Mandira Dian Semesta
5 Cara Bantu Anak Lewati Ulangan Sekolahnya. Jangan Lupa Pakai Buku Pengetahuan Ajaib!
5 Cara Bantu Anak Lewati Ulangan Sekolahnya. Jangan Lupa Pakai Buku Pengetahuan Ajaib! By admin / 17 September 2018

Buku pengetahuan ajaib? Buku seperti apa tuh? Apa betul bisa bikin anak lulus ulangan dengan mudah dan hasil yang membanggakan? Penasaran kan?


Sebelum dikasih tahu, apa buku pengetahuan ajaib itu, Ayah Bunda sebaiknya pahami terlebih dahulu 5 cara membantu anak supaya bisa lulus ulangan sekolah dengan gemilang.



  1. Bicara pada gurunya


Maksudnya, bukan minta supaya anaknya diistimewakan. Tapi, konsultasikan pada gurunya, apa yang harus dipersiapkan anak. Materi apa saja yang akan diujikan. Guru biasanya punya silabus atau susunan materi ajar. Jadi, setelah berkonsultasi pada gurunya, pastikan putra putri Ayah Bunda sudah siap dengan apa yang akan diujikan.



  1. Libatkan seluruh anggota keluarga


Daripada terus-terusan memaksa anak untuk belajar keras, coba bermain selama 15 menit bersama anggota keluarga. ini semacam ice breaking atau study breaks lah. Dengan begini, perasaan anak akan jauh lebih baik. Ia akan merasa mendapat dukungan seluruh keluarga. Secara tidak langsung, anak akan merasa bahwa dirinya tidak sendirian dalam menghadapi ujian di sekolahnya. Ada Ayah, Bunda, Kakak, Adik yang setia mendoakan dan memberikan support padanya. Bahkan, Laura Laing, penulis buku Math for Grownups, menyarankan untuk melakukan ini setiap hari. “Di sela makan malam, mainkanlah permainan sederhana bersama semua anggota keluarga,” katanya.



  1. Craft fun flash cards


Jadi, daripada belajar matematika, bahasa, sosial, atau pengetahuan alam sebelum tidur, Ayah Bunda dan anaknya lebih baik bermain kartu. Kartu ini bisa tentang apa saja. bisa dibuat pertanyaan lalu di jawab, atau apapun. Uniknya, berikan kartu itu pada anak. biarkan ia memegang kendali. Jadi, Ayah Bunda lah yang harus menjawab pertanyaan di kartunya. Jangan lupa, saat menjawab, coba sengaja jawab dengan salah. Biarkan anak mengoreksinya. Ini semacam kegiatan melatih softskill, tidak terpatok untuk mata pelajaran tertentu. Tapi sangat berguna ketika si anak belajar apapun.



  1. Membicarakan strategi


Ayah Bunda coba berdiskusi dengan anak tentang strategi. Bagaimana cara menyelesaikan soal. Cara terbaik untuk tidak gugup, misal. Bagaimana supaya bisa tenang saat ujian berlangsung. Pertanyaan bagaimana yang sebaiknya dijawab di awal. Bagaimana kalau menemukan soal yang sukar, apakah dilewati terlebih dahulu, atau bagaimana. Ya, bicarakanlah hal-hal semacam ini. Terakhir, yang paling penting, besarkan hatinya, buat ia percaya diri, dan sarankan agar ia tidak merasa tertekan.



  1. Pakai buku pengetahuan ajaib


Ye, akhirnya sampai di bagian yang ditunggu-tunggu. Hihi. Buku ajaib yang dimaksud adalah buku Confidence in Science. Ajaibnya adalah karena buku ini bisa membuat anak rajin belajar, jatuh cinta pada pengetahuan, dan membuat mereka berpikir layaknya seorang ilmuwan. Tak percaya? Ayah Bunda harus membuktikannya langsung!



Ingat, melewati uian itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tidak sesingkat bicara bim salabim abrakadabra. Untuk bisa menjawab soal-soalnya, anak tentu harus belajar, menguasai materi yang diujikan. Dan ini tidak cukup semalam, melainkan proses panjang pembelajaran.


Porsi buku pengetahuan ajaib di situ berguna sebagai alat bantu untuk memudahkan anak menguasai materi-materi ujian, khususnya dalam bidang sains. Di luar itu, Confidence in Science membuat anak secara tidak langsung berpikir dengan konsep mind maping, memetakan materi yang tengah dipelajarinya. Konsep ini membuat apapun lebih mudah dipahami dan lebih mudah diingat. Jadi, nantinya, dengan cara berpikir seperti ini, mata pelajaran apapun bisa dengan mudah dikuasainya. Akhirnya, ujian sekolah bukan lagi sesuatu yang sukar untuk dia.


Bagaimana, Ayah Bunda puas dengan jawabannya? Keren kan buku pengetahuan ajaib berjudul Confidence in Science ini. Hihi.