Mandira Dian Semesta
Komik Korea Ini Bisa Bikin anak Jadi Juara Kelas Lho, Bund!
Komik Korea Ini Bisa Bikin anak Jadi Juara Kelas Lho, Bund! By admin / 29 October 2018

Komik korea yang bakal kita bahas di sini bisa bikin anak juara kelas. Betul kah? Kalau betul, pastinya ini komik korea bakal cocok banget buat anak-anak Ayah Bunda yang suka baca komik. Kan, nanti Ayah Bunda tak perlu khawatir kalau anaknya banyak baca komik. Tapi, persisnya komik koreanya yang kayak gimana? Tenang, simak dulu paparan berikut ya!


Ayah Bunda mungkin sudah tak asing dengan Manga, istilah yang sangat erat dengan komik dari Negeri Sakura, Jepang. Nah, kalau Ayah Bunda belum tahu, Korea pun punya komiknya sendiri, bahkan sudah tumbuh subur di Indonesia dan diminati banyak sekali anak-anak, remaja, muda mudi tanah air. Barangkali, putra putri Ayah Bunda satu di antaranya.


Di Indonesia atau di Negara manapun, komik korea itu disebutnya Manhwa. Tapi sebetulnya, Manhwa itu istilah untuk komik, kartun cetak, atau animasi dari Korea. Ukiran kayu juga yang dari Korea disebutnya Manhwa. Seiring berjalannya waktu, pemaknaan Manhwa sendiri dipengaruhi oleh sejarah modern Korea.


Manhwa ini, selain tentu dari bahasanya, juga bisa diidentifikasi dari beberapa karakteristik seperti bentuk wajah dan mata yang besar, penggunaan metode screentone, cara bacanya dari kiri ke akanan, gambarin sifat orang Korea pada umunya, serta menunjukkan kesan bunyi-bunyian dan huruf hangul.


Terus ya, Christopher Hart, pelukis dari Amerika yang nulis buku tentang cara menggambar manga dan manhwa bilang bahwa gaya penggambaran Korea cenderung lebih realistis daripada manga. Contohnya dari penggambaran pola rambut dan garis wajah. Rambut di manhwa itu lebih natural dibanding manga. Dan katanya, penggambaran garis wajah di manhwa itu tampak lebih Asia daripada manga.


Eh kok jadi ngomongin ini. Tak apa ya, ayah Bunda, sekadar untuk pengetahuan saja. Hihi.


Kembali ke judul, Ayah Bunda yang baik hatinya, ternyata ada komik Korea yang nambah pengetahuan sains anak, bikin anak jadi pintar, jadi juara kelas di sekolahnya. Komik apakah itu?


Ini dia, Confidence in Science. Ini merupakan paket buku yang jadi best seller di Mandira Dian Semesta. Confidence in Science ini buku dari Korea, hanya telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Pelangi Mizan.


Nah, salah satu buku dari Confidence in Science ini adalah komik. Isi komiknya itu tentang science. Memang, paket buku satu ini sangat unik dan luar biasa. Di sini, sains disajikan dalam bentuk cerita, ilustrasi. Sangat mudah dipahami oleh anak. Dan yang terpenting, buku ini membuat anak bergairah dalam menekuni sains. Dan yang tak kalah kerennya itu tak lain adalah komiknya. Ini adalah cara efektif untuk menumbuhkan dan menguatkan minat anak pada sains. Terlebih, untuk anak-anak yang sudah mulai keranjingan baca komik. Cocok banget kan.


Oh ya, Ayah Bunda juga perlu tahu bahwa di Korea, Confidence in Science ini sudah masuk dalam kurikulum pendidikan di sana. Bahasannya sangat luas mulai dari alam semesta hingga teknologi. Semua disajikan dengan gaya yang sangat menarik.


Yang pasti, komik Confidence in Science memberikan pengalaman baru bagi anak dalam belajar sains. Mereka akan melihat bahwa belajar sains itu seseru baca komik. Dan pada gilirannya, komik Korea Confidence in Science ini memberikan fondasi semangat belajar yang kokoh bagi anak. Perlu diketahui bahwa cara pandang adalah hal paling fundamental dalam proses belajar seseorang. Dengan memberikan pengalaman belajar sains melalui komik, bukan tidak mungkin akan terpatri di dalam alam bawah sadarnya bahwa, belajar itu menyenangkan, belajar itu asyik. Jika sudah begitu, proses belajar akan lebih mudah baginya. Jadi, yuk, coba beri komik Korea Confidence in Science pada si kecil.