Mandira Dian Semesta
Seru, Kaya Gini Ternyata Perkembangan Bayi Saat Belajar Merangkak!
Seru, Kaya Gini Ternyata Perkembangan Bayi Saat Belajar Merangkak! By admin / 09 July 2019

Apa sih momen perkembangan anak yang selalu Bunda tunggu-tunggu saat ia mulai tumbuh besar? Bagi seorang ibu, pasti menakjubkan nih mengawasi setiap momen pertumbuhan si kecil. Mulai dari belajar berguling, merangkak, duduk, atau bahkan bicara, semuanya menarik buat diperhatikan.


Bunda tahu gak kalau kemampuan bayi buat menggeser tubuhnya jadi awal mula langkah mereka belajar merangkak? Nah, si kecil juga akan melewati beberapa tahapan penting sebelum benar-benar bisa merangkak. Apa saja tahapannya, yuk simak di bawah ini!


Usia 3 bulan: tengkurap lalu merangkak


Selain jadi usia permulaan bicara, usia 3 bulan juga menjadi awal mula si kecil belajar merangkak. Bunda bisa membantunya membiasakan diri untuk tengkurap di usia ini. Namun, hal ini tentu harus dalam pengawasan ekstra dari Bunda, ya. Jangan sampai si kecil kebingungan karena gak bisa membalikan badannya sendiri.


Memperbanyak tengkurap bisa juga membantu si kecil untuk belajar mengangkat kepalanya. Gerakan ini bisa melatih kekuatan leher, bahu, dan lengan agar lebih kuat. Selain itu, saat tengkurap si kecil terlihat akan sering menendang-nendangkan kakinya, gerakan ini juga akan membantu memperkuat pinggul dan kakinya.


Usia 4 bulan: mulai mengangkat tubuh


Setelah tengkurap, si kecil sudah hampir siap merangkak, nih, Bund. Di usia 4 bulan ini, ia sudah bisa mengangkat badan dari posisi tengkurap tadi. Bahu, tangan, dan kakinya akan semakin kuat hingga ia pun akan mulai berusaha mengangkat tubuhnya dengan tumpuan lengan dan lutut. Menggemaskan ya?


Usia 5 bulan: bergerak dengan mendorong lutut


Nah, setelah berhasil mengangkat badan, si kecil juga akan mulai melakukan gerakan lain. Mereka akan mulai bergerak maju atau mundur di atas tumpuan kaki dan tangannya. Ia tentu bakal menyadari bahwa ia bisa bergerak maju dengan mendorong lututnya. Biasanya fase ini akan terjadi pada usia 5 bulan.


Usia 6 bulan: bergeser dari tempat semula


Kalau sudah menyadari tubuhnya bisa bergerak seperti itu, si kecil pasti akan merasa senang dan akan terus melakukannya sampai ia bergeser. Meskipun jaraknya gak bakal terlalu jauh. Usia ini jadi usia paling lincah dari si kecil karena ia akan mulai terus merangkak. Bunda juga bisa mendorongnya untuk terus bergerak maju.


Usia 6 bulan: merangkak dengan sempurna


Di bulan keenam ini pula, si kecil akan benar-benar merangkak dengan sempurna. Kekuatan tangan dan kakinya tentu sudah sempurna. Hal ini akan mendorong si kecil untuk terus bergerak hingga akhirnya bisa merangkak dengan lincah. Bayi umumnya akan merangkak pada usia 6 hingga 10 bulan. Bunda juga bisa merangsangnya agar terus bergerak ke sana kemari dan melatih motorik kasarnya, nih.


Namun, ada pula bayi yang melewatkan fase merangkak dan langsung duduk atau berdiri, lho! Buat Bunda jangan khawatir kalau bayinya gak melewati fase-fase ini secara berurutan. Jika menemui sebuah kejanggalan, misalnya si kecil belum bisa bergeser hingga usia 12 bulan, segera konsultasikan pada ahlinya