Mandira Dian Semesta
Ternyata Ini 10 Keuntungan Belanja di Toko Buku Online
Ternyata Ini 10 Keuntungan Belanja di Toko Buku Online By admin / 27 August 2018

Toko buku online memang telah mengubah cara kita belanja buku. Bukan hanya karena membuat kita tak perlu berpanas-panasan atau macet-macetan, tapi juga karena keuntungan lain yang ditawarkan.


Bukan hanya toko buku online, secara garis besar, kehadiran internet dan kemajuan teknologi yang pesat telah merevolusi segala aspek kehidupan kita. Setuju enggak, Bund? Coba lihat, mau bepergian, sekarang milihnya ojek online daripada angkot, mau beli sesuatu, tak usah angkat kaki, cukup pakai jasa pengantar online. Hihi.


Nah, lebih lengkapnya, berikut adalah 10 keuntungan belanja di toko buku online yang telah Mandira rangkum.



  1. Nyaman


Keuntungan yang paling utama dalam berbelanja di toko buku online adalah kenyamanan. Coba bayangkan, di mana lagi Ayah Bunda bisa beli buku tengah malam, dengan baju piyama sambil tiduran. Hanya dengan belanja online lah Ayah Bunda bisa merasakan kenyamanan tersebut. Toko buku online tidak jam buka tutupnya, sebagaimana toko buku konvensional. Tidak perlu juga mengantri di kasir saat pembayaran. Jadi jelas, beanja buku secara online itu nyaman banget.



  1. Harga lebih bersahabat


Harga yang lebih murah jadi keuntungan berikutnya. Pasalnya, produk datang langsung kepada pembeli dari pabrik atau langsung penerbitnya, tanpa ada tangan lainnya. Di situlah biaya terpangkas yang dampaknya, harganya pun bisa lebih murah dibanding buku-buku yang di jual di toko buku offline.


Selain itu, banyak juga toko buku online yang menawarkan kupon ataupun cashback. Hal ini tentu jarang atau bahkan tidak terjadi di toko buku konvensional. Lalu, saat belanja di toko buku online negara luar pun, kita mendapat harga lebih murah sebab mereka tidak dikenakan pajak. Pajak harus mereka bayar jika mereka memiliki toko buku fisik di negara kita.



  1. Lebih bervariasi


Pilihan yang ditawarkan toko buku online itu sungguh luar biasa. Ayah Bunda bisa melihat banyak judul atau penerbit dari banyak penjual di satu tempat saja. Ayah Bunda juga bisa melihat perkembangan isu perbukuan erkini dari diskusi-diskusi yang ada di banyak platform seperti gooreader atau bahkan di kolom komentar situs penjual bukunya.


Sederhananya, belanja di toko buku konvensional, Ayah Bunda hanya akan menemukan apa yang tersedia di sana. Tapi, belanja di toko buku online, apa pun bisa ditemukan. Tinggal tulis, buku apa yang hendak di cari, maka akan muncul. Bahkan, sesuatu yan tak diduga bisa saja tampak di hadapan kita. Sebab, pola iklan di layar internet itu sangat relate pada apa yang sering kita cari. Bisa saja, tiba-tiba muncul buku anak yang belum pernah Ayah Bunda temukan. Kemudian Ayah Bunda tertarik lalu membelinya. Bisa saja. Hihi.



  1. Hemat biaya


Kok bisa, belanja di toko buku online hemat biaya? Ini perbandingan saja antara belanja di toko buku offline dan online. Saat belanja di toko buku offline, Ayah Bunda mesti menghitug biaya transport. Kadang juga ditambah biaya makan, biaya parkir, dan lain-lainnya. Tapi, coba lihat saat belanja online, kan semua biaya itu tidak diperlukan.



  1. Lebih mudah mebandingkan harga


Di toko buku konvensional, kiranya agak sulit untuk membandingkan harga satu buku dengan buku serupa di toko lainnya. Meskipun bukan berarti itu tak bisa dilakukan. Sebaliknya, belanja di toko buku online, dengan modal jempol dan smartphone serta kuota, Ayah Bunda bisa dengan sangat mudah membandingkan harga satu buku dengan buku lainnya. Tak hanya harganya saja, apapun juga bisa sangat dengan mudah dibandingkan. Informasi yang tersebar di internet itu kayanya bukan main. Tapi ingat, harus cermat juga ya dalam urusan ini.



