Mandira Dian Semesta
Si Boneka Pintar Puppet Book, Penyemangat Si Kecil Dalam Belajar Sambil Bermain
Si Boneka Pintar Puppet Book, Penyemangat Si Kecil Dalam Belajar Sambil Bermain By admin / 14 March 2018

Siapa yang anaknya suka main boneka? Sepertinya mayoritas anak perempuan maupun laki-laki menyukai boneka ya. Bermacam-macam boneka seringkali menjadi kado istimewa utama dari orangtua untuk si kecil yang baru lahir maupun sudah menginjak balita. Karena boneka bagi anak-anak bisa menjadi sahabat atau teman bermain, bahkan ada beberapa anak yang tidak bisa tidur tanpa memeluk boneka.


Boneka adalah karakter yang mewakili makhluk hidup yang dapat diajak berkomunikasi. Ini akan mengajak anak dalam mengembangkan imajinasinya. Boneka adalah mainan yang sering disalah pahami seolah hanya untuk anak perempuan saja. Padahal untuk anak usia balita, anak perempuan maupun laki-laki bisa sama-sama mendapatkan manfaat bermain boneka untuk mengembangkan kecerdasannya.


Berikut ini manfaat yang bisa diambil oleh anak saat bermain boneka :



  1. Melatih motorik, menumbuhkan empati, dan kemandirian
    Membantu memakaikan baju boneka dapat melatih motorik anak lelaki dan perempuan. Hal itu juga dapat menumbuhkan kemandirian anak untuk dapat memakai bajunya sendiri karena ia telah berlatih caranya memakaikan baju untuk bonekanya. Memandikan boneka membuatnya belajar caranya menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Apalagi jika orangtua membantu mengarahkan bagaimana caranya menyikat gigi, memakai shampoo, membersihkan tubuh dengan sabun, dan menggunakan handuk setelah mandi. Manfaat bermain boneka yang lain juga didapat saat anak pura-pura memberi makan pada bonekanya. Saat memberi makan itu, anak melatih tangannya untuk dapat menyendokkan makanan ke mulutnya sendiri. Aktivitas makan anak juga akan jadi lebih seru karena ia punya boneka yang berperan sebagai teman yang menemani makannya.



  1. Menumbuhkan kecerdasan bahasa
    Saat bermain drama dengan bonekanya, anak belajar untuk berimajinasi dan berbicara. Bermain peran adalah salah satu langkah baik untuk meningkatkan kecerdasan bahasanya. Selain itu, bermain dengan boneka adalah sarana yang baik agar anak belajar menyebutkan anggota tubuhnya seperti mata, hidung, kepala, kaki, mulut, leher, dan sebagainya. Sehingga kosa kata anak akan bertambah.



  1. Meningkatkan empati anak
    Boneka membantu anak untuk mengetahui bagaimana caranya merawat orang lain. Anak-anak yang memperlakukan boneka seperti layaknya manusia akan paham bahwa boneka juga perlu digendong, dimandikan, diajak bicara, maupun diberi kehangatan. Sikap anak saat bermain boneka yang dapat membantu menumbuhkan empati ini akan berguna jika suatu hari ia memiliki adik baru. Dengan bermain boneka, anak juga belajar bagaimana caranya peduli pada orang lain. Selain itu ia belajar menjadi orang dewasa yang punya tanggung jawab menjaga orang yang lebih lemah darinya. Jika anda masih keberatan jika anak lelaki bermain boneka, ingatlah bahwa kelak ia akan jadi kakak, suami, ayah, paman, dokter, dan peran lain yang berhubungan dengan merawat orang lain.


Nah setelah kita simak beberapa manfaat dari bermain boneka. Sudah tahu kah tentang Si Boneka Pintar Puppet Book, Penyemangat Si Kecil Dalam Belajar Sambil Bermain? Puppet Book adalah produk yang menggabungkan keasyikan bermain Boneka, membaca Buku bergambar, dan mendengarkan cerita. Sehingga produk ini akan mewarnai psikologi perkembangan Anak, dalam memaksimalkan panca indera nya; Melihat, Meraba, dan Mendengar.


Secara bahasa, Puppet adalah boneka yang bisa dimainkan menggunakan tangan seperti wayang. Karena produk ini masih mengandung unsur buku, maka produk ini bisa disebut boneka buku. Audio merupakan pelengkap dari produk ini agar konsep bermainnya lebih menarik. Audionya pun berhubungan dengan isi cerita dalam Si Boneka Pintar Puppet Book tersebut. Isi ceritanya diambil dari beberapa kisah Nabi. Binatang-binatang yang ada dalam Si Boneka Pintar Puppet Book ini mewakili kisah-kisah para Nabi yang ada di dalam Al-Qur’an.


Dengan Si Boneka Pintar Puppet Book ini, selain mendapatkan manfaat dalam bermain boneka juga akan mendapatkan manfaat dalam membaca dan mendengar. Apalagi cerita yang ada di dalam Si Boneka Pintar Puppet Book ini akan menambah wawasan dan pengetahuan si kecil tentang kisah-kisah para Nabi. Wah menarik bukan? Miliki Puppet Book sekarang juga yuk! Klik di sini ya untuk informasi produk selengkapnya!


Sumber manfaat boneka : id.theasianparent.com