Mandira Dian Semesta
Wah, 5 Permainan Ini Bisa Bantu Mengasah IQ Anak, lho!
Wah, 5 Permainan Ini Bisa Bantu Mengasah IQ Anak, lho! By admin / 03 January 2020

Bukan hanya bisa menghibur si kecil, mainan juga punya manfaat bagi tumbuh kembangnya, lho. Salah satunya bisa mengasah IQ anak sejak dini. Beberapa mainan dapat menstimulasi perkembangan otak dan IQ anak. Penasaran apa aja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!


Balok susun


Budan pasti tahu dong sama permainan satu ini? Sebenarnya, Bunda sudah bisa memperkenalkan mainan balok susun ini pada anak sejak ia berusia 1,5 tahun. Anak bisa belajar tentang konsep bermain susun-menyusun balok untuk tingkatkan kecerdasan otaknya. Permainan ini dapat mengenalkan kemampuan memecahkan masalah sehingga bisa meningkatkan IQ-nya.


Permainan labirin


Wah, ternyata bermain labirin ini bisa mengasah imajinasi, kemampuan memecahkan masalah, motorik visual, bahkan hingga kemampuan koordinasi tangan dan mata. Seluruhnya bisa jadi stimulan untuk tingkatkan IQ anak, lho. Bunda bisa membelikannya permainan labirin interaktif yang terbuat dari kardus atau kayu.


Menari


Nggak banyak yang tahu, menari bisa melatih dan meningkatkan IQ si kecil, lho. Anak yang suka bergerak aktif diiringi musik bisa menstimulai IQ karena memberikan lebih banyak oksigen bagi otak.


Mencocokkan gambar atau bentuk


Permainan berikutnya adalah mencocokan gambar. Bunda bisa mengajak si kecil bermain mencocokkan gambar melalui mainan dengan gambar hewan atau buah. Permainan ini bisa mengembangkan memori dan mempertajam refleks anak.


Puzzle


Puzzle juga bisa menstimulasi otak anak untuk berpikir dan berimajinasi. Perlahan-lahan permainan ini bisa jadi cara ampuh untuk melatih otak anak dan meningkatkan IQ-nya, lho!


Nah, memilih mainan untuk anak di masa tumbuh kembangnya memang harus dipilih dengan matang. Bunda bisa membelikannya mainan bermanfaat yang bisa menstimulasi kecerdasannya seperti di atas.