Mandira Dian Semesta
Resep Agar Anak Makin Cerdas: Sudah Baca Confidence in Science, Lanjut Jalan-Jalan ke Sini!
Resep Agar Anak Makin Cerdas: Sudah Baca Confidence in Science, Lanjut Jalan-Jalan ke Sini! By admin / 24 October 2018

Confidence in Science ialah paket buku yang membantu anak meluaskan pengetahuannya dan merangsang daya pikir saintifik anak. Dikemas dalam berbagai bentuk yang digemari anak seperti cerita, ilustrasi, mind map hingga komik, buku ini menjadi sarana belajar yang ternyata mampu mendongkrak prestasi akademik di sekolah.



Untuk melengkapi dan mendalami pertualangan sains anak, tak ada salahnya jika Ayah Bunda mengajak anaknya ke science center setelah membaca buku Confidence in Science. Pasalnya, di tempat tersebut, prinsip, fenomena, dan hal-hal saintifik yang sudah secara gamblang di serap dari bukunya akan terasa lebih nyata dan kentara.


Oh atau bisa juga Ayah Bunda datang ke scienter sambil bawa Confidence in Science. Ih ini seru banget sih kayaknya. Model membaca yang baru. Anak pasti suka!


Syukur, di negara kita tercinta ini sudah banyak sekali science-science center yang dibangun di berbagai daerah, terutama di kota-kota besar. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 



  1. PP Iptek


PP Iptek ini singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pembangunannya digagas oleh Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang akrab disapa Eyang. Semua orang pasti kenal beliau kan.


PP Iptek ini berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Tepatnya di gedung baru poros utama kawasan timur TMII, menghadap Monumen Persahabatan Negara Non Blok. Di dalamnya terdapat banyak peragaan sains yang sangat interaktif dan menghibur, dapat disentuh dan dimainkan.


Di PP Iptek ini, Ayah Bunda dan putra putrinya diharapkan mampu mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang mudah dan berkesan. Oh ya, di sini ada 250 alat peraga yang semuanya bisa disentuh dan dimainkan. Tenang saja, alat-alat peraga tersebut cocok untuk semua usia, mulai dari TK hingga ke tingkat yang lebih tinggi.



  1. Science Center Solo Technopark


Yang kedua ada di Solo. Tepatnya di area Solo Technopark. Di dalam tempat ini terdapat aneka ilustrasi dan fasilitas dari bidang ilmu pengetahuan. Alat peraga di antaranya ada rumus matematika Galileo Galilei, perubahan iklim, permainan alat dengar, taman kinetik, taman ruang angka, kehidupan virus, hingga tata surya.


Di Science Center Solo Technopark ini juga rutin diadakan kegiatan-kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dari berbagai usia. Ada science show spectacular, science cinema, science creative, science interactive, lomba poster sains, space kids, science week, creative exhibition design, creative science for children, dan beberapa lainnya. Pokoknya, yang tinggal di sekitar solo, kayaknya rugi deh kalau tak ajak si kecil main ke tempat keren seperti ini. Apalagi datangnya sesudah baca Confidence in Science. Waw!



  1. Bandung Science Center


Hore, di Bandung juga ada dong. Sudah lama di kenal sedari dulu ada sience center di Kota Baru Parahyangan, yang salah satu bagian gedungnya bentuk jam raksasa itu loh. Ya namanya Puspa Iptek Sundial Kotabaru Parahyangan. Tapi ternyata bukan hanya di situ, di kota kembang ini juga ada Bandung Science Center ada di Jl Sirnagalih No 15, dekat dengan kolam renang Karangsetra. Nih ya, banyak Ayah Bunda yang bilang kalau wahana di BSC ini mirip wahana yang ada di science center luar negeri seperti di Singapore atau Malaysia. Sebab, alat peraganya yang berbau teknologinya kece abis.


Wahana edutainment yang ada di BSC ini cukup banyak, yakni ada ruang bumi, perkaitan, audio visual, fisika dasar, fisiologi, robotik, pertunjukan laser, nirkabel, geologi, kimia, astronomi, ilusi optik, elektronika, eksperimen, dan ruang energi. Nah, prinsip-prinsip sains yang coba disampaikan pada anak itu dikemas dalam alat peraga yang modern dan sangat dekat dengan anak seperti robot super hero iron man dan lain sebagainya.



  1. Taman Pintar Yogyakarta


Berikutnya, ada Tama Pintar Yogyakarta. Tidak jauh berbeda dengan science center lainnya, TPY ini dibangun untuk memotivasi generasi muda untuk mencintai sains, membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains, serta menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan.


Area Taman Pintar Yogyakarta ini cukup luas. Masing-masing wahana punya gedung atau area sendiri. Dan eranya itu meliputi indoor maupun outdoor. Di sini ada wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan taman pintar, kampung kerajinan, gedung PAUD, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.


Itulah 4 science center yang apik dan berdampak positif pada kecerdasan anak. Melengkapi atau merampungkan petualangan menelaah Confidence in Science. Bisa jadi destinasi liburan yang keren juga tentunya. Oh ya, di luar dari 4 tempat di atas, tentu masih banyak lagi science center yang lain, terutama yang ada di luar pulau Jawa.