Mandira Dian Semesta
Selain Karena Buku Science Anak, Ini 4 Alasan Mengapa si Kecil Harus Main di Luar
Selain Karena Buku Science Anak, Ini 4 Alasan Mengapa si Kecil Harus Main di Luar By admin / 16 November 2018

Buku science anak merupakan salah satu benda ajaib yang berdampak besar pada perkembangan kecerdasan anak. Sayangnya, orangtua kerap keliru dalam menyikapi buku science anak ini. Tidak sedikit orangtua yang berpikir bahwa menyuruh putra putrinya membaca buku science anak saja sudah cukup untuk membuat mereka semakin cerdas. Hem.


Ayah Bunda mesti paham, buku science anak berfungsi untuk memberikan gambaran atau wawasan tentang kehidupan dari sudut pandang science. Buku jenis ini menunjukan sebuah gambaran bagaimana hujan bisa terjadi, bagaimana ikan bernafas, bagaimana cicak bisa menempel di dinding, bagaimana daun-daun berguguran, misal begitu.


Nah, dalam proses perkembangan kecerdasan anak, mengetahui saja tidak cukup. Artinya, mendorong perkembangan kecerdasan anak tidak hanya sampai pada proses membuatnya membaca buku science, tidak hanya sekedar membuat mereka tahu bagaimana sesuatu bekerja atau sesuatu terjadi. Sebaliknya, proses perkembangan kecerdasan anak sangat ditopang oleh aktivitas fisik eksploratif yang dilakukannya secara langsung.   


Idealnya, setelah anak mengetahui, misalnya, tumbuhan apa saja yang senang memakan serangga, harusnya mereka juga melihat langsung tanaman-tanaman tersebut. Atau sampai merabanya, mungkin.


Jadi jelas, guna semakin memantapkan proses belajarnya, setelah baca buku science anak, mereka juga harus ‘main di luar’, mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, ada peluang bagi anak untuk menganalisa langsung apa yang disaksikan dan dirasakannya.


Ingat, kecerdasan anak ditunjukkan juga dengan kemampuannya mempertanyakan sesuatu, bukan sekedar mengingat sesuatu. Pertanyaan anak menunjukkan pemahaman mereka akan sesuatu. Ketika pertanyaan mereka semakin dalam dan mendasar, itu menunjukkan kedalaman dan keluasan pemahaman mereka.


Nah, selain sebagai proses mempelajari buku science anak secara menyeluruh, main di luar juga menjadi sangat penting bagi si kecil karena beberapa alasan berikut.



  1. Fondasi berpikir saintis


Dengan main di luar, anak-anak bisa melihat tanaman yang ada di depan rumahnya tumbuh. Mereka lantas menamainya. Keesokan harinya, mereka melihat kembali tanaman tersebut. Dan mereka tampak kaget karena tanaman yang kemarin dilihatnya segar sudah berubah menjadi layu. Mereka lantas menerka, apa yang terjadi seharian ini. Apakah kemarin ada hujan, atau justru kemarin cuacanya panas tak tertahankan. Mereka juga bertanya-tanya, apakah ada binatang yang mengambil manfaat dari tanaman tersebut.


Begitulah anak mempertanyakan dan berpikir tentang tanaman itu. Tak ubahnya seorang ilmuwan yang tengah melakukan penelitian di laboratoriumnya.



  1. Aktivitas fisik yang menyenangkan dan menyehatkan


Ya, alasan ini menjadi alasan favorit mengapa anak mesti main di luar. Terlebih ketika melihat kebiasaan anak yang lebih senang bermain gadget kalau di dalam rumah. Bermain di luar selalu mensyaratkan adanya aktivitas berlari, meloncat, memanjat, melempar, dan lain-lain. Selama dalam jangkauan kadar keamanan, tak usah banyak melarang. Biarkan.


Nanti, ketika sore menjelang malam pun tiba, mereka akan istirahat dengan pulas karena tenaganya sudah dikeluarkan habis, waktu main di luar. Betapa indahnya hari yang dijalani seperti ini.



  1. Rasa damai, tentram, dan bahagia


Dengan udara segar, pemandangan hijau, dijamin, baik anak-anak maupun Ayah Bundanya sendiri akan merasakan apa yang disebut dengan ketenangan. Secara psikologis, ini bagus untuk Ayah Bunda dan si kecil.



  1. Momen berharga bagi anak


Dengan mengajak anak bermain di luar, kelak Ayah Bunda akan merasa bahwa Ayah Bunda sudah memberikan momen-momen magis untuk masa kecil anaknya. Katakanlah seminggu sekali saja bermain bersama di luar, anak-anak akan punya 120 petualangan seru dari 2 tahun setengah usia mereka. Abadikan itu!


Pokoknya, selamat bermain!