  1. Terhindar dari keramaian


Untuk sebagian orang, keramaian itu tidak membuatnya nyaman. Orang tipe ini lebih senang dengan ketenangan. Nah, toko buku itu tempat umum dan bukan tidak mungkin keramaian akan terjadi di sana. Oleh sebab itu, bagi orang yang yang tak suka keramaian, maka, belana buku secara online adalah keuntungan dan kenikmatan tersendiri.



  1. Tidak terjebak untuk membeli buku yang tidak kita perlukan


Ayah Bunda pernah jalan-jalan ke mall, lalu membeli sesuatu yang tidak direnakan? Memang begitulah tempat belanja dikondisikan. Setiap item mendorong siapapun yang melihat untuk membelinya, sekalipun ia tak membutuhkannya. Tidak terkecuali di toko buku, banyak cara yang digunakan agar orang-orang yang melirik sebuah buku atau rak buku membeli item yang ada di sana.


Hal tersebut sedikitnya bisa dikurangi ketika Ayah Bunda belanja online. Di toko buku online, kita bisa terhindar dari membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan. Sebab, kita bisa memfilter diri untuk melihat barang yang hanya ingin kita beli. Kendati iklan-iklan juga sering bertebaran. Tapi, secara emosional, ketika berselancar di dunia maya, kita umumnya punya pandangan bahwa iklan itu suatu yang mengganggu, tidak kitaperlukan. Dan itu sangat bermanfaat ketika kita belanja online, khususnya saat membeli buku odi gerai nline.



  1. Buku asli harga ‘emper’


Untuknya belanja di toko buku online salah satunya adalah kita bisa membeli buku asli tapi harganya sangat miring. Buku-buku seperti ini biasanya buku bekas, tapi kualitasnya masih terjaga. Nah, buku seperti itu bisa dijual dengan harga yang jauh lebih rendah dibanding harga aslinya.



  1. Metode pembayaran bervariasi dan mudah


Belanja di toko buku online memungkinkan Ayah Bunda untuk melakukan pembayarang dengan banyak sekali cara. Bisa denan kartu kredit, kartu debit, atau bisa juga melalui gerai waralaba seperti alfamart dan indomart. Memang, situs-situs e-commerce, termasuk toko buku online, berlomba-loma untuk memberi pelayanan sebaik mungkin dengan salah satunya menyediakan cara pembayaran yang sangat mudah.



  1. Sampai hingga pelosok


Untuk keuntungan yang terakhir ini mungkin tak terasa oleh kita yang tinggal di kot-kota besar. Ayah Bunda sekalian, toko buku konvensional itu tak ada di seluruh wilayah di Indonesi. Apalagi di daerah-daerah pelosok. Nah, dengan adanya toko buku online, warga yang ada di pelosok pun bisa merasakan asyiknya memilih buku sesuka hati.


Sayangnya, masalah bagi warga pelosok tak berhenti sampai di situ. Kendati sudah bisa mengakses toko buku online, mereka harus mengeluarkan uang lebih dalam untuk biaya pengirimannya. Jadi, masalahnya belum terurai dnegan sempurna.


Tapi, beruntunlah bahwa sebagaian toko buku menggratiskan biaya pengiriman hingga ke daerah-daerah pelosok sekalipun. Contohnya Mandira Dian Semesta. Toko buku online yang bisa diakses di mandira.id ini gratis memberikan keringanan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Gratis ongkirnya pun tana syarat dan tanpa batasan waktu. Hal yang kiranya sangat patut disyukuri.


Nah, itulah keuntungan dari toko buku online yang bisa dirasakan. Bagaiamana dengan pengalaman Ayah Bunda dalam berbelanja buku secara online? Barangkali bisa di share di kolom komentar tentang keuntungan yang didapat.