Mandira Dian Semesta
Bukan Hanya Menyediakan Buku Science Anak, Ini Peran Penting Orangtua dalam Proses Belajar Anaknya
Bukan Hanya Menyediakan Buku Science Anak, Ini Peran Penting Orangtua dalam Proses Belajar Anaknya By admin / 14 September 2018

Buku science anak hanya salah satu hal penting dalam proses belajar science mereka. Untuk menumbuhkan minat anak pada sains, ada banyak hal lain yang harus juga dilakukan oleh Ayah Bunda, ada hal lain yang harus Ayah Bunda sediakan selain dari buku science anak.


Tulisan ini disarikan dari sebuah jurnal berudul The Roles of Parents in Cultivating Children’s Interest Towards Science Learning and Careers. Menarik sekali, Bund, studi ini meneliti apa saja yang harus dilakukan orangtua dalam rangka membuat anak sukses dalam belajar sains dan sukses berkarir di bidang sains.


Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menunjukkan bahwa orangtua punya nilai besar. Nilai besar tersebut terletak pada dua hal, yakni mempromosikan atau mengarahkan anak pada sains dan memfasilitasi anak dengan apapun yang bisa membuatnya tertarik pada sains seperti memberinya buku sacience anak.


Sebelum melihat apa saja yang harus dilakukan orangtua untuk membuat anaknya menjadi seorang saintis, sebaiknya Ayah Bunda lihat dulu beberapa hal berikut. Secara acak, ini adalah beberapa ungkapan yang ada pada studi tersebut menanggapi nilai yang dimiliki oleh orangtua yang bisa Ayah Bunda petik pesannya.


“…menumbuhkan minat atau kecintaan pada sain itu dasarnya dilakukan dengan melatih kemampuan berpikir dalam menemukan solusi atas pertanyaan atau masalah.”


“Tunjukkan pada anak bahwa sains bisa menyelesaikan banyak masalah di dalam kehidupan seperti memanaskan air, mencuci baju, memelihara ikan dan kucing. Semua itu sains, bisa dijelaskan.”


“asah cara berpikir sistematis atau tersusun dengan logika yang runut. Misal, pikirkan bagaimana sebuah penyakit bisa berdampak pada seseorang.”


Kemudian, terkait dengan karir di bidang sains, para peneliti yan terdiri dari Lila Halim, Norshariani Abd Rahman, Ria Zamri, dan Lilia Mohtar memberi banyak poin-poin penting yang diantaranya adalah sebagai berikut.


“Pendidikan sains itu sangat penting. Belakangan ini, sains menjadi penting karena saya melihat peluang karir di bidang sains itu sangat besar. Alasannya, karena di masa sekolah saya dulu, mayoritas anak-anak memilih seni atau literatur dan itu mengarahkan mereka menjadi guru. Sementara sains mengarahkan murid pada berbagai pekerjaan.”


“Sains ini sangat penting di dalam kehidupan semua orang. sains bisa membuka banyak kemungkinan dan oleh sebabnya menyediakan banyak peluang karir seperti saintist, astronot, atu dokter.”


“Pendidikan sains sangat penting bagi masa depan anak karena bidang ini secara konsisten membuat mereka berpikir ke depan dan oleh sebab itu mereka bisa mereflesikan fakta-fakta sains terdahulu.”


Nah, Ayah Bunda yang baik hati, sekarang mari kita lihat temuan dari penelitian ini tentang apa saja yang harus dilakukan orangtua guna mendorong anaknya untuk meminati sains.



  1. Mendorong anak memilih bidang sains


Hal ini mesti dilakukan dengan halus. Bukan dengan paksaan atau tuntutan. Sekadar tunjukkan saja apa betapa menariknya, mudah, dan indahnya sains. Seperti yang sudah ditulis di atas, hal-hal seperti memasak air, mencuci baju, dan hal-hal sederhana lainnya itu bisa dijelaskan dengan sains. Bagaimana air yang dipanaskan dengan suhu tertentu menjadi mendidih. Bagaimana noda bisa hilang dengan zat-zat tertentu. Inilah akan mengarahkan anak pada minat sains.


Buku science anak mempunyai peran krusial di sini. Sebab yang disasar adalah anak-anak, maka tidak boleh sembarangan dalam memilih bukunya. Jangan sampai anak kebingungan dengan penjelasan yang ada. Buku Confidence in Science menjadi contoh baik sebagai buku science anak. sains dijelaskan dengan ilustrasi dan penuturan atau pemaparan kata yang mudah dicerna, sederhana, dan tidak berbelit.



  1. Memberi pendampingan untuk capaian sains di sekolahnya


Belajar bersama adalah pilihan yang tidak ada duanya. Mendampingi anak mengerjakan pekerjaan rumah, membantunya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal, itu semua akan berpengaruh terhadap capaian prestasi akademiknya, khususnya di bidang sains.



  1. Membantu meningkatkan minatnya terhadap sains


Meningkatan minat atau membuat jatuh cinta pada sains itu selalu tak lepas dari hal-hal yang berlangsung setiap waktunya. Maka, buku science anak atau aktivitas memikirkan hal-hal yang ditemui itu memiliki peran krusial dalam meningkatkan minatnya. Di dalam penelitan itu sendiri dititikberatkan pada dukungan finansial. Artinya, meningkatkan minat anak pada sains itu sangat efektif dengan fasilitas-fasilitas sains yang memadai, seperti membawanya ke science camp atau membeli alat-alat science.



  1. Membantu anak menemukan spesialisasi peminatan


Ya, sains itu sangat luas. Seiring bertambahnya usia, sangat baik apabila Ayah Bunda kemudian membantunya menemukan minat khusus di satu bida sains tertentu. Cara ini hanya bisa dilakukan setelah Ayah Bunda memperkenalkan anak pada beragam bidang sains. Jadi mereka bisa menentukan sendiri.


Itulah 4 hal yang menadi peran penting Ayah Bunda guna membantu anak meminati sains dan pada gilirannya membuka wawasan karir di bidang sains yang baik. Jadi ingat, memberinya bukus science anak itu sangat bagus. Tapi kemudian tidak dilepas begitu saja, Ayah Bunda juga harus menemaninya, membersamainya, sebagaimana telah diungkap penelitian di atas.