Mandira Dian Semesta
Tingkatkan Kemampuan Membaca Dengan Buku Pop Up Anak
Tingkatkan Kemampuan Membaca Dengan Buku Pop Up Anak By admin / 08 August 2018

Buku pop up anak itu berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan membaca. Sayang, hal ini biasanya kurang disadari sejumlah orangtua. Jangan heran, anak sekolah dasar kelas 1, 2, 3, atau 4 terkadang masih ada yang kemampuan membacanya belum begitu terasah. Ayah Bunda tentu tak mau ‘kan putra putrinya seperti itu. Makanya, simak uraian ini sampai habis ya!


Secara garis besar, ada tiga alasan yang mendasari mengapa buku pop up anak bisa meningkatkan kemampuan membaca.


Pertama, dengan ilustrasi tiga dimensinya, buku pop up anak menjadi lebih interaktif. Sejumlah akademisi di bidang psikologi anak mengungkapkan bahwa buku pop up sangat bagus bagi anak yang cepat bosan. Selain itu, imbuhnya, meyentuh ilustrasi dalam buku pop up akan memberi kesan berbeda dan membuat anak lebih masuk ke dalam cerita. Begitulah efek permulaan pop up book pada anak. Pada gilirannya, setelah tumbuh rasa nyaman dengan buku, anak dapat mengeksplorasi lebih dengan jenis buku lainnya.


Kedua, buku pop up anak membangun vocabulary skill atau pembendaharaan kata. Ayah Bunda pasti mengerutkan kening, “kok membangun vocabulary, biasanya kan menambah vocabulary?” Jadi, menambah pembendaharaan kata itu umumnya menghafal kata-kata, maka bertambahlah pembendaharaan katanya. Namun, aktivitas menghafal kata seperti itu biasaya akan mudah lupa. Nah, berbeda dengan itu, membangun vocabulary skill artinya mengulang-ulang sebuah kata dalam sebuah kalimat utuh atau sebua cerita yang hasilnya, kata-kata tersebut akan diingat lebih panjang. Nah, dengan tujuan tersebut, buku pop up anak  ini dirancang agar si kecil membacanya berulang-ulang.


Ketiga, buku pop up anak melatih mereka untuk membaca buku-buku yang minim gambar atau warna. Buku-buku balita itu tentu penuh dengan gambar, ilustrasi, dan warna. Sebab, visualisasi dari sebuh cerita itu penting bagi anak, yakni untuk memudahkan memahami teksnya. Nah, seiring bertambahnya usia, anak akan mulai membaca buku-buku dengan porsi gambar, ilustrasi, dan warna yang lebih sedikit (atau bahkan tidak bergambar dan berwarna sama sekali). Dengan demikian, anak akan mengalami masa transisi. Buku pop up anak ini merupakan media untuk mempersiapkan mereka membaca buku, seperti sudah dibilang, dengan gambar, ilustrasi, dan warna yang sedikit.


Di sekolah dasar, setiap tingkatnya, porsi gambar dan warna dari buku tampak berkurang, bukan? Jadi, pastikan putra putri Ayah Bunda siap untuk itu. Ayah Bunda mungkin pernah melihat anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar, tetapi kemampuan membacanya masih belum begitu terlatih. Ada kemungkinan bahwa anak tersebut belum siap dengan buku-buku yang jadi bahan ajarnya, buku yang sedikit porsi gambar, ilustrasi, dan warnanya.


Jadi jelas kan, bagaimana buku pop up anak meningkatkan kemampuan membaca mereka. Sekarang, barangkali Ayah Bunda bertanya, buku pop up apa yang cocok untuk putra putrinya. Jika boleh merekomendasikan, maka sangat disarankan Ayah Bunda untuk memilih 3 Jilid Discovery Book dari WOW Amazing Series. Ayah Bunda bisa mendapatkan buku ini di Mandira Dian Semesta. Nah, 3 Jilid Discovery Book ini terdiri dari tiga tema yang sebetulnya paling banyak ditanyakan oleh anak. Masng-masing judulnya itu Wow Amazing Earth, Wow Amazing Universe, dan Wow Amazing Ocean.


3 Jilid Discovery Book ini memuat pop up dengan kualitas baik dan pesan-pesan Al-Qur'an yang dikemas semenarik mungkin. Memang, ketiga tema dari buku pop up book ini dibahas dengan mengintegrasikan ayat kauliyah (ayat Al-Qur'an) dan ayat kauniyah.


Seperti yang dikatakan oleh Dr. Moedji Raharto, Dosen Senior dan Ketua kelompok Keilmuwan Astronomi ITB, “Media ini (Seri Discovery Books) merupakan jembatan untuk memperkenalkan wahyu Allah Swt. Media ini memeperkenalkan cara pandangyang menyeluruh; memandang alam semesta tidak semata berdasarkan sesuatu yang bisa diindra dan diukur. Semoga media ini menjadi pelita dalam jiwa generasi muda Muslim untuk terus menerus melakukan pengintegrasian ilmu pengetahuan, serta ayat-ayat Al-Qur’an dalam sikap dan cara pandang keidupan, menghidupkan kalbu dan rasionalitas manusia”.


Bahkan, Ayah Bunda, jika buku pop up dari WOW Amazing Series ini ditelaah secara khusus, manfaatnya bukan sekedar meningkatkan kemampuan membaca, melainkan juga meningkatkan kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual anak.


Membekali kemampuan membaca itu bukan hanya sekedar melatihnya membaca kata-kata. Lebih dari itu! Membekali kemampuan membaca anak juga melatih bagaimana mereka mencintai buku, senang membaca, nyaman bersama buku. Dari segi itu saja, tidakkah terlihat betapa efektifnya buku pop up untuk membuat anak jatuh cinta pada buku?