusia, mulai dari suara, makanan, produk yong dihasilkan, hingga kebiasaan unik para binatang. Karena buku yang seperti ini, akan merangsang anak-anak untuk gemar membaca sejak kecil.


Dalam buku seri "Dunia Binatang" anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai macam binatang yang ada di Nusantara, binatang dari berbagai belahan dunia, juga binatang purba. Tidak hanya mengenal binatang, anak-anak juga akan diajak untuk mengenal habitat masing-masing binatang gurun, binatang tropis, binatang antartika dan lain-lain.


Disajikan lengkap dengan keunikan, kelebihan, dan keajaibannya, plus gambar-gambar penunjang dan game interaktif, membuat buku ini sangat bermanfaat sebagai penambah kekayaan pengetahuan mengenai kehidupan dunia binatang, terutama untuk anak-anak. Di luar penambahan pengetahuan tersebut, dengan membaca buku ini sekaligus akan menghadirkan kecerdasan spiritual anak-anak akan kemahakuasaan Allah SWT melalui dunia binatang.


Wow keren kan? Seri Dunia Binatang memang cara terbaik untuk mengenalkan anak pada binatang. Yuk miliki Seri Dunia Binatang sekarang juga.